PUTRI SALJU LUMER



Bismillahirrohmanirrohim

28 Ramadhan 1437 H

Halooo udah mudik lebaran ya? Atau masih ada yang mempersiapkan packingan barang yang mau dibawa mudik? Pasti ada juga yang gak mudik atau kaya saya nih, belum mudik hihihi. In shaa Allah saya sekeluarga berangkat mengunjungi mertua pada H+2 lebaran. Saya tetap sholat ied di tempat saya menemani Mama, apalagi ini adalah Lebaran pertama tanpa Papa. Ya Allah...bayanginnya aja saya langsung mellow. 

Karena belum mudik, saya masih sempat bebikinan di dapur, yaitu bikin putri salju. Putri salju adalah salah satu classic cookies favorit saya. Di rumah cuma saya dan kakak Naira yang suka, jadi saya selalu bikin terakhir, karena kalaupun gak sempat bikin ya gak apa-apa. Banyak sih dapat putri salju dari parcel, tapi saya dan kakak Naira lebih cocok dengan yang bikin sendiri hehehe. Biasanya bikin cuma 1 resep aja dan untuk dimakan sendiri, gak dipajang di meja hahahah...peliiiit mah ini namanya.

Saya suka dengan putri salju yang tekturnya lumer alias melted in the mouth. Untuk mendapatkan tekstur putri salju yang demikian, maka harus memakai full butter. Jangan kuatir walaupun memakai full butter tetapi teksturnya tetap kokoh, jadi ketika ditata di toples gak mudah hancur. Biasanya putri salju dibuat dengan memakai campuran kacang-kacangan, bisa memakai kacang tanah, mede ataupun almond. Dengan memakai kacang-kacangan maka akan ada sensasi crunchy. Resep yang saya posting kali ini sebenarnya sudah pernah saya posting 3 tahun lalu hihihi, yaitu putri salju yang tidak memakai kacang-kacangan. Walaupun tidak memakai kacang-kacangan, rasanya tetap enak lho dan teksturnya sesuai dengan kesukaan saya. Kalau bisa gunakan full butter yaa. Bisa sih dimix dengan margarin atau pakai full margarin, putri saljunya tetap akan jadi kok, tapi teksturnya tentu berbeda apabila dibandingkan dengan yang memakai full butter.






PUTRI SALJU LUMER

Bahan :
300 gr butter
3 kuning telur
125 gr gula halus
400 gr tepung terigu protein sedang
100 gr maizena
50 gr susu bubuk full cream
50 gr keju edam parut (bisa juga pakai parmesan atau cheddar)

Taburan :
gula halus dan gula donat

Cara Membuat :
1. Kocok butter, gula pasir halus dan kuning telur dengan mixer kecepatan rendah, asal tercampur rata sebentar saja ya.
2. Masukkan keju parut, aduk hingga rata.
3. Masukkan campuran terigu, maizena dan susu bubuk. Aduk rata menggunakan sendok kayu.
4. Pipihkan adonan, cetak sesuai selera dan tata di loyang yang sudah dialasi silpat atau dioles tipis margarin.
5. Panggang dengan suhu 140'C hingga matang. Proses pemanggangan putri salju tidak perlu menunggu hingga berwarna kecoklatan, cukup hingga permukaannya kokoh dan kering. Apabila loyang diketukkan, putri salju sudah bisa terlepas berarti sudah matang.
6. Panas-panas gulingkan ke dalam gula halus hingga rata kemudian gulingkan ke dalam gula donat.
7. Tata di toples.

Ada sedikit tips untuk menata putri salju di toples agar terlihat "menor" dan cantik. Caranya adalah dengan menaburi gula donat di setiap lapisan toples. Jadi di dasar toples, tata putri salju kemudian taburi gula donat, tata lagi putri salju di atasnya dan taburi lagi. Demikian seterusnya hingga toples penuh. Jadi cantiiik deh toples putri saljunya.

Hayoook yang masih punya semangat bikin cookies, mungkin bisa dicoba >_<

Happy baking...semoga bermanfaat yaa 

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

6 komentar

komentar
Sunday, 3 July 2016 at 12:17:00 GMT+7 delete

Salam kenal, mba Nina. Sudah lama wara-wiri di blognya mba tapi susah banget buat komentar, gak tau salahnya dimana.
Makasih buat resepsnya, trus izin nyimpen foto2 di blog mba. Udah tak simpan sih meski gak dikasih izin, karena izinnya gak bisa ke'posting'.

Reply
avatar
Anonymous
Monday, 4 July 2016 at 12:47:00 GMT+7 delete

Mbak Nina mau tanyaaa. Kalo ngga pake keju rasanya jadi gimana yaa? Apa masih tetep maknyusss hehe
Makasih Mbak.

Reply
avatar
Monday, 4 July 2016 at 19:56:00 GMT+7 delete

Salam kenal Sitti...makasih ya sudah berkenan jalan2 ke blog saya. Memang untuk komen di blog saya harus dimoderasi dulu, makluuum banyak spam yang asal komen mampir disini hihihi.

Silahkan disimpan resep dan fotonya, smoga bermanfaat ya

Reply
avatar
Monday, 4 July 2016 at 19:56:00 GMT+7 delete

Tetap enak kok, walau terasa kurang gurih kalau menurut saya

Reply
avatar
Tuesday, 3 January 2017 at 10:15:00 GMT+7 delete

mba nina kl resep ini ditambahkan kacang mede bisa gak

Reply
avatar
Tuesday, 3 January 2017 at 10:20:00 GMT+7 delete

mba nina kl resep ini pake kacang mete bisa gak

Reply
avatar