TAHU GEJROT BELIMBING WULUH



Bismillahirrohmanirrohim

Yang selalu jadi favorit saya dan pak suami adalah tahu gejrot. Tahu gejrot adalah makanan khas dari Cirebon. Berupa potongan tahu yang disiram dengan kuah gula merah yang diberi asam jawa dengan bumbu-bumbu yang diuleg kasar. Bumbu-bumbu yang dipakai adalah bawang merah, bawang putih dan cabe rawit. Rasanya manis, pedas dan asam...enaaak deh. 

Di daerah tempat tinggal saya kayanya gak ada deh yang jual tahu gejrot, padahal Kediri adalah kota tahu ya. Yang populer tentu saja adalah tahu petis yang memang jadi salah satu makanan khas Kediri. Jadinya kalau pengen tahu gejrot, ya harus bikin sendiri.

Biasanya kalau membuat tahu gejrot saya hanya memakai asam jawa. Naaah kebetulan di tukang sayur ada belimbing wuluh, langsung deh saya kebayang masak garang asem dan tahu gejrot ini. Walaupun sudah memakai belimbing wuluh, saya tetap memakai sedikit asam jawa. 






TAHU GEJROT BELIMBING WULUH

Bahan :
4 kotak tahu, rendam dengan air garam dan goreng dengan minyak yang banyak agar kopong bagian dalamnya, potong-potong
50 gr gula merah
2 sdm gula pasir
300 ml air
3 belimbing wuluh, iris-iris
1 sdt asam jawa, siram dengan  2 sdm air panas, tekan-tekan dan ambil airnya
11/2 sdt garam
1 sdm kecap manis

Bumbu Uleg Kasar :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
10 cabe rawit (saya pakai yang merah dan hijau)

Cara Membuat :
1. Rebus air, gula merah dan gula pasir, masukkan bumbu uleg kasar.
2. Tambahkan air asam jawa, garam dan kecap manis. Masak hingga mendidih kemudian masukkan belimbing wuluh. Test rasa hingga sesuai selera. Matikan api.
3. Siapkan piring saji, letakkan potongan tahu dan siram dengan kuah gula merah beserta bumbunya. Sajikan

Pedasnya disesuaikan dengan selera aja ya, demikian juga dengan asam manisnya. Yang jelas tahu gejrot enaknya tuh pedaaaas.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

komentar
Monday, 2 May 2016 at 22:01:00 GMT+7 delete

Dulu jaman kuliah di bogor bnyaj yg jualan ini mba... Hehe seinget aku si belimbing wuluh di uleg jg sm cabe n bwg... Trs di ksh kuah gt... Mgkn kuah nya spt yg diresep mba nina ini... Ijin bookmark yah... Mksh^^

Reply
avatar
Tuesday, 3 May 2016 at 19:07:00 GMT+7 delete

Halooo Ridha betul sekali ada yang memang yang belimbing wuluhnya diuleg, kalau ini saya pakai asam jawa juga kalau diuleg takut terlalu asam hehehe. Sesuai selera aja sih sebenarnya

Reply
avatar
Aan
Thursday, 5 May 2016 at 14:48:00 GMT+7 delete

Kalau tahu bulat kediri tu bikinnya gimana ya Mbak? Dulu pernah mampir ke SLG terus nyoba tahu bulat itu dan ternyata enak juga dibuat camilan, haha

Reply
avatar
Tuesday, 10 May 2016 at 17:48:00 GMT+7 delete

aaaah itu favoritku juga mbak, ntar ya In shaa Allah dishare juga resepnya, saya masih belum nemu yang pas nih

Reply
avatar