PASTA SAUS TUNA



 Bismillahirrohmanirrohim

Punten...postingan tentang pasta lagi, jangan bosen ya kalau pasta lagi pasta lagi yang ditulis. Maklum aja ya karena memang pasta selalu ada di lemari dapur saya dan sering sekali jadi "menu penyelamat" saat saya diburu waktu atau memang lagi males masak. Selain pasta, saya juga selalu sedia saus bolognese di kulkas. Namanya pasta kan memang biasanya berjodoh dengan saus bolognese ya hihihi. Alternatif lainnya selain memakai saus bolognese, bisa juga memakai saus putih, dimasak ala aglio e olio atau bahkan dimasak ala seblak favorit saya. Yang disebut terakhir itu mah memang asli ngaco deh, tapi percaya deh....enaaak!!

Kali ini saya membuat saus tuna. Mirip sih dengan saus bolognese namun saya memakai tuna sebagai ganti daging giling. Ya iya laaah pakai tuna,  namanya juga saus tuna hihihi. Lebih enak memakai tuna segar diambil fillet-nya kemudian dikukus dan disuwir kasar. Kali ini saya pakai tuna kalengan aja ya, hujan-hujan gini males banget mau ke pasar pagi-pagi demi berburu tuna segar. Selain becek karena hujan semalaman, juga seringnya kalau pagi tuh masih gerimis. Jadi pakai tuna kalengan gak apa-apa yaaa.




Selain digunakan untuk campuran pasta, saus ini juga biasanya saya pakai untuk olesan pizza atau untuk saus pelengkap macaroni schotel dan lasagna. Jadi memang gak rugi deh kalau nyetok saus ini di kulkas karena memang multi fungsi banget.  Pasta yang dipakai juga suka-suka aja, bisa pakai spaghetti, fettuccini atau macaroni aneka bentuk. Kali ini saya memakai pasta favorit anak-anak saya yaitu pasta bow tie yang bentuknya cantik ini. Untuk pelengkap saya suka memakai keju parut dan daun basil segar. Paling enak pakai keju parmesan, tapi karena gak punya jadi saya pakai cheddar aja. Berikut resep saus tunanya ya

SAUS TUNA

Bahan :
500 gr tomat merah
400 gr tuna kalengan
1 butir bawang bombay, cincang halus
3 siung bawang putih, cincang halus
1 kaleng (170 gr) pasta tomat  
200 gr saus tomat
200 ml air 
1 sdt oregano
1,5 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1 sdm gula pasir atau sesuai selera
2 sdm olive oil

Cara Membuat :
1. Rebus tomat hingga lunak, kupas kulitnya dan haluskan.
2. Panaskan olive oil, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu.
3. Masukkan tomat yang sudah dihaluskan, pasta tomat, saus tomat. Aduk hingga rata.
4. Tuang air, bumbui dengan garam, merica bubuk dan gula pasir. Kecilkan api dan masak hingga mendidih dan mengental.
5. Masukkan tuna kalengan dan oregano. Aduk perlahan hingga tercampur rata dan masak hingga meresap.
6. Angkat dan siap digunakan.
  
Notes :
1. Kalau tidak ada pasta tomat, bisa pakai saus tomat aja ya. Mau pakai pasta tomat tanpa saus tomat juga bisa banget kok.
2. Bila memakai fillet tuna segar, kukus hingga matang dan suwir-suwir kasar saja.
3. Tuna dimasukkan terakhir agar teksturnya tidak terlalu hancur. Kalau pakai daging giling, masukkan setelah tumisan bawang ya. Daging gilingnya diaduk hingga berubah warna baru kemudian dimasukkan tomatnya.


Tuh masih terlihat kan suwiran tuna-nya. 

Selamat mencoba...semoga bisa menginspirasi ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar