MY MOOD BOOSTER...MAKAN MIE AYAM ^^



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah

Halo...gimana nih udah tambah semangat kan menjalankan aktivitas setelah libur panjang. Dapur pun pasti udah mulai ngebul lagi ya hihihi. Dapur rumah saya masih belum ngebul nih karena untuk sementara masih nemenin Mama dulu, jadi ya belum bisa baking. Masaknya juga yang masih gampang-gampang aja lah, karena masih ribet mondar mandir. Padahal selama ini pun saya juga masak yang simpel mulu yaa hahaha.

Salah satu mood booster bagi saya adalah makanan hangat berkuah. Kalau badan udah terasa capek karena seharian beraktivitas, paling enak tuh sore-sore makan sup hangat, bakso atau bahkan mie kuah. Apalagi di tempat saya sekarang ini hampir setiap sore turun hujan, jadi tambah nikmat aja kan makannya. Kemarin sebenarnya saya pengen bikin mie godhog Jawa, tapi karena liat masih ada stok bakso dan krupuk pangsit, akhirnya ganti haluan deh bikin mie ayam aja. 

Untuk pelengkap mie ayam, saya memakai bakso, sawi, krupuk pangsit dan sambal rawit aja. Kalau mau lebih lengkap bisa juga pakai acar, tapi kemarin saya gak bikin. Boleh juga pakai saus sambal favorit, tetap enaak lah. Kalau mau bikin mie ayam jamur, tinggal tambahkan jamur aja di tumisan ayamnya ya. Resep mie ayam udah sering banget saya posting ya, tapi gak apa-apa deh saya tuliskan lagi. Moga-moga gak bosen yaa.






MIE AYAM 

Bahan :
300 gr mie basah atau mie kering yang direbus hingga matang
1 ikat sawi hijau, potong-potong
Bakso
Krupuk pangsit
Bawang goreng
Saus atau sambal
Acar (gak pakai)
Minyak ayam bawang

Bahan Tumisan Ayam :
250 gr fillet ayam, potong dadu kecil 
2 sdm minyak untuk menumis
3 siung bawang putih, geprak dan cincang halus
5 sdm kecap manis atau sesuai selera
2 sdm saus tiram
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir

Cara Membuat Tumisan Ayam :
1. Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum dan layu, masukkan ayam, aduk hingga berubah warna.
2. Tuang kecap manis, saus tiram, garam, merica dan gula.
3. Masak hingga matang dan test rasa hingga sesuai selera. Boleh dimasak hingga kering atau sedikit berkuah ya.
4. Angkat dan sisihkan

Bahan Kuah :
1,5 liter air kaldu (dari air yang direbus bersama tulang ayam dan dimasak dengan api kecil)
2 siung bawang putih, memarkan
2 cm jahe, geprek
2-3 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 sdm minyak goreng
2 batang daun bawang, iris halus

Cara Membuat Kuah Kaldu:
1. Dalam sebuah panci, panaskan minyak goreng kemudian tumis bawang putih dan jahe hingga harum.
2. Masukkan air kaldu, kemudian bumbui dengan garam dan merica bubuk.
3. Masak hingga mendidih kemudian angkat dan taburi dengan irisan daun bawang.

Bahan Minyak Ayam Bawang :
200 ml minyak sayur
3 siung bawang putih
2 cm jahe
250 gr kulit ayam

Cara Membuat Minyak Ayam Bawang :
1. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang putih, jahe dan kunyit hingga harum. Masukkan kulit ayam dan masak dengan api kecil hingga keluar minyak dari kulit ayam
2. Tambahkan sisa minyak, masak hingga kulit kering.
3. Angkat, dinginkan dan saring kemudian bisa disimpan di wadah kedap udara.

Penyelesaian :
1. Dalam mangkuk saji, tuang minyak ayam dan beri mie diatasnya. Aduk rata dengan memakai sumpit atau garpu hingga minyak ayam tercampur dengan mie ayam.
2. Seduh sawi hijau dengan kuah panas hingga layu, kemudian letakkan di atas mie.
3. Tambahkan bakso, kerupuk pangsit, bawang goreng dan acar bila suka.
4. Hidangkan dengan kuahnya

Alhamdulillah...nikmat ^^

Selamat mencoba...semoga bermanfaat dan sesuai dengan selera keluarga 

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »