CHICKEN BURGER



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah
Welcome weekend ^^ Ada acara kemana weekend ini? Kalau saya mah Sabtu sore nanti rencana duduk manis di depan TV liat Premier League Manchester United vs Leicester hahaha. Aliasnya sih saya gak ada rencana pergi keluar kota, di rumah aja. Naah kalau di rumah aja, kudu ada cemilannya kan. Untungnya saya masih punya stok frozen patty burger lengkap dengan burger bun-nya. Jadi ntar sore tinggal bikin burger aja. Eeeeh jangan lupa kripik singkong favoritnya ya hihihi. Lengkap deh pokoknya. 

Chicken burger ini saya buat beberapa hari yang lalu. Saya masih setia dengan resep Killer Soft Bread untuk membuat burger bun-nya. Pastinya udah pada tau kan resep KSB, pasti banyak yang udah hafal juga. Kalau lagi pengen nge-roti dan males hunting resep, biasanya ya saya pasti pakai resep KSB ini, sampai hafal deh. 

Untuk patty burgernya saya memakai ayam dan dicampur dengan wortel. Sayangnya foto-foto homemade patty ini udah lenyap gara-gara memory card yang error huaaaa. In shaa Allah next time kalau bikin lagi saya fotoin. Waktu motret burger ini udah gak fotoin lagi patty-nya karena mikirnya kan udah punya fotonya, eeeh...ternyata gak bisa kebuka. 

Bikin patty burger baik yang memakai beef atau chicken sebenarnya mudah ya, tapi terkadang kita memang suka malas bikinnya. Iya laah memang lebih praktis beli jadi di supermarket ya. Tapi kalau kita bikin sendiri kan bisa memilih bahan yang berkualitas. Ukurannya juga bisa sesuai selera, bisa lebih gede maksudnya hahah. Lebih puas bikin sendiri deh ya. Untuk variasi patty bisa dimodif dengan menambahkan sayuran seperti yang saya buat ini, bisa juga ditambahkan keju atau bahan favorit lainnya. Tuuuh kan...itu enaknya kalau bikin sendiri ^^




Resep burger bun yang memakai resep KSB tidak saya tulis lagi ya. Silahkan bisa dilihat disini, di postingan homemade beef burger. Saya share resep chicken & carrot patty burger - nya aja ya

CHICKEN & CARROT PATTY BURGER

Bahan :
250 gr fillet ayam, haluskan
50 gr wortel, parut halus
2 siung bawang putih, haluskan
1/2 bawang bombay, cincang halus
1 butir telur
3 sdm tepung panir putih
1,5 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk

Bahan Pelapis :
Maizena
1 putih telur
Tepung panir

Cara Membuat :
1. Campurkan ayam yang sudah digiling halus dengan wortel, aduk hingga rata.
2. Masukkan telur, garam, merica dan tepung panir. Aduk hingga rata.
3. Test rasa dengan cara menggoreng sedikit adonan.
4. Bagi adonan dan bentuk lingkaran sesuai diameter burger bun. Taburi maizena kedua sisinya, celupkan ke kocokan putih telur kemudian gulingkan ke tepung panir. Lakukan hingga habis.
5. Simpan di freezer selama kurang lebih 30 menit agar tepung panir menempel.
6. Panaskan minyak yang cukup banyak (deep frying), goreng patty dengan api sedang hingga matang dan kedua sisinya kecoklatan. Api jangan terlalu besar ya, agar matang sempurna dan tidak gosong.
7. Angkat, tiriskan dan siap digunakan.

Untuk pelengkap burger ini saya memakai pelengkap selada, keju slice, irisan tomat dan timun, saus sambal dan juga mayo. Silahkan disesuaikan aja dengan selera yaa.




Selamat mencoba...semoga bermanfaat
Happy Baking ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

komentar
Thursday, 29 September 2016 at 08:55:00 GMT+7 delete

Mbak Nina, kalau daging ayam nya diganti daging sapi cincang bisa kah?? Kebetulan di kulkas ada daging sapi.

Reply
avatar
Thursday, 29 September 2016 at 21:38:00 GMT+7 delete

bisa banget, saya juga sudah pernah posting di homemade beef burger

Reply
avatar