BAKED CHICKEN LEMON ORIENTAL



Bismillahirrohmanirrohim

Suka banget deh dengan menu olahan ayam panggang gini. Biarpun untuk memanggangnya membutuhkan waktu yang lumayan lama, tapi hasilnya jadi meresap banget bumbunya. Saya suka bikin pakai saus tiram, saus teriyaki atau ala-ala chicken oriental gini nih. Cukup diaduk-aduk aja kan sausnya dan sewaktu ayam sudah masuk oven kita bisa tinggal untuk mengerjakan yang lain. Praktiiiss.

Sebenarnya ini mirip dengan chicken oriental yang sudah pernah saya posting beberapa waktu yang lalu, hanya kali ini saya tambahkan lemon. Kerasa banget bedanya, selain gurih ada juga rasa asam dan harum lemon. Rasa asamnya samar aja kok, gak terlalu kuat.  Enak deh, recomended untuk dicobain.




BAKED CHCIKEN LEMON ORIENTAL

Bahan :
500 gr ayam, potong-potong
1 sdm air lemon
1 sdt garam
2 sdm olive oil
wijen dangrai untuk taburan

Bumbu Perendam :
1/2 bawang bombay, iris tipis
3 siung bawang putih, memarkan dan cincang
5 sdm kecap manis
2 sdm saus tiram
1 sdm minyak wijen
1 sdm air lemon
1/2 buah lemon, iris tipis beserta kulitnya
garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya

Cara Membuat :
1. Kucuri potongan ayam dengan air lemon, beri garam dan aduk rata. Biarkan 10 menit.
2. Panaskan olive oil di wajan anti lengket, goreng ayam sebentar saja, Angkat dan tiriskan.
3. Campur semua bumbu perendam, masukkan potongan ayam. Aduk hingga rata kemudian pindahkan ke pinggan tahan panas atau loyang. Tutup dengan alumunium foil.
4. Panggang dengan suhu 180'C selama 20 menit, buka alumunium foilnya, oles-oles ayam dengan bumbu perendam di dasar pinggan kemudian lanjutkan memanggang lagi selama kurang lebih 20 menit atau hingga bumbu meresap dan menyusut.
5. Angkat, taburi wijen sangrai dan siap disajikan.




Truuus makannya pakai apa donk? Enak dimakan pakai kentang goreng, potato wedge atau mash potato. Tapi kalau anak saya mah tetap pakai nasi hahaha. Kalaupun ada kentang, ya ntar digadoin aja ama mereka. Makluuum anak Indonesia banget, harus ketemu nasi >_<

Selamat mencoba yaaa...Happy Cooking ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »