CHIFFON CAKE COKLAT



Bismillahirrohmanirrohim

Halooo...kita bikin cake lagi yuuk. Kali ini saya pengen bikin chiffon cake. Ngebet banget deh pengen bikin chiffon cake coklat, eh tapiiii ternyata coklat bubuknya gak ada. Ya wiiis lah, pakai pasta coklat aja yang penting warnanya coklat hihihi. Ternyata setelah jadi, warna bagian dalamnya juga coklatnya malu-malu aja nih, gak bisa coklat gelap. Ya iyaa lah cuma pakai pasta coklat ya. Padahal kalau pakai coklat bubuk, bisa cakep deh hasilnya. It's oke lumayan laah buat tombo pengen makan chiffon cake.

Ada yang merasa "tricky" membuat chiffon cake? Yeeess...dulu saya juga merasa gitu. Waktu awal-awal baking dulu, butuh beberapa kali remidi sampai akhirnya bisa jadi chiffon cake-nya. Pertama kali dulu adonan sukses luber dari loyangnya karena waktu itu gak mudeng dengan konversi loyang, asal tuang aja padahal loyangnya kekecilan hahaha. Trus pernah juga chiffon cake-nya mengkerut alias gak bisa menul-menul gitu, mungkin karena kocokannya gak benar ya. Ada juga ngerasain chiffon cake yang hancur gara-gara gak bisa ngeluarinnya dari loyang dan beberapa kejadian lainnya. Pokoknya lengkap deh sampai akhirnya bisa bikin chiffon cake yang "lumayan berhasil". Jadi...memang harus berani untuk coba dan gagal untuk bisa menguasai salah satu jenis cake. Saya pun juga bukan pernah gagal lagi, tapi sering laah hihihi. Buat yang belum berhasil bikin chiffon cake, jangan lelah untuk mencoba lagi ya. Jangan pula nyalahin resep kalau belum berhasil, karena semua kembali lagi pada "tangan" masing-masing ya. Resep sama tapi tangan beda, hasilnya juga beda kaan. 




Kembali lagi ke chiffon cake yang "agak coklat" ini ya. Base resepnya saya memakai resep chiffon favorit saya yaitu chiffon cake pandan NCC. Udah pada tau kan resepnya karena resep ini mah udah kondang banget. Dulu saya juga sudah pernah posting juga. Saya tuliskan lagi yang sudah dimodifikasi menjadi chiffon cake coklat.

CHIFFON CAKE COKLAT

Bahan Adonan Pasta :
50 gr gula pasir
20 gr susu bubuk full cream
20 gr maizena
140 gr tepung terigu protein sedang
1 sdt baking powder double acting (saya pakai baking powder biasa)
100 ml minyak sayur
100 ml susu cair
140 gr kuning telur (kurang lebih dari 9 kuning telur)
1 sdt pasta coklat

Bahan Adonan Putih Telur :
300 ml putih telur (kurang lebih dari 9 putih telur)
150 gr gula pasir
1/2 sdt garam halus
 1 sdt air perasan lemon / jeruk nipis

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 150'C, siapkan loyang chiffon tanpa dioles apapun. Masukkan loyang chiffon ke dalam oven sementara oven dipanaskan.
2. Adonan Pasta : Campur dan ayak susu bubuk, maizena dan tepung terigu kemudian campur dengan gula pasir dan baking powder. Aduk hingga rata kemudian buat lubang di tengahnya, tuang kuning telur dan aduk searah dari arah dalam menggunakan hand whisk sambil dituangi minyak sayur dan susu cair.
3. Aduk hingga menjadi adonan pasta halus kemudian masukkan pasta coklat. Aduk hingga rata. Sisihkan.
4. Adonan Putih Telur : Kocok putih telur, gula pasir, garam dan air lemon hingga soft peak (bila gagang mixer diangkat, akan membentuk jambul tumpul).
5. Tuang 1/3 bagian adonan putih telur ke adonan pasta, aduk balik menggunakan spatula hingga rata kemudian tuang kembali ke adonan putih telur. Aduk rata.
6. Keluarkan loyang chiffon dari oven, percikkan sedikit air ke dinding loyang kemudian tuang adonan.
7. Panggang selama kurang lebih 70-90 menit (tergantung masing-masing oven ya) hingga matang dan kokoh. Lakukan test tusuk dan tekan perlahan permukaan cake, apabila ketika ditekan permukaannya kembali membal berarti sudah matang.
8. Keluarkan loyang dari oven dan segera balikkan loyang dengan disangga kaki-kaki loyang. Apabila menggunakan loyang tulban biasa bisa disangga dengan menggunakan botol. Biarkan loyang dalam keadaan terbalik hingga benar-benar dingin.
9. Setelah dingin, keluarkan chiffon cake dari loyangnya. Sajikan.

Note :
- Karena ukuran telur yang berbeda, lebih baik putih dan kuning telur yang dipakai ditimbang aja ya. 9 telur yang saya gunakan dalam chiffon cake ini adalah telur ukuran standar.
- Loyang chiffon ikut dipanaskan dalam oven agar rapat di bagian bongkar pasangnya sehingga adonan tidak merembes keluar. Apabila memakai loyang tulban biasa tidak perlu dipanaskan ya. 




Tuh beneran kan....warna coklatnya malu-malu keluarnya hihihi. Gak apa-apa yang penting bisa menikmati chiffon cake coklat. Eh ya coretan coklat putih itu sih sesuai selera aja ya, gak pakai juga tetap enak kok. Ini juga nurutin adek yang suka banget ama coklat putih dan Bundanya cuma punya WCC ini . Melaas yaa >_<




Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya.
Happy Baking ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

komentar
Friday, 19 February 2016 at 15:09:00 GMT+7 delete

bunda, kalau pasta diganti coklat bubuk takarannya brpa? terigu perlu dikurangi kah?
trmakasih sblmnya

Reply
avatar
Tuesday, 23 February 2016 at 01:56:00 GMT+7 delete

Cakep mbak...coretan coklatnya jadi bikin chiffonnya tambah cantik. Saya jadi terinspirasi dengan coretan coklatnya..hehee...

Reply
avatar
Wednesday, 21 September 2016 at 12:58:00 GMT+7 delete

Mba kalo pake loyang tulban biasa apa ga susah pas ngeluarin cakenya. Kan ga pake d oles loyangnya ???

Reply
avatar
Thursday, 22 September 2016 at 21:21:00 GMT+7 delete

lebih susah dikeluarkan, kalau pakai loyang tulban biasa saya ngirisnya di dalam loyang hihihi

Reply
avatar