PISANG GAPIT



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah

Apa kabar? Duuuh beneran saya kangen banget posting di blog. Tapi apa daya baru sempat duduk manis sekarang ini huhuhu. Kali ini saya bikin pisang gapit. Ada yang tau apa itu pisang gapit? Untuk teman-teman yang tinggal di Kalimantan pasti sudah sangat familiar dengan pisang gapit ini. Pisang gapit adalah pisang bakar yang disajikan dengan saus gula merah. Penjual pisang gapit biasanya membuatnya dengan cara dijepit baru kemudian dibakar, makanya namanya pisang gapit ya hihihi. Pisang yang digunakan adalah pisang yang sudah matang tetapi belum lembek, saya suka menggunakan pisang kepok. Untuk sausnya terdiri dari campuran gula merah dan santan serta ditambahkan maizena agar teksturnya kental. Kalau gak suka kental, boleh laaah diskip maizenanya. 

Pisang gapit bisa juga disajikan dengan pelengkap tambahan misalnya meises, taburan keju dan ini niih yang jadi favorit saya, yaitu nangka. Silahkan disesuaikan aja dengan selera ya. Pisang gapit ini bisa jadi alternatif jajanan untuk keluarga kan. Biasanya saya sering mengajak anak-anak bikin pisang bakar dengan topping menurut selera mereka, kali ini saya buatkan pisang gapit ini. Enaak dan sangat mudah membuatnya.

PISANG GAPIT

Bahan :
Pisang kepok atau raja, pilih yang sudah matang tetapi belum lembek ya
Margarin, untuk olesan

Topping :
Keju cheddar parut
Meises
Irisan nangka 
atau sesuai selera

Bahan Saus :
500 ml santan
150 gr gula merah, bisa ditambahkan gula pasir sesuai selera ya
2 helai daun pandan, simpulkan
1/2 sdt vanilli
sejumput garam
1/2 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air
irisan nangka secukupnya (optional)

Cara Membuat :
1. Siapkan pan anti lengket, oles margarin dan bakar pisang sambil dipipihkan hingga kecoklatan. Lakukan hingga habis dan sisihkan.
2. Didihkan sebagian santan dengan gula merah hingga gula larut. Angkat dan saring.
3. Campurkan dengan sisa santan, masukkan pandan, garam dan vanilli. Masak sambil sesekali diaduk hingga mendidih. Test rasa hingga sesuai selera ya.
4. Tuang larutan maizena sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diinginkan.
5. Menjelang diangkat, masukkan irisan nangka.
6. Angkat dan siap digunakan.

Penyelesaian :
1. Siapkan piring saji, potong-potong pisang
2. Siram dengan saus dan beri topping sesuai selera.



Eh ya ada juga yang menambahkan durian di sausnya lho. Gak kebayang deh gimana rasanya dan saya juga gak akan bikin karena saya gak doyan durian heuheuheu.

Bikin yuuuk untuk cemilan keluarga. Semoga bermanfaat yaa ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar