NASI BAKAR AYAM PEDAS



Bismillahirrohmanirrohim

Berganti tahun 2016....semoga semakin barokah di tahun ini, senantiasa diberi kesehatan, kebahagiaan dan rezeki yang berkah. Aamiin Allahumma Aamiin

Postingan pertama di tahun ini tapi bikinnya udah dari tahun lalu alias bulan Desember hehehe. Lagi pengen banget bikin nasi bakar, tapi seringkali terkendala waktu jadinya ya gak bikin-bikin. Akhirnya diniatin bener-bener deh, pagi-pagi udah prepare bahan dan langsung uprek di dapur. Kali ini saya bikin nasi bakar ayam pedas. Sebenarnya sih pengennya bikin nasi bakar ayam jamur pedas, tapi di tukang sayur langganan gak ada jamurnya. Daripada harus nguber jamur ke pasar, ya udah lah saya bikin pakai bahan yang ada aja.

Resepnya sih kurang lebih sama aja dengan resep yang dulu-dulu sudah pernah saya posting. Pelengkapnya juga bisa disesuaikan dengan selera aja. Bisa juga lho bikin nasi bakar dengan memakai ayam suwir teriyaki yang kemarin saya posting disini. Untuk membuat nasi bakar dengan tekstur yang pas, selalu kenali karakter beras yang kita pakai karena akan berpengaruh pada takaran santan. Jadi bisa juga takaran santan pada resep dikurangi atau ditambahkan ya.







NASI BAKAR AYAM PEDAS

Bahan Nasi :
500 gr beras
800 ml santan (bisa ditambahkan atau dikurangi tergantung kondisi beras ya)
1 batang serai,memarkan
3 helai daun salam
1 sdm garam atau sesuai selera
Daun pisang 
Daun kemangi 
Daun salam 

Cara Membuat :
1. Didihkan santan, masukkan daun salam, serai dan garam.
2. Masukkan beras yang sudah dicuci bersih, masak sambil sesekali diaduk hingga ke dasar panci hingga santan menyusut. Apabila santan sudah menyusut dan tekstur beras dirasa masih keras, bisa ditambahkan lagi santan yang sudah dididihkan terlebih dahulu dan masak kembali hingga santan menyusut.
3. Diamkan sejenak hingga agak hangat kemudian kukus hingga matang selama kurang lebih 30 menit. 
4. Nasi siap digunakan

Bahan Ayam Suwir Pedas :
500 gr fillet ayam ---> rebus hingga matang dan suwir-suwir
1 batang serai, memarkan
2 helai daun salam
2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
1 sdm kecap manis
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus Ayam Suwir Pedas :
7 butir bawang merah
3 siung bawang putih
150 gr cabe merah
5 cabe rawit atau sesuai selera

Cara Membuat Ayam Suwir Pedas :
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan serai dan daun salam, aduk hingga rata.
2. Bumbui dengan garam, gula pasir dan merica bubuk kemudian masukkan ayam suwir. 
3. Masukkan kecap manis, aduk rata dan test rasa hingga sesuai selera.
4. Angkat dan siap digunakan

Penyelesaian :
1. Ambil selembar daun pisang, beri daun salam di atasnya kemudian letakkan nasi sambil dipadatkan.
2. Beri suwiran ayam dan daun kemangi kemudian bungkus dengan rapi. Lakukan hingga habis.
3. Bakar nasi sambil dibalik-balik hingga daun layu dan berwarna kecoklatan
4. Angkat dan sajikan hangat.

Nasi bakar ini enak sekali bila disajikan dengan lalapan dan sambal. Kali ini saya gak bikin sambal karena ayam suwirnya sudah cukup pedas. Sssttt...adek suka banget dengan nasi bakar ini sampai-sampai ada pesan sponsor, "Bund...besok buatin lagi ya." Sayangnya besoknya bundanya udah gak sempat bikin nasi bakar karena harus kejar tayang sebelum tahun baru hihihi. In shaa Allah bulan ini dibuatin lagi ya ^^

Happy cooking...semoga bermanfaat ya

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

5 komentar

komentar
Sunday, 3 January 2016 at 16:10:00 GMT+7 delete

fotonya selalu cetarr as always mbak...mau nasi bakarnya mbak,,,pasti wangi

Reply
avatar
desy
Wednesday, 6 January 2016 at 23:35:00 GMT+7 delete

Bund.. Klo bakarnya pake teplon bisa gak yaa hehehe

Reply
avatar
Monday, 25 January 2016 at 15:48:00 GMT+7 delete

Keren mba fotonya.resepnya juga oke.lgs pengen nyoba..izin copy ya😘

Reply
avatar