AYAM KREMES



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah
Yang hobby makan ayam kremes siapa hayooo ^^  Kalau ada yang nanya gitu saya pasti deh langsung angkat tangan, apalagi anak bungsu saya...waaah pasti deh langsung maju ke depan dan bilang sayaaa hahahah. Adek memang hobby banget maka ayam kremes, makanya menu yang 1 ini lumayan sering saya buat. Kalau saya masak ayam kremes, bisa dipastikan setelah pulang sekolah dia makannya bisa nambah 2-3x hihihi. Kalau udah gitu yang masak pastinya bahagia banget kan.

Kremesan buatan saya memang belum bisa secantik yang dijual di resto-resto itu, entahlah mungkin saya aja yang males latian dan update resep kali ya. Jadi hasilnya ya gini-gini aja. Mungkin juga karena saya udah keenakan karena selalu laris manis dan ludes jadinya ya biarin aja deeeh hasilnya belum ada kemajuan hehehe. Resep ayam kremes ini mirip-mirip kok dengan yang pernah saya share jaman dahulu kala. Kalau saya sih intinya ayam diungkep kemudian kuah ungkepan ayam tersebut ditambahkan dengan tepung tapioka dan tepung beras kemudian dibuat kremes. Kalau lagi punya santan, saya membuat kremesan yang memakai santan. Resepnya pernah saya posting disini. Enakan mana? Enak semuaaa hihihi.

Bikin kremesan sebenarnya tidak sulit, tapi mungkin masih ada yang belum tau sehingga waktu bikin hasilnya malah seperti peyek. Ketika menuang adonan ke wajan yang sudah panas, pastikan kita menuang dari jarak yang cukup tinggi. Dituang perlahan sedikit demi sedikit sehingga adonan akan menyebar ke seluruh permukaan wajan. Jadi memang caranya berbeda ya dengan kita menuang adonan peyek. Pastikan juga adonan tidak diaduk-aduk sebelum membentuk kremesan. In shaa Allah nanti bisa jadi kremesannya.




AYAM KREMES

Bahan :
1 ekor ayam ukuran sedang (saya pakai ayam kampung)
1 batang serai, memarkan
3 helai daun salam
1 ruas lengkuas memarkan
700 ml air
Garam dan gula pasir secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus :
7 siung bawang putih
5 butir bawang merah
3 butir kemiri sangrai
1 sdm ketumbar sangrai
1 ruas jahe
1 ruas kunyit bakar

Bahan Kremesan :
600 ml air sisa ungkepan ayam 
6 sdm tepung tapioka
2 sdm tepung beras

Cara Membuat :
1. Dalam wajan masukkan ayam, air, bumbu halus, daun salam, serai, lengkuas, garam dan gula. Ungkep ayam hingga empuk dan bumbu meresap. Jangan lupa test rasa ya.
2. Panaskan minyak, goreng ayam hingga kecoklatan, jangan terlalu lama ya agar tidak kering dan alot. Angkat dan tiriskan.
3. Campurkan semua bahan kremesan, aduk hingga rata dan tidak bergerindil.
4. Tuang perlahan bahan kremesan ke dalam minyak yang sudah panas, pastikan jarak menuang cukup tinggi ya. Adonan akan menyebar ke seluruh permukaan wajan dan jangan diaduk. Angkat setelah warnanya kecoklatan.
5. Sajikan ayam goreng bersama kremesan, sambal dan lalapan. 




Fotonya aneh banget yaaa...masa ayamnya cuma keliatan tulang pahanya aja heuheuheu. Maklum pakai ayam kampung jadi pahanya kurus tidak semontok ayam negeri. Truuuus memang kremesannya harus melimpah ruah gitu biar adek tambah semangat makannya. Gak bisa banyak-banyak jepret karena yang punya kremesan udah nunggu dengan wajah lapar hahaha.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »