CAKE KUKUS PISANG



Bismillahirrohmanirrohim

Haloo apa kabar? Alhamdulillah saya mah sehat-sehat aja. Ada beberapa sahabat yang nanyain saya kemana aja blog-nya sepi tanpa update terbaru. Daaan...saya lagi mengalami lagi yang namanya baking blue, cooking blue, jepret blue serta otomatis lah blogging blue juga datang. Udah 2 minggu ini nih kayanya malees banget. Kebetulan juga saya pas lagi sibuk, ada beberapa kali keluar kota juga. Maunya sampai rumah sih disempeting duduk bentar di depan laptop, tapi yaa itu kayanya lebih enak ngobrol dengan keluarga deh ya, menikmati quality time dengan mereka hehehe. Padahal saya pengennya di tahun ini saya bisa mencapai postingan ke-1000 di blog saya ini, tapi ternyata lebih suka malesnya. Kalau lagi membela diri dan betah-betahin males, saya pasti bilang gini, wajar laah mulai bosen dan jenuh, karena udah lumayan lama nge-blog hihihi. Saya nge-blog sejak masih bermodalkan hape Nokia jadul. Biarpun ngeblog-nya masih gini-gini aja belum banyak kemajuan, tapi Alhamdulillah saya enjoy. Ada juga lho yang nanya apa saya gak minat untuk menghapus postingan-postingan saya duluuu, yang waktu awal-awal ngeblog. Hiyaa kenapa harus dihapus euy. Bagi saya itu ya bagian dari proses belajar saya hehehe.

Tuuh kan lama gak posting, sekalinya posting malah curcol panjang lebar kaya gini. Maafkan ya, silahkan langsung baca resepnya aja kalau males baca curhatan saya yang gak penting hahaha.

Beberapa waktu yang lalu saya mengalami lagi LDR dengan oven, jadi untuk keluarga saya bikin yang dikukus dan digoreng aja. Salah satunya ya cake kukus pisang ini. Pake bahan-bahan yang tersisa aja di rumah. Kebetulan masih ada 1 biji pisang yang sudah matang sekali, trus punya juga 1/2 sachet susu kental manis sisa bikin pisang bakar. Pas banget juga telur yang ada di luar kulkas ada 3 biji, jadi mari diberdayakan aja ya. Resepnya berbeda dengan cake kukus pisang berbintik yang pernah saya posting dahulu, sama enaknya dan sama-sama mudah dibuat. Saya memakai cetakan bolu sakura dan cuma jadi 16 pcs. Maklum bahan-bahannya kan memang menyesuaikan tuh hehehe.




CAKE KUKUS PISANG

Bahan :
3 butir telur
100 gr gula pasir
1/4 sdt garam
1/2 sdt emulsifier
110 gr tepung terigu
15 gr susu bubuk
100 gr pisang, lumatkan (berat tanpa kulit ya)
60 ml (1 sachet), santan kental instan
1/2 sachet susu kental manis (optional)
1 sdt  vanilla
meises secukupnya

Cara Membuat :
1. Siapkan cetakan (saya pakai cetakan bolu sakura), olesi tipis dengan minyak. Sisihkan dan panaskan kukusan.
2. Campurkan pisang yang sudah dilumat dan santan. Aduk hingga rata.
3. Kocok telur, gula, garam dan emulsifier hingga mengembang dan kental.
4. Masukkan terigu dan susu bubuk dengan cara diayak sambil diaduk atau dikocok dengan mixer speed rendah.
5. Masukkan pisang sedikit demi sedikit, aduk memakai spatula hingga tercampur rata, kemudian masukkan susu kental manis dan meises. Aduk rata.
6. Tuang ke dalam cetakan hingga penuh dan kukus hingga matang, kalau memakai cetakan kecil kurang lebih selama 15-20 menit.




Lumayan banget untuk camilan, apalagi untuk pecinta banana cake seperti saya ini. Bikin setelah subuh dan langsung laris manis dinikmati hangat saat sarapan. Ya disisain dikit aja untuk difoto ini hehehe. 

Selamat mencoba...semoga bermanfaat yaa ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »