MIE GORENG NAN SIMPEL UNTUK SARAPAN



Bismillahirrohmanirrohim

Postingan gak penting lagi nih hiiiks. Pastinya siapa aja bisa donk bikin mie goreng, eh ini kok masih aja posting tentang mie goreng hahaha. Gak apa-apa ya, mohon dimaklumi karena kebetulan aja pas punya foto mie goreng. Trus karena saya juga lagi sok sibuk ngurus kerjaan ini itu, jadi gak sempat nyobain resep baru di dapur hehehe.

Pasti banyak yang suka donk dengan mie goreng. Salah satu menu yang enak disajikan pagi, siang, sore ataupun malam. Eittsss...itu kata saya sih yang memang penggemar mie. Biasanya saya bikin pas sarapan, karena selain cepat juga bahan pelengkapnya bisa menyesuaikan isi kulkas. Tau sendiri donk kalau untuk ibu-ibu seperti saya ini, saat pagi adalah saat-saat yang penuh dengan kehebohan. Jadinya biasanya masak yang simpel aja untuk sarapan. Kebetulan saya masih punya udang, cumi dan bakso. Jadilah semua tumplek blek saya masukkan ke dalam mie goreng. Sebenarnya saya juga udah ngocok telur mau dibuat orak arik untuk pelengkap mie. Tapiii karena faktor U kali ya, telurnya lupa tuh gak diapa-apain dan sampai mie nya habis mangkok telurnya masih duduk manis di dekat kompor. Hadeeeh parah. Soo... pelengkapnya silahkan sesuai selera dan sesuai isi kulkas aja ya hihihi

Untuk membuat mie goreng ini biasanya saya menggunakan air kaldu, yang fungsinya sebagai penyedap juga untuk mempercepat wortel empuk. Kalau gak ada air kaldu, pakai air biasa boleh laaah. Sedikit tips apabila kita membuat mie goreng dalam jumlah yang banyak, biasanya saya menambahkan kecap langsung pada mie yang sudah ditiriskan dan kemudian diaduk hingga rata menggunakan sumpit atau garpu. Pernah nyobain, kecap dimasukkan ketika dimasak, hasilnya jadi gak rata. Entah ini sayanya yang gak bisa ngolahnya atau gimana, jadinya sampai sekarang kalau bikin mie yang banyak, kecap selalu saya masukkan sebelum mie dimasukkan wajan. Kalau bikinnya cuma sedikit, yaaa langsung aja deh kecap dimasukkan di wajan.

MIE GORENG

Bahan :
200 gr mie kering, rebus sebentar hingga lunak atau siram air panas
3 siung bawang putih, memarkan
200 gr udang, kupas kulitnya dan kerat punggungnya
100 gr cumi-cumi, buang tinta dan kulitnya, potong-potong
5 bakso, iris tipis
1 ikat sawi, potong-potong
1 wortel, iris tipis korek api
3 sdm kecap manis
1 sdm kecap ikan
2 sdm saus tiram
garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya
1 sendok sayur air kaldu
2 sdm minyak goreng

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum kemudian masukkan udang, cumi dan wortel. Aduk hingga rata.
2. Masukkan kecap manis, kecap ikan, saus tiram, garam, gula pasir dan merica bubuk. Aduk rata.
3. Tuang air kaldu, masak hingga wortel empuk  kemudian masukkan bakso dan sawi. Aduk dan test rasa hingga sesuai selera. Masak hingga kaldu menyusut.
4. Masukkan mie, aduk rata,
5. Angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng atau acar. 




Don't skip your breakfast yaa ...semoga bermanfaat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
Friday, 22 April 2016 at 01:03:00 GMT+7 delete

Hihi kalau disuguhin begini...nggak nolak mba..enak banged masyaAllah...nyom..penggemar mie

Reply
avatar