REPOST CHOCOLATE STICK COOKIES



Bismillahirrohimanirrohim

20 Ramadhan 1437 H

Kali ini saya repost lagi ya resep chocolate stick cookies. Duluuu udah pernah posting dan postingan kali ini juga masih pakai resep yang sama. Banyak sekali yang menanyakan tentang chocolate stick yang dipakai dan saat itu saya gak bisa fotoin karena memang udah gak punya lagi hehehe. Naah sekarang mumpung lagi bikin saya fotoin chocolate stick-nya. Ini diaaa...




Setau saya chocolate stick yang banyak beredar di pasaran ada 2 merk, yaitu Colatta dan Tulip. Selama ini saya hanya pernah memakai merk Colatta karena memang hanya itu yang tersedia di TBK di dekat saya. Menurut teman-teman saya, kalau merk Tulip coklatnya lebih kokoh dengan rasa yang lebih pahit. Waaah...cocok banget nih buat choco lovers yang suka rasa coklat yang dominan pahit-pahitnya. Chocolate stick ini tersedia dalam kemasan dengan berat kurang lebih 1 kg, namun sekarang sudah banyak TBK yang menyediakan versi repack-nya sehingga kita gak perlu beli dengan kemasan 1 kg. 

Untuk membuat chocolate stick cookies ini sebenarnya bisa pakai adonan cookies favorit kita. Bisa pakai resep butter cookies atau bahkan nastar. Dulu waktu masih jualan, bikin cookies ini rasanya udah ngerasa 'hopeless' aja deh, karena harus telateeen. Untungnya sekarang sih bikinnya cukup 1 resep aja karena untuk konsumsi sendiri hihihi. 

Bisa dibandingkan cookies yang saya buat ini tidak secantik yang dulu pernah saya posting ya. Kalau dulu coklatnya bisa mulus sedangkan yang ini coklatnya gak mulus sama sekali hiiiks. Saya kira karena overbaked atau suhu oven yang kepanasan, ada pula teman yang bilang kalau dia pakai merk Tulip selalu mulus, sedangkan saya pakai merk Colatta. Barusan saya dapat info dari salah seorang teman, katanya untuk mendapatkan hasil yang mulus, coklat stick bisa diangin-anginkan dulu kurang lebih 3 hari. Pantesan dulu saya bisa bikin mulus ya, karena dulu bikin dalam jumlah besar, biasanya coklat stick sudah saya siapkan di loyang besar, kan sama dengan diangin-anginkan tuh hihihi. Biarpun kali ini bikinan saya gak mulus gini, Alhamdulillah masih tetap jadi favorit keluarga.




Resepnya sama dengan yang dulu, saya tuliskan lagi yaaa

CHOCOLATE STICK COOKIES

Bahan A :
200 gr butter
100 gr margarin
2 kuning telur
1 telur utuh
1/2 sdt vanilla (saya pakai vanilla susu L'arome)

Bahan B :
450 gr tepung terigu protein sedang / rendah
40 gr susu bubuk full cream
4 sdm gula pasir 
 ----> campur dan aduk rata bahan B

Bahan C
275-300 gr chocolate stick atau secukupnya, potong jadi 2 atau 3 bagian

Bahan D (olesan) :
1 kuning telur
3 sdm susu cair

Cara Membuat :
1. Campur dan kocok bahan A hingga asal rata saja.
2. Masukkan bahan B sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan sendok kayu.
3. Ambil adonan, gulung dengan ketebalan sekitar 5 mm kemudian potong dengan ukuran sebesar coklat stik.
4. Letakkan coklat stik di atasnya, beri adonan sebagai pemanis di atasnya (optional aja ya, bentuknya pun juga sesuai selera). Tata di atas loyang yang dialas silpat atau dioles margarin. 
5. Panggang dengan suhu 150'C selama kurang lebih 20 menit kemudian turunkan suhu menjadi 100'C selama 20 menit. Waktu pemanggangan tergantung oven masing-masing ya.
6. Angkat dan pindahkan di atas cooling rack. Masukkan cookies ke dalam wadah kedap udara ketika sudah benar-benar dingin.



Cantik yaa untuk sajian di hari Lebaran nanti. Ketika dalam keadaan panas, sesaat setelah diangkat, coklat akan terasa lembek ya. It's oke, nanti akan mengeras dengan sendirinya. Sebenarnya kalau coklat stick dibagi 3 hasilnya lucu lho, cookiesnya jadi imut gitu. Tapi karena saya mah gak telaten, jadi bagi 2 aja biar cepat selesai hihihi.

Happy baking...semoga bermanfaat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

komentar
Monday, 27 June 2016 at 10:18:00 GMT+7 delete

Baarokalloh mbak Nina.. selalu suka dg postingannya..

Reply
avatar
Sunday, 3 July 2016 at 04:51:00 GMT+7 delete

Salam kenal, mba Nina. Sudah lama wara-wiri di blognya mba Nina, tapi baru sempat komentar. Oya, mba. Foto2 di blog mba saya simpan yaaaa... Makasih.
Semoga selalu sehat, bahagia dan semakin sukses

Reply
avatar
Sunday, 3 July 2016 at 04:52:00 GMT+7 delete

Makasih banyak, mba. Blognya sangat bermanfaat. Foto2nya saya simpan ya....
Salam kenal.

Reply
avatar