LUMPIA SAYUR SEADANYA



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah
Apa kabar? Semoga selalu sehat ya. Sudah mulai beraktivitas lagi kan, sudah mulai kerja lagi, anak-anak juga sudah mulai masuk sekolah. Bagi saya ini penyesuaian lagi ya, maklum sebulan gak nyiapin sarapan anak-anak kan karena Alhamdulillah anak-anak ikut puasa. Sekarang mulai mikir lagi deh, mau bikin sarapan apa ya untuk besok...hihihi.

Sebenarnya aktivitas dapur saya juga belum normal karena saya masih di rumah Mama selama sekitar seminggu lagi. Itu berarti saya gak bisa baking karena disini gak ada oven, adanya cuma microwave aja. Sebenarnya sudah pengen juga mencoba berbagai resep baru, tapi selama sekitar seminggu ke depan saya masih harus menyelesaikan berbagai kerjaan di luar rumah. Kejar tayang nih ceritanya, karena waktu liburan  mudik kerjaan dipending semua, begitu masuk mulai deeeh harus diselesaikan semua. Semoga semua lancar ya...Aamiin.

Kemarin waktu mudik dan transit di Semarang sudah puas kan makan lumpia, nah sekarang saya mau sharing lumpia abal-abal aja ya hahaha. Memanfaatkan spring roll pastry yang masih ada di kulkas, memanfaatkan juga sayuran yang masih seuprit, jadi lah lumpia abal-abal dengan isian seadanya aja. Biarpun seadanya, tapi Alhamdulillah tetap laris manis.

Untuk isian "apa adanya" ini saya memakai wortel, kentang, telur dan tauge. Sebenarnya saya bikin juga yang versi isian rebung tapi udah gak kefoto deh. Dulu sudah pernah saya posting juga kok yang pakai isian rebung. Di search aja yaa.




LUMPIA SAYUR SEADANYA

Bahan :
20 lembar spring roll pastry / kulit lumpia siap pakai
minyak goreng secukupnya

Bahan Isian :
3 buah wortel, iris dadu kecil
1 buah kentang, iris dadu kecil
50 gr tauge / kecambah
2 butir telur kocok lepas dan buat orak arik
3 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
1/2 butir bawang bombay, cincang halus
1 batang daun bawang iris halus
2 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
1 sdt gula pasir
2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
1. Panaskan 2 sdm minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu. Masukkan wortel, kentang dan tauge.
2. Masak hingga layu dan setengah empuk kemudian masukkan telur orak arik.
3. Bumbui dengan garam, merica, gula pasir dan pala bubuk. Aduk hingga rata dan test rasa hingga sesuai selera. Masak hingga empuk.
4. Menjelang diangkat masukkan daun bawang, aduk rata dan matikan api.Biarkan dingin.
5. Ambil selembar spring roll pastry, beri isian dan lipat bentuk amplop sambil dipadatkan. Rekatkan ujungnya dengan putih telur atau dengan memakai terigu yang diberi sedikit air. Lakukan hingga habis.
6. Panaskan minyak, goreng hingga kecoklatan, angkat dan tiriskan.

Untuk sausnya saya juga bikin versi abal-abal. Semua kok ya versi abal-abal yaaa bund, kapan coba bebikinan yang serius >_<  Untuk  yang mau nyobain, ini dia resepnya

SAUS LUMPIA

Bahan :
200 ml air
50 gr gula merah, sisir halus
1 sdt garam
1/2 sdt cuka masak
1/2 sdt gula pasir
1 sdm maizena larutkan dengan sedikit air
1 sdm bawang putih goreng
5 cabe rawit, iris halus

Cara Membuat :
1. Masak air, cabe rawit dan gula merah hingga mendidih dan gula larut kemudian masukkan garam, cuka masak dan gula pasir. Aduk hingga rata.
2. Masukkan larutan maizena sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diinginkan. Aduk rata dan matikan api.
3. Masukkan bawang putih goreng, siap digunakan.




Semoga bisa menginspirasi yaa...Selamat mencoba ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »