SAYUR NANGKA



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah

Haloo..lama banget ya saya gak update blog, moga-moga belum berdebu blog-nya hihihi. Bulan ini memang saya kurang banget nulis di blog, selain kesibukan saat mudik dan lebaran kemarin, trus lanjut prepare sekolah anak-anak, ternyata saya diberi nikmat sakit oleh Allah. Alhamdulillah itu berarti alarm buat saya ya untuk istirahat. Sekarang Alhamdulillah kondisinya sudah semakin membaik.

Kali ini saya mau cerita tentang sayur nangka. Hayooo siapa yang suka sayur nangka seperti saya. Sayur nangka enak sekali  bila disajikan dengan ketupat atau lontong. Kalau di daerah saya, setelah Lebaran, tepatnya hari ke 7 atau 8 di bulan Syawal ada tradisi "kupatan". Jadi biasanya saat kupatan ini setiap rumah bikin ketupat dan sayurnya untuk dinikmati bersama keluarga dan juga dikirimkan ke tetangga atau sanak saudara. Kalau di hari pertama lebaran, memang ada juga yang menyajikan ketupat, tapi yang rame ya pada saat kupatan ini. Keluarga saya biasanya sudah menyajikan lontong di hari lebaran pertama, lengkap dengan lauk khas lebaran. Naah saya biasanya gak kebagian tradisi kupatan ini karena pasti lagi mudik kan hihih. Biasanya ada sih sanak kerabat yang kemudian berbaik hati membuatkan ketupat untuk saya walau kupatan-nya udah lewat. Alhamdulillah ya.

Nah beberapa waktu yang lalu, mbak yang biasa bantu-bantu di rumah beli janur di pasar dan ternyata....mau bikinin saya ketupat. Masha Allah rejeki buat saya. Untuk pelengkapnya ada sayur tahu tempe yang enaaak banget. Kebetulan masih ada sisa ketupat, jadinya saya bikin lah sayur nangka ini. Nangka muda-nya kan tinggal metik di kebun Mama hahaha.






SAYUR NANGKA

Bahan :
1 buah nangka muda ukuran kecil (kurleb 750 gr), bersihkan dan potong kotak
250 gr daging tetelan
5 helai kacang panjang, potong-potong
3 helai daun salam
3 daun jeruk
2 batang serai, memarkan
3 ruas lengkuas, memarkan
2 sdm gula merah, sisir halus
500 ml air atau bisa ditambah sesuai kebutuhan ya
1 liter santan
3 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus :
3 cabe merah
9 butir bawang merah
5 siung bawang putih
5 butir kemiri sangrai
1 ruas kunyit
1 ruas jahe
1 sdt ketumbar
1/4 sdt jintan
1/2 sdt merica
garam secukupnya

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, serai, lengkuas, daun salam dan daun jeruk hingga matang. Sisihkan.
2. Rebus tetelan dan nangka dalam air yang sudah dididihkan hingga setengah empuk, kemudian masukkan bumbu yang sudah ditumis.
3. Masukkan santan, kacang panjang, gula merah, garam dan gula secukupnya.
4. Masak sambil sesekali diaduk agar santan tidak pecah. Teruskan memasak hingga tetelan dan nangka empuk, tapi jangan sampai hancur ya.
5. Test rasa hingga sesuai selera. Angkat dan siap dihidangkan.

Alhamdulillah nikmat. Jangan lupa taburi bawang goreng saat disajikan ya.

Semoga bermanfaat...Happy Cooking ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »