SOTO BETAWI



Bismillahirrohmanirrohim

23 Ramadhan 1437 H

Alhamdulillah postingan ke-1000. Memang bukan semuanya resep, banyak pula dokumentasi waktu saya masih aktif jualan dulu. Mulai nge-blog dengan menggunakan hape Nokia jadul, hingga sampai sekarang Alhamdulillah sudah memakai kamera. Proses belajar saya di dapur bisa dilihat di blog ini, dari awalnya sama sekali tidak terbiasa di dapur sampai sekarang saya menjadikan dapur menjadi salah satu tempat favorit di rumah. Sengaja postingan-postingan lama saya tidak akan dihapus, jadi bisa dilihat proses belajar saya seperti apa. Tidak ada sesuatu yang instan, bahkan sampai sekarang masih terus belajar. Belajar dari teman-teman saya, saudara dan keluarga, belajar dari komunitas di grup dan juga berbagai web yang inspiratif. Yang penting niat dan ikhlas memberikan yang terbaik untuk keluarga.

Masak apa untuk ifthar nanti? Kemarin lusa saya masak soto betawi untuk menu ifthar keluarga saya dan sampai sekarang masih kebayang-bayang enaknya. Haiyaa...puasa bund..puasa hihihi. Soto adalah salah satu menu khas Indonesia yang memiliki banyak varian dari berbagai daerah. Salah satu yang cukup populer adalah soto betawi. Soto betawi berbahan dasar daging dan jerohan sapi. Kuahnya menggunakan santan atau susu dan dipadukan dengan berbagai rempah-rempah yang membuatnya kaya rasa. Biasanya soto betawi disajikan dengan emping, air jeruk nipis dan ada pula yang memakai kentang goreng. 

Konon soto betawi yang menggunakan kuah susu rasanya lebih enak dan "tasty", tapi kali ini saya memakai santan aja karena memang masih punya kelapa di rumah. Lagian saya takut kalau saya yang masak masih ada aroma susunya hihihi, maklum ini pertama kali bikin soto betawi sendiri. Saya juga tidak memakai jerohan, hanya  memakai daging dan tetelan. Rempah-rempah yang digunakan cukup lengkap ya dan ini yang menjadikannya kaya rasa.




SOTO BETAWI

Bahan :
500 gr daging (saya pakai has dan tetelan)
1 liter kaldu (bekas merebus daging)
500 ml santan kental
3 helai daun salam
3 daun jeruk
5 butir cengkeh
2 butir kapulaga
2 batang serai, memarkan
1 batang kayu manis
2 ruas lengkuas, memarkan
2-3 sdt garam
1 sdm gula pasir
3 batang daun bawang, iris tipis
2 buah tomat, belah
2 sdm makan untuk menumis

Bumbu Halus :
12 butir bawang merah
5 siung bawang putih
5 butir kemiri, sangrai
1 sdt merica butiran
1/2 sdt jintan
2 sdt ketumbar sangrai
1 ruas kencur
1 ruas jahe

Pelengkap :
Emping goreng
Soun
Jeruk nipis
Irisan tomat
Sambal rawit
Acar, bila suka
Bawang goreng

Cara Membuat :
1. Rebus daging dalam 1,5 liter hingga setengah empuk. Ambil 1 liter air kaldu dan potong-potong daging. Masak kembali.
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama daun jeruk, daun salam, serai dan lengkuas hingga matang kemudian masukkan ke dalam rebusan daging. Tambahkan kayu manis, cengkeh dan kapulaga dan bumbui garam serta gula pasir. Masak hingga daging empuk dan bumbu meresap.
3. Masukkan santan kental, masak sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah. 
4. Menjelang diangkat, masukkan irisan daun bawang dan tomat.
5. Matikan api dan sajikan hangat dengan pelengkap.



Alhamdulillah keluarga sukaaa. Nikmat untuk sajian berbuka. Memang kalau berbuka, enak banget ya memakai menu kuah-kuah gini. Cobain bikin yuuuk

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »