SOSIS SOLO



Bismillahirrohmanirrohim

Back to daily activities...Libur tlah usai yaa hihihi. Saya mah gak lama-lama liburnya, cukup 4 hari aja ngajak anak-anak jalan dan main dengan sepupunya. Alhamdulillah biar cuma sebentar tapi bisa menyegarkan pikiran. Nah sekarang ini semangat untuk ke dapurnya belum balik lagi, masih males-malesan, belum bikin cemilan, masak juga masih muter-muter antara menu penyetan dan sayur asem hahaha. Jadilah saya posting foto lama aja yaa...tuh liat wm-nya masih tahun 2015 >_<

Sebagai pecinta gorengan kelas berat, pastinya saya juga hoby banget dengan sosis solo. Jajanan yang satu ini sesuai dengan namanya berasal dari Solo. Terbuat dari dadar tipis yang berisi ayam atau daging cincang yang gurih dan digoreng kembali dengan balutan kocokan telur. Duuuh...enak banget. Sosis solo ini mirip-mirip ya dengan risoles, tapi tidak menggunakan panir. Untuk membuat sosis solo saya suka menambahkan santan dalam adonan kulit dan isiannya, jadi rasanya lebih gurih. Kalau kurang suka, bisa aja hanya memakai air biasa kok. Isiannya saya juga lebih suka memakai ayam, iriiit kan bu hihihi. Sosis solo ini sekarang udah mulai familiar juga ya, gak kalah deh ama risoles. Mulai banyak juga kan yang menjadikan sosis solo ini sebagai salah satu isian snack box.




Resepnya sudah pernah saya posting dulu ya, saya tuliskan lagi disini

SOSIS SOLO


Bahan Kulit :
300 gr tepung terigu serbaguna
4 butir telur
30 gr margarin, lelehkan
1-1,5 sdt garam
1 sdm gula pasir
500 ml santan atau air

Cara Membuat Kulit :
1. Campur tepung terigu, garam, gula dan telur. Aduk hingga rata.
2. Tuang santan atau air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata dan tidak bergerindil. Bisa juga dikocok sebentar menggunakan mixer speed rendah ya.
3. Masukkan margarin leleh, aduk hingga rata.
4. Panaskan wajan dadar anti lengket, buat dadar tipis-tipis. Lakukan hingga habis.

Bahan Isian :
400 gr ayam cincang kasar
3 bawang merah, haluskan
2 bawang putih, haluskan
1,5 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
100 ml santan
2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat Isian :
1. Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan ayam cincang, aduk hingga berubah warna.
2. Bumbui dengan garam, gula pasir dan merica bubuk. Aduk hingga rata kemudian tuang santan.
3. Masak hingga santan menyusut dan ayam kering. Siap digunakan.

Assembly :
1. Ambil selembar kulit, beri isian secukupnya dan gulung sambil dipadatkan, lipat seperti amplop dan lekatkan ujungnya memakai putih telur atau cairan terigu.
2. Kocok lepas telur, celupkan sosis solo.
3. Panaskan minyak, goreng sosis solo hingga kecoklatan.
4. Angkat dan tiriskan. 




Gurih bangeet!! Dinikmati dengan saus sambal atau cabe rawit udah enak banget. Atau cobain deh cocolin sambel kecap ala saya, enaak juga hihihi.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »