NASI TUTUG ONCOM



Bismillahirrohmanirrohim

4 Ramadhan 1437H

Ini menu ifthar saya kemarin, menu yang bagi saya sangat mewah yaitu nasi tutug oncom. Untuk teman-teman yang tinggal di bagian barat pulau Jawa mungkin bisa dengan mudah menemui oncom. Sedangkan saya yang arek Jawa Timur, oncom mah harta karun karena susah nemuin yang jual hihihi. Jangankan oncom, nyari menjes yang enak aja agak susah lho. Eeeh...ada yang tau gak apa itu menjes? Yang tinggal di daerah Malang pasti familiar banget dengan menjes.

Alhamdulillah beberapa hari yang lalu, ada sahabat saya yang baik hati ngasih oncom ini dan yang langsung terpikirkan adalah membuat nasi tutug oncom. Sssttt...masih ada sisa oncomnya, ntar mau dibikin combro aaah.

Oncom adalah makanan yang merupakan hasil fermentasi kedelai. Ada 2 jenis oncom yaitu oncom merah dan oncom hitam. Yang membedakan keduanya  adalah jenis kapang yang mendegradasi oncom tersebut. Oncom merah biasanya dibuat dari bungkil tahu yaitu kedelai yang telah diambil proteinnya dalam proses pembuatan tahu. Oncom hitam pada umumnya dibuat dari bungkil kacang tanah yang dicampur dengan ampas singkong atau tepung singkong. Oncom memang dibuat dari bahan limbah tetapi kandungan gizinya masih cukup tinggi untuk dikonsumsi dan dimanfaatkan. 

Nasi tutug oncom atau sangu tutug oncom adalah makanan khas Sunda berupa nasi yang dicampurkan dengan oncom. Oncom yang digunakan bisa berupa oncom goreng atau oncom bakar. Biasanya nasi tutug oncom disajikan dengan pelengkap lalapan, sambal dan juga tahu tempe serta ikan asin. Saya lagi gak punya ikan asin, jadi saya pakai ikan wader yang digoreng crispy. Wader adalah ikan air tawar yang ukurannya kecil, enaak sekali bila digoreng garing. 

Untuk membuat nasi tutug oncom ini saya cuma memakai 1 papan oncom dan nasinya juga sedikit aja karena hanya untuk saya dan pak suami saja. Aromanya khas dan kalau saya bilang sih bikin laper deh hihihi. Anak-anak saya belum pernah ngerasain nasi tutug oncom dan ternyata doyan juga setelah ngicipin dikit-dikit.




NASI TUTUG ONCOM

Bahan :
2 piring nasi panas
1 papan oncom, bakar
1 sdt garam

Bumbu Oncom :
1 ruas kencur
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 cabe merah
5 cabe rawit

Pelengkap :
Lalapan (saya pakai kemangi, tomat dan timun)
Tahu - tempe goreng
Ikan goreng crispy / ikan asin
Sambal

Cara Membuat :
1. Sangrai bumbu hingga harum dan matang kemudian haluskan.
2. Campurkan bumbu halus dan oncom, uleg kasar kemudian masukkan nasi panas. Aduk hingga tercampur rata.
3. Sajikan hangat dengan pelengkap.

Untuk sambalnya saya membuat sambal terasi mentah yang diberi air jeruk limau. Masya Allah...nikmat sekali.




Alhamdulillah...kesampaian juga kan bikin nasi tutug oncom. Makanan yang bagi saya mewah dan selalu ngangenin. Ntar nunggu dapet kiriman oncom dulu kalau mau bikin nasi tutug oncom lagi hihihi.

Happy cooking...semoga bermanfaat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »