BAKED POTATO & BROCCOLI




Bismillahirrohimanirrohim

Haloo...apa kabar? Semoga selalu sehat ya. Postingan kali ini adalah tentang baked potato yang saya buat beberapa hari yang lalu. Udah pernah bikin baked potato belum? Pasti udah pernah kan. Potato wedges kan sebenarnya juga termasuk baked potato tuh ya hehehe. Kalau baked potato yang ini lain lagi, kali ini saya menambahkan broccoli dan memakai bahan tambahan berupa keju, telur dan susu. Wuiih...high fat nih pastinya. Weits...sesekali kan gak apa-apa ya, apalagi baked potato ini menurut saya mempunyai gizi yang cukup buat anak-anak saya. Karbohidrat bisa didapat dari kentang, protein berasal dari susu, telur dan keju. Broccoli sebagai salah 1 jenis sayuran pasti udah banyak yang tau donk manfaatnya. Itulah mengapa saya sebut baked potato yang ini mempunyai kandungan gizi yang lumayan juga. Rasanya juga enak kok. Baked potato and broccoli ini sebenarnya cocok untuk hidangan utama ya karena memang cukup mengenyangkan. Tapiii untuk yang bernasib seperti saya, yang beranggapan kalau belum makan nasi berarti belum makan...yaaa..cukup jadi cemilan aja ya hihihi.

Kentang yang saya gunakan dalam baked potato ini tidak saya kukus atau rebus terlebih dahulu. Cukup dipotong-potong dan dicampurkan dengan bahan-bahan lain. Apabila menyukai tekstur kentang yang lebih lembut, boleh laah dikukus atau direbus sebentar saja. Kalau menyukai menambahkan pelengkap lain, boleeh aja. Misalnya dengan menambahkan sosis atau smoked beef. Rasanya pasti juga lebih istimewa. Kalau buat saya cukup dengan kentang dan broccoli aja udah enak kok.

Untuk topping saya menggunakan keju mozarella, tapi kalau gak punya, memakai full keju cheddar juga oke aja. Saya juga memakai susu UHT biasa, boleh memakai cooking cream sehingga rasanya akan lebih gurih.





BAKED POTATO & BROCCOLI

Bahan :
500 gr kentang, potong dadu
200 gr brokoli, petik per kuntum
250 ml susu cair
2 butir telur, kocok lepas
75 gr keju cheddar parut
30 gr butter, potong dadu kecil
1 genggam parsley, cincang halus
garam dan merica bubuk secukupnya
keju mozarella untuk topping

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 180'C, siapkan loyang atau pinggan tahan panas. Oles tipis dengan margarin, sisihkan.
2. Dalam suatu wadah, campurkan kentang, brokoli, susu cair, keju parut dan garam serta merica. Aduk hingga tercampur rata kemudian masukkan kocokan telur dan parsley. Aduk hingga rata kembali.
3. Tuang ke dalam pinggan dan beri potongan butter di atasnya. Panggang selama kurang lebih 40 menit.
4. Keluarkan dari oven dan beri keju mozarella di atasnya dan panggang kembali selama kurang lebih 10 menit hanya hingga keju leleh.
5. Angkat dan segera sajikan hangat. 




Favorit saya...disajikan dengan saus sambal mayo. Enaak deh. Disajikan untuk sarapan atau makan malam oke-oke aja, yang penting disajikan hangat yaa. 

Happy baking ya...semoga menginspirasi ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
Saturday, 26 March 2016 at 08:20:00 GMT+7 delete

duhhh mba Nina, ini mkanan apaan sihhh? jadi kepengen dehhh, laper nihhh. paketin yaaaa

Reply
avatar