LAPIS SURABAYA JERUK



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah

Finally it's my home sweet home ^^ Lah memang selama ini kemana aja bund? Saya ada lama di rumah mama, jaga rumah nih ceritanya, makanya saya juga lumayan lama juga LDR ama oven hihihi. Walaupun saya ini suka banyak malesnya bebikinan, tapi ternyata kangen juga ama baking. Kangen bikin brownies, kangen bikin schotel, kangen ngeroti dan bikin pizza truuus kangen bikin banana cake juga pastinya heuheuhe. 

Pas pertama pulang, saya pasti donk buka-buka kulkas saya yang melompong. Eh gak kosong juga sih karena saya masih punya stok butter dan keju disana. Trus di pojokan kulkas masih ada selai orange marmalade favorit saya. Entah ada angin apa, liat selai itu yang kebayang bukannya roti tawar dioles selai tapi malah kebayang lapis surabaya jeruk heuheuheu. Memang udah lama bangeet saya gak bikin lapis surabaya atau lapsur atau spiku. Padahal lapsur itu salah satu favorit suami saya. Maklum lah yaaa kalau gak sering bikin lapsur, butter dan kuning telurnya yang seabreg itu lho udah bikin jiper duluan. Tapi sekali-kali gak apa lah makan lapsur, ya kaaan. 

Karena masih pemanasan, saya bikin pakai 10 telur aja atau 1/3 dari resep asli dan menggunakan loyang sekat 24 cm. Kalau gak punya loyang sekat, bisa juga pakai loyang brownies ya. Untuk membuat lapsur full resep, silahkan membuat 3x dari resep berikut ya. Untuk membuat lapsur saya menggunakan cara mengocok butter terlebih dahulu. Bisa juga sih dengan menggunakan metode spongecake yaitu butternya dilelehkan baru kemudian dicampurkan dengan bahan lain yang sudah dikocok. Sama enaknya siih, kan juga sama-sama pakai kuning telur dan butter yang banyak, tapi menurut saya teksturnya lebih oke yang menggunakan butter kocok. Teksturnya lebih halus dan lembut. 







LAPIS SURABAYA JERUK

Bahan :
10 kuning telur
75 gr gula pasir
40 gr tepung terigu
5 gr maizena
5 gr susu bubuk full cream
125 gr butter
1 sdm sunquick (bisa juga pakai 1 sdm nutrisari yang dicampurkan dengan 1 sdm air)
1 sdt parutan kulit jeruk (skip, lagi gak punya)
1 sdm susu kental manis
1/2 sdt vanilla
1 sdt essens jeruk (optional)
1 sdt coklat bubuk, larutkan dengan air panas hingga berbentuk pasta

Filling :
Selai jeruk atau buttercream

Cara Membuat :
1. Siapkan loyang (saya pakai loyang sekat 24x24 cm), oles margarin, alasi kertas roti dan oles margarin kembali. Sisihkan.
2. Kocok butter hingga lembut, masukkan sunquick dan susu kental manis. Kocok hingga rata, tambahkan kulit jeruk, aduk rata dan sisihkan.
3. Kocok kuning telur dan gula pasir hingga mengembang dan kental. Masukkan vanilla, kocok hingga rata.
4. Masukkan terigu, maizena dan susu bubuk dengan cara diayak. Aduk rata memakai spatula atau kocok dengan mixer speed rendah.
5. Tuang adonan sedikit demi sedikit ke dalam butter yang sudah dikocok sambil diaduk perlahan. Masukkan essens jeruk. Aduk rata.
6.  Bagi adonan menjadi 3 bagian, 1 bagian tambahkan coklat bubuk yang sudah berbentuk pasta. Aduk hingga rata.
7. Tuang adonan ke dalam loyang, hentakkan perlahan untuk membuang udara dalam adonan.
8. Panggang dengan suhu 180'C selama kurang lebih 20 menit atau hingga matang.
9. Angkat, keluarkan dari loyang dan dinginkan baru diberi filling dan disusun.




Iseng saya tambahkan kenari sebagai topping, eeeh ternyata malah aneh deh hihihi. Lebih enak tanpa kenari menurut saya. Alhamdulillah kesampaian juga kan makan lapsurnya. Bikinnya niat banget, tapi makan sepotong udah cukup banget buat saya ^^

Happy baking...semoga bermanfaat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
Thursday, 11 August 2016 at 09:41:00 GMT+7 delete

halo mba nina.. saya termasuk yang paling rutin nungguin resep nya mba.. hehehe..
mau tanya, kalo mau bikin lapsur yang original itu yg berbau jeruk2 nya di skip aja ya??

Reply
avatar