CHOCO CHEESE BREAD PUDDING




Bismillahirrohmanirrohim

Di meja makan masih tersisa 5 lembar roti tawar dan uupps..ternyata expired date nya kurang sehari. Kalau udah kaya gini, biasanya saya langsung olah roti tawarnya dan yang paling sering ya bikin bread pudding. Yuup keluarga saya memang penggemar aneka varian bread pudding. Dessert ini bisa disajikan hangat ataupun dingin sehingga ada yang mengatakan kalau bread pudding termasuk dalam kategori hot dessert. Memang sih bread pudding enak disajikan saat hangat tapi disajikan dingin juga tak kalah enak. Pernah gak nyobain bread pudding di salah satu resto pizza terkenal itu? Disana bread puddingnya disajikan fresh from the oven, masih ngebul-ngebul deh hihihi.

Menyesuaikan dengan bahan-bahan yang ada di rumah, saya membuat choco cheese bread pudding. Enak deh karena dengan penambahan keju, bread pudding ini tidak terlalu manis dan ada rasa gurih dari kejunya. Kebetulan saya juga tidak ada stok whipcream atau krim kental sehingga saya menggunakan full susu UHT. Kalau  menggunakan whipcream lebih enak lho rasanya, ada gurih-gurihnya gitu. Yaaa...karena gak ada ya pakai yang ada aja deh ya hihihi.

Resep yang saya tuliskan ini menyesukan bahan yang saya punya yaitu hanya memakai 5 lembar roti tawar. Monggo kalau mau pakai 1 bungkus yang biasanya terdiri dari 8-10 lembar, resepnya bisa didobel aja ya. Bisa pakai roti tawar kulit, roti tawar gandum atau kalau mau yang lebih mantap bisa pakai roti keju. Tapi kalau saya sih biasanya roti keju gak pernah nyisa, ludeees dimakan.




CHOCO CHEESE BREAD PUDDING

Bahan :
5 lembar roti tawar, potong-potong
350 ml susu cair 
2 kuning telur
1 telur utuh
80 gr gula pasir
1 sdt vanilla
2 sdm butter leleh
Keju cheddar parut secukupnya
DCC parut secukupnya atau bisa pakai meises atau chocochips
Almond slice dan kismis secukunya

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 170'C, siapkan pinggan tahan panas, oles tipis dengan margarin. Sisihkan.
2. Campur susu cair, telur, gula pasir, vanilla dan butter leleh. Aduk memakai whisker hingga tercampur rata.
3. Tata potongan roti tawar di pinggan, siram dengan sedikit campuran susu. Biarkan sebentar agar meresap kemudian beri parutan coklat.
4. Tata lagi potongan roti tawar di atasnya, siram dengan campuran susu dan biarkan meresap baru diberi parutan keju.
5. Tata kembali potongan roti tawar hingga pinggan penuh, siram dengan campuran susu kembali dan beri topping keju parut, almond slice dan kismis.
6. Panggang selama kurang lebih 35 menit hingga matang. Lama memanggang juga tergantung besar kecilnya pinggan serta kondisi oven ya.
7. Angkat dan siap disajikan.




Aneka varian bread pudding bisa dilihat aja di postingan lama saya ya. Search aja bread pudding dan bisa dipilih kira-kira mana yang menarik hati untuk dicobain hahaha. 

Happy Baking...semoga bermanfaat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »