MIE SCHOTEL



Bismillahirrohmanirrohim

Bosen dengan menu sarapan yang itu-itu aja, cobain deh mie schotel ini. Anak-anak saya selalu suka kalau saya buatkan sarapan mie schotel ini karena memang rasanya tidak jauh berbeda dengan macaroni schotel favorit mereka. Bikinnya gampang dan simpel aja kok, ya seperti membuat macaroni schotel yang sudah sering saya posting itu, hanya saja ini bahan dasarnya memakai mie. Bisa memakai mie telur kering yang banyak dijual di supermarket, boleh juga pakai mie basah yang banyak dijual di pasar atau mau pakai mie instan juga oke aja kok. Pelengkapnya bisa disesuaikan dengan bahan yang tersedia di rumah. Kali ini saya pakai daging giling, bisa juga pakai ayam, tuna, jamur, jagung atau bahkan kornet. Suka-suka deh yaa.

Ada seorang teman saya yang bertanya, kok sempatnya bikin mie schotel untuk sarapan, kan bikinnya ribet dan lama. Beneran deh, bikinnya gak seribet yang dibayangkan kok, walau tentu saja lebih ribet dibandingkan kita bikin telur dadar atau ceplok hihihi. Bahan-bahan kan bisa juga disiapkan malam harinya, misalnya keju sudah diparut, daging juga sudah digiling dan paginya tinggal cemplang cemplung aja .Dibikin setelah selesai sholat subuh, ntar begitu anak-anak selesai mandi, udah siap deh mie schotel favorit.




Biar cepat matang dan gampang dinikmati, saya suka membuatnya dengan menggunakan loyang muffin. Monggo kalau mau pakai aneka pinggan tahan panas atau loyang atau bisa juga pakai alumunium foil cup, ntar bisa sekalian untuk bekal yaa.

MIE SCHOTEL

Bahan :
200 gr mie kering, rebus hingga 1/2 lunak, tiriskan.
1/2 bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
100 gr daging giling
300 ml susu cair
100 gr keju cheddar parut
garam, merica bubuk secukupnya
4 butir telur kocok lepas
2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu.
2. Masukkan daging giling, aduk-aduk hingga berubah warna.
3. Tuang susu cair sedikit demi sedikit kemudian masukkan keju parut. Aduk-aduk  dan bumbui garam serta merica bubuk.
4. Masukkan mie, masak sambil sesekali diaduk hingga meletup-letup. Matikan api dan biarkan hangat.
5. Tuang telur kocok, aduk hingga tercampur rata.
6. Tuang ke dalam loyang muffin yang sudah dioles tipis margarin, taburi atasnya dengan keju parut.
7. Panggang dengan suhu 170'C selama kurang lebih 25 menit.
8. Angkat dan sajikan hangat dengan saus sambal favorit. 


Naaah...ini versi yang memakai skillet.

Kalau mau lebih special, bisa memakai saus putih atau bahkan saus bolognese. Kejunya bisa juga memakai mozarella, tanggung deh tambah mantap rasanya. Kalau buat saya versi standar seperti yang saya buat ini udah lumayan banget laah buat sarapan hihihi.

Happy baking...semoga bermanfaat ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
Anonymous
Tuesday, 23 August 2016 at 14:11:00 GMT+7 delete

pakai bubuk pala bun lebih mantap..

Reply
avatar