KETOPRAK



Bismillahirrohmanirrohim

Ketoprak adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang sudah sangat familiar. Biasanya ketroprak dijajakan di kaki lima ataupun menggunakan gerobak dorong berkeliling. Kalau di Jakarta sana pasti gampang banget ya cari abang-abang penjual ketoprak. Saya tuh kalau pas mudik ke rumah mertua, hampir tiap hari deh nyegat abang ketoprak yang lewat depan rumah hihihi. Lain halnya dengan di daerah tempat tinggal saya di Jawa Timur sini, susaaah banget cari penjual ketoprak. Kalaupun ada menurut saya bumbunya malah mirip bumbu gado-gado hehehe. Kebetulan beberapa waktu lalu saya dan keluarga makan siang di Kafe Betawi di Sutos Surabaya dan pak suami pesan ketoprak. Duuuh...ternyata ketopraknya enaak, rasanya otentik lah gak seperti yang biasanya saya temui disini. Dan gara-gara itu juga, saya jadi inget ketoprak sampai diniatin bikin sendiri di rumah.

Ketoprak terdiri dari irisan ketupat, tahu goreng, bihun dan tauge yang dicampur menjadi satu dengan bumbu kacang. Pelengkap lainnya tentu saja adalah bawang merah goreng dan krupuk atau emping melinjo. Cuma kalau versi saya, ditambahin lagi dengan telur rebus dan selada, kan biar tambah banyak gizinya gituuu hihihi. Eh ya katanya malah ada juga lho ketoprak yang memakai tempe, tapi saya belum pernah tau juga sih.

Bagi saya dan suami, ketoprak yang enak tuh yang bumbunya kental dan pedas. Jadi saya bikin disesuaikan selera kami berdua. Monggo dimodifikasi dengan selera keluarga yaa. Kalau di abang-abang penjual ketoprak biasanya bumbu diracik di piring ya, baru kemudian ditambahkan pelengkapnya, tapi kalau saya gak deh ntar bisa pecah deh tuh piring kalau saya yang ngeracik >_<




KETOPRAK

Bahan :
Bihun kering
Tahu, potong dadu dan goreng (saya suka yang 1/2 matang)
Tauge
Ketupat
Bawang merah goreng
Kerupuk atau emping melinjo
Telur rebus (optional)

Bumbu Kacang :
200 gr kacang tanah goreng
7 siung bawang putih goreng
10 cabe rawit
2 sdm irisan gula merah
Garam secukupnya
1 sdt cuka masak
5 sdm kecap manis
300 ml air matang atau secukupnya

Cara Membuat :
1. Seduh bihun kering atau bisa juga direbus hingga lunak. Angkat dan tiriskan.
2. Seduh tauge hingga agak lunak. Sisihkan.
3. Haluskan kacang tanah goreng, bawang putih, cabe rawit, gula merah dan garam. Tambahkan cuka masak, kecap manis dan air. Aduk hingga rata.
4. Siapkan piring saji, tata semua bahan di atasnya kemudian siram dengan bumbu kacang dan taburi bawang goreng.
5. Sajikan




Gak mirip kah dengan aslinya? Anggap aja ini ketoprak KW ala saya ya hahaha. Alhamdulillah kalau saya dan suami suka banget. Anggap aja tombo kangen ya, gak usah nunggu mudik dulu buat makan ketoprak.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
Friday, 15 January 2016 at 06:49:00 GMT+7 delete

ketoprak asli Jakarta, makasih resepnya mbak.

Mampir ke blog lia juga ya, <a href="http://www.posresep.com/2016/01/resep-spaghetti-carbonara-keju-kraft.html</a>resep spaghetti carbonara</a> enak spesial asli italia modern.

Reply
avatar
Anonymous
Friday, 15 January 2016 at 08:15:00 GMT+7 delete

Salam. Kalo ketoprak emang make cuka ya Mbak Nina?

Ika

Reply
avatar