LUMPIA AYAM JAMUR



Bismillahirrohmanirrohim

Halooo...bikin cemilan apa untuk keluarga hari ini? Kebetulan saya lagi gak bisa baking nih karena lagi jagain rumah Mama dan disini gak ada oven hihihi. Jadinya untuk cemilan keluarga saya ya gorengan lagiii dan bikin yang serba dikukus. Yang penting tetap diusahain bebikinan untuk keluarga. Biasanya kalau lagi jagain rumah Mama seperti ini, saya selalu sedia kulit lumpia atau kerennya spring roll pastry. Benar-benar penyelamat deh karena tinggal ganti-ganti isiannya aja udah bisa jadi cemilan yang berbeda. Favorit anak-anak saya adalah memakai isian pisang dan taburan gula pasir, jadi ala pisang aroma gitu deh. Yang juga enak adalah memakai isian tape, apel, nanas atau bahkan nangka. 

Kebetulan saya punya ayam cincang dan jamur tiram, jadi kali ini saya bikin lumpia ayam jamur aja. Saya tambahkan juga kentang yang dipotong dadu kecil dan telur orak-arik. Isian campur aduk deh ini jadinya, karena ya memang memakai yang ada di rumah aja. Bikinnya tinggal ditumis-tumis aja, praktis dan mudah. Untuk pelengkapnya saya bikin saus lumpia ala saya yang memakai gula merah. Kalau yang suka acar bisa juga dibuatin acar ya, kalau saya sih gak bikin karena anak-anak kurang suka.







LUMPIA AYAM JAMUR

Bahan :
20 lembar kulit lumpia siap pakai
500 gr fillet ayam, cincang halus
100 gr jamur tiram, iris-iris
1 buah kentang, potong dadu kecil
2 butir telur, dibuat orak-arik
3 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
1,5 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula
1 sdm saus tiram
2 batang daun bawang
minyak goreng secukupnya

Cara Membuat :
1. Panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis bawang putih hingga harum dan layu, kemudian masukkan ayam cincang. Aduk hingga berubah warna.
2. Masukkan kentang dan jamur, masak hingga kentang dan ayam lunak serta air menyusut (saat ditumis, ayam akan mengeluarkan air). Bumbui dengan garam, merica bubuk, gula pasir dan saus tiram,
3. Masukkan telur orak-arik, aduk hingga rata dan test rasa hingga sesuai selera.
4. Menjelang diangkat, masukkan irisan daun bawang. Matikan api.
5. Ambil selembar kulit lumpia, beri isian dan lipat seperti amplop sambil dipadatkan. Rekatkan ujungnya dengan putih telur atau dengan terigu yang dilarutkan dengan sedikit air. Lakukan hingga habis.
6. Panaskan minyak, goreng lumpia hingga matang dan berwarna kecoklatan.
7. Hidangkan hangat dengan saus atau cabe rawit.

SAUS LUMPIA

Bahan :
250 ml air
50 gr gula merah, sisir halus
1 sdm gula pasir
1 sdt cuka masak
1 sdt garam
3 cabe rawit, iris halus
3 siung bawang putih goreng dan haluskan
1 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air 

Cara Membuat :
1. Masak air dan gula merah hingga mendidih dan gula larut.
2. Masukkan gula pasir, garam dan cuka masak. Aduk hingga rata.
3. Masukkan bawang putih dan cabe rawit kemudian tuang larutan maizena sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diinginkan.
4. Angkat dan siap digunakan.




Alhamdulillah...lumayan banget untuk cemilan keluarga. Pengennya sih bikin brownies tapi karena bisanya bikin lumpia yaaa dinikmati aja hihihi.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »