POM POM POTATO



Bismillahirrohmanirrohim

Pastinya udah pada tau kan dengan pom pom potato? Beberapa waktu yang lalu pom pom potato ini sempat booming juga lho. Pom pom potato terbuat dari campuran kentang halus dan keju kemudian dibalur dengan tepung panir dan digoreng. Pom pom potato ini adalah salah 1 cemilan favorit anak-anak saya. Bikinnya pun gampang sekali bahkan sebenarnya gak perlu takaran, tinggal cemplang cemplung aja menyesuaikan bahan yang kita punya, jadi deeh. 

Biasanya saya bikin sekaligus banyak dan kemudian disimpan di freezer. Sewaktu-waktu lagi pengen maem, tinggal keluarin dari freezer, dithawing sebentar dan siap digoreng. Pada beberapa resep, ada yang menambahkan susu kental manis, tapi saya gak pernah pakai. Mungkin kalau memakai susu kental manis ada gurih-gurih aroma susu gitu kali ya. Menurut saya tanpa susu kental manis juga udah enak kok. Kali ini saya bikin dengan isian cheddar dan mozzarela. Untuk bedainnya saya bikin dengan 2 bentuk, yang bulat isian cheedar sedangkan yang lonjong isinya mozza.

Buat saya fotoin pom pom potato itu susah banget. Gimana gak susah kalau masih di wajan aja, udah ditungguin anak-anak. Makanya biarpun udah sering banget bikin, baru kali ini ada dokumentasinya. Inipun juga fotoinnya keburu-buru sampai blur kemana-mana hahahaha. Ada 2 penjaga cilik yang setia menemani saya ^^





POM POM POTATO

Bahan :
400 gr kentang, kupas, kukus dan panas-panas haluskan
125 gr keju cheddar parut
Sejumput garam
keju cheddar dan keju mozarella, potong dadu untuk isian
Putih telur untuk bahan pencelup
Tepung panir untuk pelapis
Minyak goreng

Cara Membuat :
1. Campur kentang dan keju cheddar hingga tercampur rata. Masukkan garam, aduk rata kembali dan test rasa hingga sesuai selera.
2. Bentuk bulat, pipihkan dan beri isian kemudian bulatkan kembali atau bisa juga dibentuk lonjong. Lakukan hingga habis.
3. Celupkan ke dalam kocokan putih telur dan gulingkan ke tepung panir hingga tertutup rata. Simpan di dalam kulkas hingga panir menempel.
4. Panaskan minyak, goreng dengan api sedang hingga matang.
5. Angkat dan tiriskan, sajikan hangat dengan saus sambal atau mayo.

Notes :
- Kalau ingin segera digoreng, simpan dahulu selama minimal 30 menit di freezer ya.
- Biasanya saya bikin malam dan disimpan di kulkas semalaman baru keesokan paginya digoreng. Sisa yang belum digoreng disimpan di wadah kedap udara dan diletakkan di freezer.




Selamat mencoba...semoga meninspirasi yaa ^^


Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
Friday, 20 January 2017 at 10:11:00 GMT+7 delete

mbak, bentuknya cantik banget pompom potatonya. saya bikin juga tapi nggak secantik bikinannya mbak.
saya mau nanya, cara mbentuk adonannya gimana yang bener ya mbak? tiap aku bentuk pasti banyak banget adonan yang nempel di tangan. akhirnya tiap sebelum mbentuk 1 pompom, saya harus naburin tangan pake tepung terigu dulu. gitu terusss sampe adonan habis. ada tips nggak mbak biar nggak lengket di tangan? terima kasih.

Reply
avatar
Thursday, 9 February 2017 at 08:01:00 GMT+7 delete

Saya gak ada tips khusus sih mbak, coba dialas plastik ya, trus plastiknya dioles sedikit minyak dulu

Reply
avatar