SOP BUNTUT



Bismillahirrohmanirrohim

Mau masak apa untuk menu keluarga esok hari? Gimana kalau kita bikin sop buntut aja yuuk. Kebetulan keluarga saya adalah penggemar aneka sop, termasuk juga sop buntut ini. Gak sering-sering sih makan sop buntut, sesekali aja. Lebih seringan saya bikin sop sehat atau sop ayam ala Klaten itu. Kalau lagi wiskul di resto biasanya kesempatan deh untuk cari menu sop buntut hihihi. Kali ini saya sempatkan untuk bikin sop buntut favorit keluarga. Sssttt...jangan diminta ya karena ini entah bikinnya kapan...biasaaa lagu lama kan kalau foto kadaluarsa baru diposting >_< 

Biasanya kalau masak gini, saya sering pakai jurus praktis yaitu memakai presto. Naah..kemarin saya rebus sampai benar-benar empuk. Kok ya sempat sih bund? Yaa iyaa masaknya sejak semalem nih dan paginya siap untuk menu sarapan hihihi. Niat banget ya dan sarapannya jadi sarapan yang berat heuheuhe. Biasanya kalau sop buntut memakai pelengkap wortel dan kentang ya, tapi kali ini saya gak pakai kentang. Baru  nyadar kalau stok kentang di rumah udah ludes gara-gara dibuat pom-pom potato. 






SOP BUNTUT

Bahan :
1 kg buntut sapi, potong-potong
2 liter air 
3 buah wortel, potong-potong
1 buah kentang, potong-potong (skip, lagi gak punya)
1 buah pala, parut
4 butir cengkeh
1,5 sdm garam
2 sdt gula pasir
2 batang daun bawang, potong-potong
1 ikat kecil seledri, simpulkan
2 buah tomat, potong-potong
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 sdt merica (bisa dikurangi kalau takut terlalu pedas)

Pelengkap :
bawang putih goreng
jeruk nipis peras
sambal 

Cara Membuat :
1.  Rebus potongan buntut sapi dengan air hingga setengah lunak kemudian saring air kaldunya. 
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, irisan wortel dan cengkeh hingga harum kemudian masukkan ke dalam rebusan buntut. Masak dengan api kecil hingga mendidih.
3. Bumbui dengan garam, gula pasir, parutan pala kemudian test rasa hingga sesuai selera.
4. Masukkan seledri. Lanjutkan memasak hingga buntut empuk dan bumbu meresap.
5. Menjelang diangkat masukkan daun bawang dan irisan tomat. Masak sebentar kemudian matikan api.
6. Sajikan hangat dengan pelengkap.

Kalau mau menggunakan presto, cukup selama 15 menit aja ya. Udah empuk kok dalam waktu segitu. Saya pernah sampai 20 menit jadinya banyak yang hancur hahaha. Tapi tergantung juga ya dengan presto yang digunakan.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
Monday, 7 March 2016 at 22:06:00 GMT+7 delete

Mba Nina biasanya ngebersihin buntut sapi gimana caranya?
Di Pontianak ga ada yang ngejual buntut sapi yang sudah dibersihkan. Rata-rata masih "sapi" banget, masih ada bulu-bulunya pulak. Makanya sampai sekarang saya belum pernah bikin sup buntut. Berasa males mau bersihin si buntut.

Reply
avatar
Wednesday, 9 March 2016 at 20:34:00 GMT+7 delete

Aduduuuh saya juga gak ngerti mbak Rika, kalau di tempat saya buntut sapi udah dijual bersih, tinggal ngolah aja. Malah saya suka minta dipotongin kecil2 sekalian sama yg jual hehehe

Reply
avatar