CHIA YOGURT PUDDING



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah

Chia seeds adalah salah satu super food terbaik dan merupakan tumbuhan asli dari Meksiko dan Guatemala. Bentuknya berupa bijian kecil, kira-kira seukuran dengan wijen dan mirip dengan biji selasih. Chia memiliki warna biji beragam, yaitu putih, coklat dan hitam. Chia seeds mempunyai kandungan omega-3 yang tinggi bahkan lebih tinggi dari omega-3 pada salmon. Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk mengkonsumsi chia seeds. Padahal chia seeds tidak hanya mengandung omega-3 saja lho tapi kaya akan kalsium, protein, potassium, antioksidan dan juga zat besi.

Sekedar sharing ya...berikut ini adalah manfaat dari chia seeds yang saya rangkum dari berbagai sumber
1. Chia seeds dapat mengontrol gula darah sehingga membantu mencegah penyakit diabetes.
2. Mengadung antioksidan sehingga berperan dalam pencegahan kanker.
3. Dapat menurunkan kadar kolesterol
4. Chia seeds mengandung asam amino tryptophan yang bersama-sama dengan hormon serotonin yang diproduksi dalam tubuh berfungsi memberikan tidur yang nyenyak sehingga dapat meningkatkan kualitas istirahat.
5. Mengandung mineral dan vitamin yang berfungsi melindungi sel-sel tubuh.
6. Chia seeds dapat membantu memperlancar pencernaan dan menjaga kesehatan kardiovaskular.

Masya Allah banyak sekali ya manfaat yang bisa didapatkan dari chia seeds ini, tak heran kalau dikategorikan sebagai super food. Di tempat tinggal saya cukup sulit untuk mendapatkan chia seeds maka solusinya adalah saya beli via OLS. Kalau di kota-kota besar pastinya lebih mudah untuk mendapatkannya. Saya suka sekali menaburkan chia seeds di buah potong favorit saya atau mencampurkan ke dalam smoothies. Enak sekali. Ini salah satu yang sempat saya foto 



Fotonya pecah ya hihihi...maklum ini foto nyomot di IG, langsung screenshoot aja. Tapi ngambilnya di IG saya sendiri lho yaa...bukan IG orang lain heuheuheu

Selain dinikmati langung, chia ini enak juga lho kalau diolah menjadi pudding. Chia seeds memiliki kemampuan menyerap cairan yang cukup tinggi jadi hanya dengan direndam dengan susu, jadi deh chia pudding. Sayangnya anak-anak saya kurang menyukainya, mungkin geli ya mereka makan biji-bijian gini. Tetap doyan sih karena setiap saya membuat chia pudding pasti mereka ngicipin, cuma mereka kurang suka aja. Jadilah setiap membuat chia pudding, saya bikin sedikit-sedikit aja yang cukup dinikmati berdua suami. Chia pudding enak sekali apabila dinikmati dengan topping buah-buahan segar atau dengan yogurt. Saya memang hobby makan dan minum yogurt, enaak kan asem-asem seger gitu. Jadilah setiap membuat chia pudding, pasti dikasih yogurt juga, tambah seger.

Untuk membuat chia pudding biasanya saya memakai susu soya atau susu kedelai. Bisa juga memakai susu UHT atau yogurt cair ya. Kali ini saya memakai yogurt strawberry dan juga fresh strawberry untuk toppingnya. Eh yaa...lagi susah cari strawberry nih di tempat saya. Kalaupun ada harganya mahal dan kondisinya gak bagus. Biasanya semika kecil itu 5000 aja, sekarang jadi 2x lipat dan buahnya masih berwarna kehijauan dengan bentuk yang abnormal. Tapi karena pengen banget, ya tetep dibeli, kebayang segarnya juice strawberry nih ^^




Berikut resep chia puddingnya ya...Monggo kalau berkenan untuk mencoba

CHIA YOGURT PUDDING

Bahan :
200 ml susu / yogurt cair (saya pakai susu soya)
4-5 sdm chia seeds
100 ml yogurt (saya pakai rasa strawberry, bisa juga pakai yang plain)

Topping :
Fresh strawberry
Yogurt
Chia seeds

Cara Membuat :
1. Campurkan susu dan chia seeds, aduk hingga tercampur rata kemudian tambahkan yogurt. Aduk rata kembali.
2. Tuang ke dalam jar atau mangkok saji dan diamkan minimal 4 jam dalam kulkas. Saya biasanya mendiamkan semalaman. Setelah didiamkan maka chia akan teksturnya akan mengental karena cairan sudah diserap oleh chia seeds.
3. Beri topping dan sajikan dingin.

Notes :
Saya memakai susu kedelai yang sudah manis sehingga tidak menambahkan pemanis lagi. Apabila memakai susu yang plain, bisa ditambahkan sedikit madu bila suka ya.




Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »