SRIKAYA KABOCHA (LABU JEPANG)



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah

Kalau lewat di toko buah atau supermarket dan melihat deretan kabocha atau labu jepang, itu pasti bikin saya pengen beli. Tau kan bentuk dan warna kulit kabocha yang cantik itu, kayanya dari kejauhan tuh udah melambai-lambai minta dimasukkan ke troley belanjaan hahaha. Itu mah saya aja kali ya. Seperti halnya yang saya alami saat ke supermarket berdua pak suami, liat kabocha langsung aja masukin keranjang. Ditanya mau dibuat apa ya saya belum tau karena memang belum kepikiran, yang penting kan masuk keranjang dulu heuheuheu.

Nah kebetulan ceu Ayu - Momylicious posting tentang srikaya labu, ingat deh saya dengan kabocha yang masih duduk manis belum diapa-apain. Niat deh mulai ngupas, ngukus dan bikin srikaya kabocha. Ternyata memang enaaak, rasanya labu banget ya. Ya iyalah memang bahan dasarnya kabocha. Punya saya ini warnanya jadi gelap gini, gak bisa orange cerah. Sepertinya karena gula palem yang saya pakai. Warna gula palemnya gelap banget, jadi srikaya ini juga warnanya kurang cantik. Kalau gak punya gula palem, bisa kok pakai gula pasir biasa.

Srikaya kabocha ini teksturnya super lembut dan enak sekali dinikmati dingin. Bayangin aja deh, siang hari setelah berpanas ria, sampai rumah buka kulkas ketemu srikaya kabocha ini. Masya Allah...nyeeess..nikmatnya. Untuk yang punya stok pure labu di rumah, dessert yang satu ini wajib banget dicobain.




SRIKAYA KABOCHA

Bahan :
200 gr kabocha atau bisa juga pakai labu biasa, kukus dan haluskan
1 sachet (65 ml) santan instan
50 gr gula palem atau bisa juga pakai gula pasir
1 sdt vanilla cair
2 butir telur kocok lepas

Cara Membuat :
1. Campur semua bahan, aduk hingga tercampur rata.
2. Tuang ke dalam pinggan tahan panas dan kukus dengan api kecil hingga matang, kurang lebih selama 30-40 menit atau tergantung ukuran pinggan yang dipakai.
3. Angkat dan dinginkan.
4. Sajikan setelah didinginkan di dalam kulkas

Gampang banget kan bikinnya dan anti gagal nih. Untuk variasi, bisa juga ditambahkan kismis dalam adonannya, jadi ntar srikaya-nya ada isian kismisnya. Enak deh.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »