SELAI BUAH NAGA




Bismillahirrohmanirrohim

Musim buah naga masih belum habis nih, buah naga masih bisa dijumpai dengan mudah dan harganya cukup terjangkau. Saya termasuk penggemar buah naga dan kalau lagi musim gini bisa dipastikan kalau saya mengkonsumsinya setiap hari. Buah naga sendiri dikenal sebagai buah dengan berbagai manfaat. Selain dikenal mengandung anti oksidan dan vitamin, buah naga juga mengandung kalsium organik. Rasa manis pada buah naga terutama buah naga merah juga bukan berasal dari glukosa sehingga baik untuk penderita diabetes.

Saya paling suka menikmati buah naga potong dan dibuat menjadi smoothies. Untuk anak-anak biasanya saya membuatkan sorbet, puding atau es krim yang memakai buah naga. Kali ini saya membuat selai yang berbahan dasar buah naga. Ini pertama kalinya saya membuat selai buah naga, biasanya yang sering bikin selai strowberry kalau pas musim dan selai nanas hihihi.

Dalam proses pembuatan selai buah, pektin alami yang terkandung dalam buah-buahan akan bereaksi dengan gula dan asam sehingga membuat selai menjadi kental. Apabila selai dibuat dari buah-buahan yang mengandung sedikit pektin maka perlu ditambahkan pektin agar selai cepat mengental dan proses pemasakannya tidak terlalu lama. Proses pemasakan yang terlalu lama akan membuat selai tersebut kehilangan rasa dan aroma asli dari buah yang digunakan. Lemon dan jeruk nipis dikenal mempunyai kandungan pektin yang tinggi sehingga bisa ditambahkan dalam proses pembuatan selai.




Selai buah naga ini sukses membuat anak-anak saya mengira kalau bundanya membuat selai blueberry. Hiyaaa...dapat blueberry dari mana ya, di tempat saya yang pelosok ini mah susah banget kalau mau cari blueberry segar. Warna selai buah naga ini memang cenderung ungu yaa, gak salah kalau dikira selai blueberry.

Takaran gula pasir disesuaikan aja dengan selera dan tingkat kemanisan buah naga ya. Kebetulan buah naga yang saya pakai ini cukup manis dan saya memakai 200 gr gula pasir. Hasilnyaa...kalau digadoin terasa kemanisan deh, tapi kalau dipakai untuk olesan udah paaas deh.




SELAI BUAH NAGA

Bahan :
500 gr buah naga tanpa kulit, potong-potong
200 gr gula pasir atau sesuai selera
5 sdm air jeruk nipis

Cara Membuat :
1. Sterilkan wadah selai dengan cara merebusnya hingga air mendidih. Sisihkan.
2. Dalam sauce pan, masukkan potongan buah naga dan masak dengan api kecil hingga mengeluarkan air. Kurang lebih selama 10 menit.
3. Masukkan gula pasir dan air jeruk nipis / lemon, masak sambil diaduk-aduk hingga ke dasar pan agar tidak hangus.
4. Tekan-tekan perlahan hingga buah naga hancur. Saya lebih suka selai yang masih ada tekstur kasarnya, jadi gak perlu "heboh" menekannya.
5. Saat selai mulai mengental, besarkan api dan aduk hingga benar-benar mendidih sebentar saja. Matikan api.
6. Keringkan botol selai yang sudah steril, tuang selai ke dalamnya. Setelah benar-benar dingin baru ditutup. 

Note :
Setelah dingin, selai akan lebih set dan kental dibandingkan ketika saat masih panas. Jadi jangan memasak selai terlalu lama ya, ketika sudah mulai mengental, didihkan sebentar saja dan matikan api.

Karena baru pertama kali ini saya membuat selai buah naga, jangan tanyakan ini awet berapa lama di kulkas yaa hihihi. Pastinya tidak selama selai buatan pabrik, karena selai homemade dibuat tanpa pengawet kan.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »