5TH ANNIVERSARY LBT : BICA BLANCA CAKE



Bismillahirrohmanirrohim

Happy 5th Anniversary my LBT. LBT adalah grup baking pertama yang saya ikuti, yang banyak memberikan inspirasi dan manfaat buat saya dan member lainnya. Saya bergabung dengan LBT bulan Februari 2011, jadi saya memang bergabung pada PR LBT yang ke-2. Semoga LBT bisa terus memberikan inspirasi dan manfaat ya. In shaa Allah.

Alhamdulillah setelah lama vakum, kali ini ada PR lagi dari LBT dan temanya adalah Bica Blanca Cake. Apakah itu? Bica blanca cake adalah cake yang berasal dari Spanyol dan termasuk dalam tipe white cake karena diolah dari putih telur. Karena hanya memakai putih telur ada juga yang menyebutnya sebagai "white bica". Bahan-bahan yang digunakan cukup simpel yaitu putih telur, gula pasir, tepung terigu dan whipcream. Biasanya bica blanca cake menggunakan kayu  manis bubuk sebagai taburan di atasnya. Kalau tidak suka, bisa aja kok disubstitusi dengan yang lain, misalnya coklat bubuk atau gula halus. 

Bica blanca cake ini bisa jadi salah satu alternatif untuk mengolah sisa putih telur. Biasanya kalau bikin cake yang memakai lebih banyak kuning telur, kan pasti disimpan tuh sisa putih telurnya. Seperti di freezer saya, pasti ada stok putih telurnya hihihi.

Untuk resepnya saya memakai yang disharing teh Vivi Nowotny di grup tanpa merubah sedikitpun, bener-bener nyontek plek, cuma menambahkan vanilla aja. Pengen sih bikin yang dimodif macam-macam, tapi saya pengen tau rasa dan tekstur versi aslinya. Ntar deh in shaa Allah bikin juga versi yang dimodif.







BICA BLANCA CAKE

Bahan :
6 putih telur
325 gr gula pasir
sejumput garam
250 gr tepung terigu
250 ml whipcream cair
1 sdt vanilla
kayu manis bubuk secukupnya untuk taburan

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 170'C, siapkan loyang (saya pakai ukuran 20x20 cm), oles dengan margarin, alasi kertas roti dan olesi margarin kembali. Sisihkan.
2. Kocok putih telur dengan sejumput garam, masukkan gula pasir sedikit demi sedikit. Kocok hingga kaku (stiff peak).
3. Masukkan tepung terigu yang sudah diayak sedikit demi sedikit sambil terus dikocok dengan speed rendah hingga tercampur rata. Sisihkan.
4. Kocok whipcream hingga mengembang dan soft peak kemudian masukkan ke dalam adonan putih telur. Aduk memakai spatula hingga tercampur rata.
5. Tuang ke dalam loyang, taburi kayu manis bubuk dan panggang selama kurang lebih 35-40 menit atau tergantung masing-masing oven ya. Lakukan test tusuk.
6. Angkat, biarkan dingin baru dikeluarkan dari loyang dan potong-potong.

Note :
Bila tidak ada whipcream cair, bisa memakai whipcream bubuk yang dicairkan terlebih dahulu, yaitu 100 gr whipcream bubuk dicampur dengan 150 ml air dingin, kemudian dikocok hingga mengembang.




Teksturnya padat dan lembut, lumayan banget untuk teman nge-teh di sore hari. Alhamdulillah. Pengen deh saya bikin yang versi pandan tapi gak cocok ya kalau pakai taburan kayu manis hihihi.

Happy Baking...semoga bermanfaat yaa...salam LBT ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »