COMBRO - ONCOM DIJERO



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah
Happy Satnite ^^ Ada acara apa di malam minggu ini? Kalau saya mah seperti biasa, malam minggu di rumah aja. Memang jarang sekali malam mingguan keluar rumah, kecuali memang karena ada acara keluarga. Biasanya malam minggu keluarga saya ya di rumah aja, nonton TV sambil ngemil, ngobrol-ngobrol atau kadang ada aja saudara yang datang bersilaturahmi. Naaah kalau malam minggu ini acaranya nonton kualifikasi Moto GP Austria hihihi.

Kemarin saya mengeluarkan salah satu harta karun yang saya simpan di freezer. Apakah itu? Yeesss...oncom!! Ya ampun si bunda ini ya kalau ada oncom disayang-sayang banget hahaha. Maklum donk ya karena di tempat saya gak ada yang jualan oncom, jadi begitu ada yang ngirimin ya seneeeng banget. Kebetulan saya masih punya 1 blok oncom yang akan saya olah menjadi combro.

Combro adalah jajanan tradisional yang berasal dari Jawa Barat yang terbuat dari parutan singkong dan diisi dengan sambal oncom. Sambal oncom sendiri tentunya berbahan dasar oncom yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan cabe, jadi memang khasnya combro ini rasanya gurih pedas. Menurut saya semakin pedas semakin mantap. Enak sekali bila ditambahkan potongan cabe rawit di dalamnya dan kalau masih kurang pedas boleh lah ditambah nggigit cabe rawit lagi hihihi. Di tempat tinggal saya tentunya gak ada yang jual combro ini karena yang jual oncom aja juga gak ada, jadi bagi saya combro ini benar-benar makanan mewah nan langka. Lain halnya dengan di Jawa Barat atau Jakarta sana, penjual combro bisa dijumpai dengan mudah.

Combro ini punya "saudara" yang disebut misro. Kalau combro artinya oncom dijero mempunyai rasa gurih pedas dengan isian oncom, misro artinya amis di jero yang artinya manis di dalam dalam bahasa Sunda. Misro berisi gula merah sehingga rasanya gurih manis. Di tempat saya orang-orang ada yang menyebutnya jemblem hihihi lucu kan namanya. Keduanya berbahan dasar singkong parut. Kalau misro ini saya lumayan sering bikinnya, kayanya setiap ada singkong yang matang di kebun Mama, pasti salah satunya ya diolah jadi misro ini.

Kembali lagi ke combro yang saya buat yaaa...kok malah ngelantur sampai ke misro hahaha. Kali ini saya menambahkan parutan kentang yang nantinya juga sama-sama diperas dengan singkongnya. Ada yang mengatakan kalau ditambahkan kentang nanti teksturnya bisa lebih lembut. Menurut saya hasilnya sama aja dengan yang tanpa kentang, tapi bisa juga karena saya ngasih kentangnya dikit kali ya. Untuk isian combronya, bumbunya minimalis aja. Yang wajib menurut saya adalah harus PEDAS dan harus pakai KENCUR. Duuuh bunda ini sampai di caps lock gitu heuheuheu. Beneran deh, aroma kencurnya itu bikin enak dan khas sekali. Saya tambahkan juga irisan kemangi, tapi kalau gak suka gak usah pakai juga gak apa-apa.

Ini dia combro yang siap dibentuk. Setelah dapat 3 bulatan baru nyadar kalau di singkong parutnya belum ditambahkan irisan daun bawang >_<  Mau fotoin lagi males lah ya, ini aja fotonya juga seadanya aja. Biasaaa lagi gak mood banget buat foto, mana mendungnya gelap banget. Yang ada fotonya jadi burem hihihi. Alasan lama buuund...






Saya bikin combro ini sedikit aja, cuma pakai 500 gr singkong. Sengaja gak bikin banyak karena pengen nyisain isian oncomnya buat dicampurin nasi panas. Tuuuh bisa jadi nasi tutug oncom kan, salah satu favorit saya juga

COMBRO

Bahan :
500 gr singkong
100 gr kentang
1/4 butir kelapa parut, pilih yang tidak terlalu muda atau tua ya
2 sdt garam
2 batang daun bawang, iris halus

Bahan Isian :
300 gr oncom, kukus dan haluskan
Cabe rawit secukupnya untuk isian
Daun kemangi, iris kasar
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus Isian Oncom :
5 siung bawang putih
2 cabe merah besar
10 cabe rawit
2 ruas kencur
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir

Cara Membuat :
1. Parut singkong dan kentang, tambahkan sedikit air kemudian peras hingga kering dan buang airnya (saya peras menggunakan serbet bersih).
2. Tambahkan kelapa parut, garam dan daun bawang. Aduk hingga rata dan sisihkan.
3. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan oncom kemudian bumbui dengan garam dan gula. Tumis dengan api kecil sambil diaduk perlahan hingga matang. Test rasa hingga sesuai selera.
4. Masukkan irisan kemangi, aduk rata sebentar dan matikan api.
5. Ambil parutan singkong, pipihkan dan beri isian oncom secukupnya dan cabe rawit. Bentuk lonjong dan lakukan hingga habis.
6. Panaskan minyak, goreng hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan.




Dinikmati hangat-hangat untuk teman ngeteh sore...masya Allah nikmatnya ^^ Kalau gak punya oncom tapi pengeeen banget bikin combro, bisa dicoba memakai tempe ya atau kalau yang tinggal di daerah Malang bisa memakai menjes. Pastinya nanti akan beda di aroma dan rasa, tapi lumayan lah masih ada miripnya dengan combro.

Semoga bermanfaat ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »