NASI LIWET SUNDA



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah

Salah satu "gadget" dapur yang sangat saya idam-idamkan adalah panci kastrol. Tau kan panci kastrol itu untuk apa? Yuuup kalau di Sunda sana, panci kastrol digunakan untuk membuat nasi liwet. Di tempat saya susah carinya, jadi kalau mau bikin nasi liwet saya pakai magic com, lebih praktis dan cepat. Tapiiii...kalau bikin nasi liwet menggunakan magic com, jelas gak ada kerak nasinya kan hihihi. Saya menyebutnya intip dan percaya deh kalau intip itu enaaak banget. Jadilah saya harap-harap cemas semoga suatu saat bisa punya panci kastrol.

Alhamdulillah...kesampaian juga saya punya panci kastrol. Jazakillah khair mbak sayang Susiasih Handayani. Hanya Allah yang bisa membalas semua kebaikanmu ya mbak. Ceritanya ketemuan di Semarang dengan mbak Susi waktu mudik kemarin. Ngalami "diculik cantik" pergi ke tempat yang penuh harta karun dan juga dikasih panci kastrol ini. Alhamdulillah...seneeeng banget. Akhirnya bisa kesampaian juga punya panci idaman heuheuheu.

Sama halnya dengan membuat panci kastrol menggunakan magic com, kalau kita membuat dengan panci kastrol, takaran airnya juga disesuaikan dengan kondisi beras yang kita pakai. Jadi sebenarnya tidak ada patokan khusus, ya sama kaya kita memasak nasi aja. Biasanya saya memakai patokan air yang diukur 2 ruas jari telunjuk dari permukaan beras. Pelengkap nasi liwet yang paling enak menurut saya adalah ikan asin, tahu dan tempe goreng, sambal dan tentu saja lalapan. Kali ini saya memakai ikan peda yang dibakar sebentar. Kalau mau digoreng juga boleeeh.




NASI LIWET

Bahan :
500 gr beras
Air secukupnya menyesuaikan kondisi beras (saya ukur 2 ruas jari telunjuk dari permukaan beras)
10 butir bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih, iris tipis
2 batang serai, memarkan
3 helai daun salam
3 ikan peda, cuci bersih (saya bakar sebentar dengan dibungkus daun pisang, boleh juga digoreng ya)
1 sdt garam atau menyesuaikan asinnya ikan
1 genggam daun kemangi
10 cabe rawit atau sesuai selera
2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
1. Cuci bersih beras dan letakkan di panci, tuang airnya.
2. Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih hingga harum kemudian masukkan ke dalam panci. Tambahkan daun salam, serai dan garam. Aduk hingga rata.
3. Tutup panci dan masak hingga air menyusut atau hampir kering.
4. Kecilkan api, masukkan ikan, daun kemangi dan cabe rawit. Tutup lagi panci dan masak kembali hingga benar-benar matang dan tanak
5. Angkat dan sajikan hangat.




Kesampaian kan bikin nasi liwet memakai panci kastrol, kesampaian juga makan intipnya hahaha. Alhamdulillah nikmaaat sekali dan bikin nambah lagi..nambah lagi. Sssttt...ini sih memang karena lagi lapeer.

Happy cooking...semoga bermanfaat ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
Saturday, 6 August 2016 at 22:11:00 GMT+7 delete

Baca postingan ini malem-malem dan saya sukses dibikin kelaperan ini mbak :D
BTW salam kenal yah

Reply
avatar