OSENG CUMI



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah

Saya sudah lama banget pengen makan cumi. Anak-anak yang hobbynya makan cumi crispy juga sudah sering sekali menanyakan kapan bikin cumi lagi. Saya kebayang banget denga cumi ala Pekalongan yang gurih dan enak banget. Cumi dimasak dengan tintanya dan ditambahkan sedikit santan, jadi memang lebih kaya rasa walau bumbunya pun sama aja cuma diiris-iris. Kalau keluarga Pekalongan datang ke rumah, biasanya menu cumi ala Pekalongan ini jadi salah satu menu yang wajib ada.

Di tempat saya kemarin-kemarin itu, susah banget dapetin cumi. Kalaupun ada harganya selangit, makanya tukang sayur langganan juga gak berani bawanya. Padahal dengan harga selangit itu, cuminya kecil-kecil hihihi. Akhirnya pada suatu hari (tsaaah...kaya dongeng), mbak tukang sayur langganan SMS kalau bawa cumi gede-gede dengan harga yang wajar, langsung mau lah saya dan bilang mau ambil sekilo. Kebetulan saat itu saya lagi repot dan ada tamu juga di rumah, jadi saya minta tolong ambilin tuh cumi di tukang sayur. Salahnya saya, saya gak pesan apa-apa dan langsung berangkat kerja aja. Ternyataaa...ama yang bantu-bantu di rumah Mama, cumi itu dibersihkan semua dari tintanya huhuhu. Gagal deh ya bikin cumi hitam ala Pekalongan yang diidam-idamkan. Maklum aja dikiranya saya mau bikin cumi crispy untuk anak-anak aja. Akhirnya saya sisihkan sedikit cuminya dan dimasak oseng cumi aja yang kebetulan juga jadi favorit pak suami. Cumi hitam ala Pekalongan-nya lain kali aja ya, kalau dapet cumi lagi hihihi

Oseng cumi ini pasti udah pada bisa kan bikinnya, saya juga sudah pernah posting beberapa kali, baik yang memakai atau tanpa tinta. Gampang bikinnya dan cepat, bumbunya juga tinggal iris-iris aja. Kalau mengolah cumi, jangan dimasak terlalu lama ya, agar cumi tidak menjadi alot. Jadi begitu terlihat matang dan lunak, langsung deh matikan apinya, Saya suka oseng yang ada sedikit kuahnya, jadi saya tambahkan air secukupnya aja.

OSENG CUMI

Bahan :
300 gr cumi, potong cincin (saya buang tintanya)
1 jeruk nipis + sedikit garam
5 siung bawang putih, iris tipis
3 butir bawang merah, iris tipis
1 batang serai, memarkan
2 ruas lengkuas, memarkan
2 helai daun salam
5 cabe merah, iris tipis
3 cabe hijau, iris tipis
3 cabe rawit, iris halus
1 sdm gula pasir
1,5 sdt garam
100 ml air (atau secukupnya aja, boleh juga diskip)
1 batang daun bawang, iris tipis
3 sdm minyak goreng

Cara Membuat :
1. Lumuri cumi yang sudah dicuci bersih dan dipotong dengan air jeruk nipis dan garam, aduk hingga rata dan diamkan sebentar.
2. Panaskan minyak, tumis bumbu iris bersama lengkuas, serai dan daun salam hingga harum dan matang.
3. Masukkan cumi, bumbui dengan garam dan gula pasir kemudian tuang air. Masak hingga cumi lunak dan koreksi rasa hingga sesuai selera.
4. Menjelang diangkat, masukkan daun bawang, aduk rata.
5. Matikan api dan siap dihidangkan.




Untuk 'pendamping' oseng cumi ini, saya bikin tumisan sawi + tauge + tahu. Enak juga kalau pakai tumis kangkung. Dinikmati dengan nasi hangat....duuuh...bikin nambah-nambah deh hihihi.

Happy cooking...semoga bermanfaat ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »