LASAGNA



Bismillahirrohmanirrohim

18 Ramadhan 1437 H

Spesial request suami saya minggu lalu adalah minta dibuatkan lasagna. Memang lama banget saya gak bikin pepastaan gini, sejak Ramadhan baru ini deh bikin pasta. Biasanya sih sering banget, mungkin jadi pada kangen ya hihihi. Kebetulan semua bahan lengkap, jadilah saya nguprek di dapur bikin lasagna. Sebenarnya cepat aja kok karena saya punya stok homemade saus bolognese di kulkas, jadi saya tinggal bikin saus putihnya aja. Kalau yang males bikin bisa kok pakai yang siap pakai, tinggal beli di minimarket. Tapi...pastinya lebih enak yang bikin sendiri donk ya ^^

Resepnya sebenarnya sudah pernah saya posting duluuu banget. Ntar saya tuliskan lagi aja ya. Lasagna ini memang lumayan mengenyangkan. Kalau buat saya sudah bisa jadi menu utama saat berbuka, tuh...gaya ya menu utama gak pakai nasi tapi pakai pasta hihihi. Bisa juga dinikmati setelah selesai trawih, tapi jangan banyak-banyak makannya ya ntar mau tidur masih kekenyangan donk.







Resep yang saya posting ini menggunakan saus merah yang dibuat memakai pasta tomat. Kalau ingin membuat yang memakai tomat segar juga boleh banget. Silahkan resepnya bisa dilihat disini ya, tinggal mengganti tunanya dengan daging giling.

LASAGNA

Bahan :
200 gr pasta lasagna
1 liter air
1/2 sdt garam
1 sdm minyak goreng 
(didihkan air bersama garam dan minyak goreng, rebus lasagna hingga al dente)

Bahan Saus Merah :
200 gr daging giling
1 bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
2 kaleng kecil pasta tomat
2 sdm saus tomat
1 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air
400 ml air (bisa juga pakai kaldu)
1/2 sdt merica bubuk
3 sdm gula pasir (atau sesuai selera)
1/2 sdt garam
1 sdt oregano
2 sdm minyak untuk menumis

Bahan Saus Putih  :
1/2 bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
25 gr margarin
25 gr tepung terigu serbaguna
400 ml susu cair
1/4 sdt merica
75 gr keju cheddar parut 

Topping :
keju mozarella secukupnya

Cara Membuat Saus Merah :
1. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
2. Masukkan daging giling, aduk hingga berubah warna.
3. Masukkan pasta tomat dan saus tomat, bumbui dengan merica, garam dan gula. Aduk rata.
4. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk dan dimasak hingga mendidih.
5. Tuang larutan maizena sedikit demi sedikit, masak hingga mengental.
6. Menjelang diangkat, masukkan oregano. Aduk rata.
7. Angkat dan sisihkan.

Cara Membuat Saus Putih :
1. Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
2. Masukkan tepung terigu, aduk hingga berbulir-bulir.
3. Tuang susu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga licin, bumbui dengan merica.
4. Masukkan keju parut dan masak hingga mengental dan meletup-letup.
5. Angkat dan sisihkan.

Penyelesaian :
1. Siapkan pinggan tahan panas (bisa juga pakai alufoil cup), oles dengan margarin.
2. Ambil  pasta lasagna letakkan di pinggan hingga menutup dasarnya, tuang  saus merah secukupnya, tutup dengan pasta lasagna lainnya, tuang kembali saus merah. Lakukan hingga beberapa lapis.
3. Pada bagian atas, tutup dengan pasta lasagna, tuang saus putih dan ratakan. 
4. Taburi dengan keju mozarella parut.
5. Panggang dengan suhu 170'C selama kurang lebih 30-35 menit.


6. Angkat dan sajikan hangat.




Anyone? Bikin yuuuk, bisa puas makannya. Kalau beli di resto waralaba itu memang enak, tapi pasti kurang puas kan makannya, karena porsinya kecil hihihi.

Semoga bermanfaat yaa ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
Ein
Thursday, 23 June 2016 at 08:46:00 GMT+7 delete

salah banget bacanya pas puasa-puasa gini, bikin pengen. Makasih resepnya bun :)

Reply
avatar