SOTO AYAM LAMONGAN



Bismillahirrohmanirrohim

Punten...postingan tentang soto ayam lagi euy. Kali ini adalah soto ayam lamongan. Udah pada tau kan kalau salah satu yang terkenal dari kota Lamongan ya sotonya ini. Soto lamongan mempunyai kuah bening karena memang menggunakan kemiri serta tidak memakai santan. Yang khas adalah penggunaan koya sebagai pelengkap. Koya adalah krupuk udang yang dihaluskan dengan bawang putih goreng. Enak deh bikin tambah gurih kuah sotonya.

Ini adalah pertama kalinya saya masak soto lamongan. Gimana gak males bikin soto lamongan, lha di dekat rumah ada beberapa penjual soto lamongan yang enak. Bahkan di sebelah rumah mama ada penjual soto lamongan yang tidak pernah sepi pembelinya. Kalau lagi gak sempat masak yang ujung-ujungnya beli soto lamongan itu hihihi. Akhirnya penasaran lah saya pengen bikin juga soto lamongan ala-ala saya. Eh yaaa fotonya gak banget deh ya, ampun deeeh gak konsen banget mau foto. Akhirnya dari sekitar 25 jepretan akhirnya cuma ada 3 ini yang dianggap lumayan. Naaah lumayannya ini juga aneh banget menurut saya huhuhu.




SOTO AYAM LAMONGAN

Bahan :
1 ekor ayam kampung, potong-potong
2 liter air
2 helai daun salam
5 helai daun jeruk
2 batang serai, memarkan
4 cm lengkuas, memarkan
3 sdt garam
1 sdt gula pasir
2 batang daun bawang
1 ikat kecil seledri, simpulkan
2 sdm minyak sayur untuk menumis

Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
5 cm kunyit
2 cm jahe
1/4 sdt merica butiran
5 butir kemiri sangrai

Pelengkap :
Soun, seduh air panas
Kol, iris halus
Telur rebus
Seledri dan daun bawang, iris halus
Jeruk nipis
Bawang goreng
Koya
Sambal

Cara Membuat :
1. Rebus ayam dalam air mendidih, masukan seledri, masak hingga ayam empuk.
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam, lengkuas dan serai hingga harum dan matang, kemudian masukkan ke dalam rebusan ayam. Masak dengan api kecil hingga mendidih.
3. Angkat ayam, goreng sebentar bila suka dan suwir-suwir. Sisihkan.
4. Bumbui kuah dengan garam dan gula pasir. Test rasa hingga sesuai dengan selera.
5. Menjelang diangkat, masukkan irisan daun bawang. Matikan api.
6. Sajikan dengan pelengkap.

Notes :
- Cara membuat koya : iris tipis bawang putih dan goreng kemudian tumbuk dengan krupuk udang goreng hingga halus
- Cara membuat sambal : cabe dan bawang putih direbus, haluskan dengan garam dan gula pasir kemudian tambahkan sedikit kuah soto.




Kalau di penjual soto ayam lamongan, biasanya ayam tidak digoreng terlebih dahulu. Mungkin biar teksturnya gak keras ya, jadi kalau suka, ntar gorengnya gak usah lama-lama ya. Biasanya abang-abang penjual soto lamongan itu akan memasukkan kembali tulang-tulang ayam ke dalam kuah sotonya. Hmmm..kayanya itu juga yang bikin tambah gurih yaa.

Happy cooking...selamat mencoba ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »