MUSHROOM FRITATA



 Bismillahirrohmanirrohim

Keluarga saya selalu suka dengan cemilan gurih. Kalau udah bikin yang gurih dan ngeju-ngeju gitu selalu cepat habisnya. Biasanya sih cemilan yang gurih itu gak jauh-jauh dari gorengan atau macaroni schotel, tapi kali ini saya membuat fritata. Fritata adalah salah satu makanan dari Italia yang menggunkan bahan dasar telur. Proses pembuatan cukup mudah dan simple, mirip dengan pembuatan telur dadar tetapi fritata dipanggang. Fritata bisa menggunakan berbagai bahan pelengkap, misalnya sayuran, daging, keju atau bahkan pasta.

Fritata yang saya buat ini diadaptasi dari resep fritata italia NCC. Pada resep asli menggunakan smoke chicken sebagai salah satu pelengkapnya. Karena saya tidak punya smoke chicken, sebagai gantinya saya memakai daging giling dan irisan jamur kancing. Saya tambahkan juga paprika merah di dalamnya. Bisa juga memakai pelengkap ayam giling, smoke beef, sosis atau bahkan kornet. Kalau gak punya paprika merah, bisa juga memakai irisan cabe merah, enaaak juga, saya udah pernah nyobain.



MUSHROOM FRITATA

Bahan :
1 butir bawang bombay, cincang halus
5 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
150 gr daging giling
10 jamur kancing, iris tipis
1/2 paprika merah, potong dadu kecil
1 sdt merica hitam
1 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk non MSG
1/4 sdt gula pasir
12 butir telur
75 gr keju cheddar parut
3 sdm parsley cincang
3 sdm olive oil

Cara Membuat :
1. Panaskan olive oil, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
2. Masukkan daging giling, aduk hingga berubah warna. Masukkan jamur dan paprika kemudian bumbui dengan garam, merica hitam, kaldu dan gula. Aduk hingga rata dan test rasa hingga sesuai selera.
3. Kocok telur hingga rata, saya menggunakan mixer sebentar saja hingga telur berbusa. Masukkan keju parut dan parsley. Aduk hingga rata.
4. Siapkan loyang muffin, beri tumisan daging hingga 1/3 penuh kemudian tuang adonan telur hingga penuh. Lakukan hingga habis.
5. Panggang dengan suhu 200'C selama kurang lebih 20 menit atau hingga matang.
6. Angkat, keluarkan dari loyang dan sajikan dengan saus sambal favorit.





Selain untuk cemilan keluarga, fritata ini bisa juga menjadi salah satu alternatif isian snack box. Letakkan fritata di atas paper cup, tambahkan saus sambal sachet, cantiik deh jadinya. 

Happy baking...semoga bermanfaat ya

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

komentar
Anonymous
Tuesday, 24 May 2016 at 13:08:00 GMT+7 delete

Assalamu'alaikum mba nina,

Sebagai penggemar blog mba nina :D saya mau tanya ttg resep di atas.
Mba nina ketika buat fritata, jumlah telur kocoknya sampai 12 telur? atau disesuaikan dgn adonannya? Ko saya ngerasa kebanyakan yah.. heheheheh..

-Ade

Reply
avatar
Friday, 27 May 2016 at 20:19:00 GMT+7 delete

Halo Ade, iya betul saya memakai 12 telur seperti pada resep. Tapi jumlah telur bisa lah disesuaikan dengan bahan-bahan yang ada, tinggal mengkonversikan resep aja

Reply
avatar
Wednesday, 21 December 2016 at 14:00:00 GMT+7 delete

Mba klo bikin fritata pake pinggan tahan panas bisa ga mba? Sekalian gede gt dan lgpula sy ga punya cetakan muffin..dgn 12telor itu bisa jd berapa banyak? Pinggan tahan panas sy seukuran 20x10 tinggi 7cm mba..
Kalo mau ditambah pasta..dicampurnya bareng daging gilingkah?

Reply
avatar