SUS KEJU



Bismillahirrohmanirrohim

Bikin sus lagiiii. Entah kapan saya bosan dengan sus dan karena saya suka takut beli sus di luar, jadinya saya lumayan sering bikin sus sendiri. Eeehh...emang kenapa kok saya suka takut beli sus di luar? Hmmm...jujur saya takut kalau vla sus-nya mengandung rhum ataupun essense rhum. Kalau bikin sendiri saya tentunya menggunakan bahan-bahan yang sudah pasti halal. It's just my humble opinion ya ^^

Kali ini saya bikin sus keju. Sebenarnya sama aja dengan sus yang biasa saya bikin tapi di adonan dan vla-nya saya tambahkan keju. Untuk hasil yang ngeju memang lebih baik menggunakan keju edam atau parmesan, tapi karena saya cuma punya cheddar ya wis lah pakai itu aja. Untuk memudahkan dalam mencetak sus yang menggunakan spuit, pastikan keju diparut halus ya. Kalau kejunya cuma diparut kasar, nanti masih nyangkut-nyangkut di spuitnya walaupun sudah dikocok menggunakan mixer. Resep sus ini saya tetap memakai resep yang biasa saya pakai. Kayanya udah sering banget saya posting ya hehehe. Beberapa tips yang mungkin membantu dalam proses pembuatan sus, silahkan bisa dilihat lagi disini ya.







SUS KEJU

Bahan :
125 gr margarin
200 ml air
1/4 sdt garam
150 gr tepung terigu (saya mix tepung protein tinggi dan protein sedang)
3 butir telur ukuran besar
50 gr keju parut (bisa pakai cheddar, edam atau parmesan)
keju cheddar secukupnya untuk taburan

Cara Membuat :
1. Masak margarin, air dan garam sambil diaduk hingga mendidih. Masukkan tepung terigu, aduk rata hingga kalis, angkat dan biarkan hangat.
2. Setelah hangat, masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga tercampur rata kemudian masukkan keju parut. Kocok rata.
3. Masukkan adonan ke plastik segitiga yang sudah diberi spuit kemudian semprotkan di atas loyang yang sudah dioles margarin.
4. Panggang suhu 190-200'C selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang.
5. Angkat dan dinginkan di atas cooling rack

VLA KEJU

Bahan :
500 ml susu cair
75 gr gula pasir 
50 gr maizena, larutkan dengan sedikit air atau susu
2 kuning telur, kocok lepas
1 sdt vanilla essense
75 gr keju parut
1 sdm butter

Cara Membuat :
1. Campurkan larutan maizena dan kuning telur, aduk rata dan sisihkan.
2. Masak susu dan gula hingga mendidih dan gula larut.
3. Tuang larutan maizena dan telur sambil diaduk cepat hingga mengental. Biarkan mendidih sekali lagi dan matikan api.
4. Masukkan keu parut dan butter, aduk rata hingga butter leleh.
5. Masukkan vanilla, aduk rata dan dinginkan hingga siap digunakan.




Ssssttt...saya mah paling suka makan sus yang baru dikeluarkan dari oven, masih hangat dan kriuk-kriuk. Tanpa vla juga gak masalah buat saya atau bisa juga saya kasih olesan selai coklat atau selai kacang. Masya Allah...nikmatnya ^^

Happy Baking...semoga bermanfaat ya

KEPITING SAUS PADANG



Bismillahirrohmanirrohim

Seperti biasa kalau belanja ke pasar, saya pasti berhenti di sudut favorit saya yaitu di ibu penjual ikan dan hasil laut. Selalu suka liat ikan segar berderet di nampan dan kalau udah gitu pasti saya ngiler untuk beli. Maklum kami sekeluarga suka sekali dengan menu ikan dan hasil laut lainnya. Kemarin itu saya gak beli ikan karena saya pengen masakin kepiting buat suami saya. Kalau saya menikmati menu kepiting, wajib ditemani suami karena saya paling males banget nyungkil-nyungkil daging kepitingnya, maunya tinggal makan aja hahaha. Pokoknya saya tinggal nungguin hasil kerja keras suami ngorek-ngorek daging kepitingnya >_<

Saya cuma beli 3 ekor kepiting dengan berat kurang lebih 600 gr, lumayan besar juga. Suami saya suka olahan kepiting yang simpel-simpel aja seperti dimasak mentega atau saus tiram. Nah...kali ini saya bikin kepiting saus padang yang pedeeees. Tumben ya masak yang super pedes hehehe, ini mah karena untuk anak-anak udah dimasakin udang saus tiram favorit mereka. Pokoknya hari ini temanya sea food. Gak apa-apa ya sesekali makan yang high cholesterol gini, kan gak sering juga. Ngebayangin makan kepiting saus padang ditemani nasi hangat aja kayanya udah laper duluan atuh ^^




KEPITING SAUS PADANG

Bahan :
3 ekor kepiting (kurleb 600 gr)
1/2 butir bawang bombay, cincang halus
2 cabe merah besar, iris
5 sdm saus sambal
3 sdm saus tomat
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap ikan
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
200 ml air
1 batang daun bawang, potong-potong
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
5 siung bawang putih
3 butir bawang merah
4 cabe merah
5 cabe rawit

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama bawang bombay dan cabe hingga harum.
2. Masukkan saus tomat, saus sambal, saus tiram dan kecap ikan. Aduk hingga rata.
3. Tambahkan garam, gula pasir dan merica bubuk. Masak sambil diaduk-aduk hingga meletup-letup.
4. Tuang air, masak hingga mendidih. Test rasa hingga sesuai selera.
5. Masukkan kepiting, aduk rata hingga matang dan terbalut saus. Sesaat sebelum diangkat masukkan daun bawang, aduk rata.
6. Sajikan hangat.

Simpel aja kan masaknya, tapi Alhamdulillah nikmat sekali. Besok back to the basic ya, makannya pakai tempe goreng tepung favorit hihihi.

Happy Cooking....semoga bermanfaat ^^

TAHU BAKSO AYAM JAMUR



Bismillahirrohmanirrohim

Yang namanya gorengan tuh selalu di hati ya, kok saya kayanya gak bosen-bosen makannya. Mulai dari pisang goreng sampai bakwan, saya suka semua. Padahal...minyaknya itu lhooo. Faktor "minyak" itu juga yang bikin saya sebisa mungkin menghindari jajan gorengan di luar. Bukan berarti anti jajan gorengan sih, kadang-kadang masih tergiur juga. Tapi yang pasti gak boleh sering-sering, lebih baik bikin aja di rumah.

Beberapa hari yang lalu, entah ada angin apa kok saya tiba-tiba ingat tahu bakso ala Ungaran yang terkenal itu. Nah...gak mungkin beli juga kan ya, secara Ungaran jauh banget dari rumah saya. Karena lagi pengen banget, niat lah saya bikin. Gak mirip juga sih kalau dibandingkan tahu bakso Ungaran, yang ini mah lebih cocok dibilang tahu bakso ala saya aja ya hihihi. Soalnya kalau dibandingkan ala Ungaran, entah ini versi KW berapa >_<

Kebetulan saya punya jamur tiram dan ayam, jadilah saya bikin tahu bakso ayam jamur. Dulu saya pernah juga posting tahu bakso ayam udang, nah...resepnya mirip-mirip lah. 







TAHU BAKSO AYAM JAMUR

Bahan :
5 kotak tahu, potong segitiga, rendam di air yang diberi garam
150 gr fillet ayam, cincang
100 gr jamur tiram, cincang
1 butir telur ukuran sedang atau 2 butir bila ukurannya kecil
100 gr tepung tapioka
2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
1 batang daun bawang, iris-iris
minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus :
2 siung bawang putih
1 butir bawang merah

Pelapis (optional) :
1 butir telur kocok lepas
(bisa juga pakai tepung bumbu atau tanpa pelapis juga oke)

Cara Membuat :
1. Campurkan ayam cincang, jamur cincang, telur, garam, merica bubuk dan gula pasir, aduk rata kemudian haluskan  dengan memakai food processor atau blender hingga lembut.
2. Masukkan tepung tapioka, aduk rata tetapi jangan terlalu diuleni agar tidak alot.
3. Masukkan daun bawang, aduk hingga rata. Lakukan tes rasa, kalau saya dengan cara mengukus sedikit adonan.
4. Buat lubang di tengah tahu dengan memakai pisau kecil, kemudian isikan adonan ayam jamur. Lakukan hingga habis.
5. Kukus selama kurang lebih 15-20 menit. Angkat dan biarkan hangat.
6. Panaskan minyak, celupkan tahu bakso ke kocokan telur dan goreng hingga kecoklatan.
7. Angkat dan tiriskan. Sajikan hangat dengan cabe rawit atau saus sambal.




Menikmati gorengan anget tuh emang nikmat luar biasa yaa. Alhamdulillah.,,kesampaian juga makan tahu bakso idaman. ^^

Happy cooking, semoga bermanfaat ya.

PUDING BUAH NAGA - MANGGA



Bismillahirrohmanirrohim

Masih tentang buah naga, maklum lagi musim dan harganya juga murmer nih. Kalau saya mah gak ada bosennya makan buah naga, jadi di rumah memang selalu sedia. Setelah kemarin bikin sorbet buah naga, kali ini saya bikin puding buah naga - mangga. Lho kok ada mangganya juga ya hehehe. Tadinya mau bikin puding buah naga lapis puding vanilla aja, tapi masih ada sedikit mangga podang di rumah, jadi akhirnya saya bikin puding sekalian. Karena memang cuma ada sedikit mangga, jadi saya juga cuma ambil sedikit adonan puding kemudian ditambahkan mangga. Sebenarnya lebih cantik kalau puding lapisnya dibuat sama tebalnya. Kontras banget kan ya warna buah naga dan mangga. Seger banget deh liatnya. Eh ya biarpun katanya nih udah mulai masuk musim penghujan, tapi di tempat saya tuh belum tiap hari didatangi hujan. Kalau siang juga masih panas dan gerah, jadi cocok aja kan kalau menikmati puding dingin.

Resep pudingnya bisa pakai resep andalan masing-masing. Saya sih kalau bikin puding suka menyesuaikan aja dengan bahan yang ada di rumah. Kalau ada whipcream bubuk ya dipakai, bisa juga pakai WCC atau white cooking chocolate atau coklat masak putih. Atau kalau punya susu kental manis, ya bisa juga dipakai. Benar-benar sesuai stok aja hihihi. Kali ini saya cuma punya susu cair, jadi saya bikin puding buah ini pakai resep yang benar-benar simple, yaitu cuma pakai agar-agar bubuk, gula pasir, susu dan buahnya. Tadinya mau pakai jelly bubuk, biar ada "kenyal-kenyal" gitu, tapi lupaa euy >_<




Saya hanya membuat 1/2 dari resep yang saya tulis berikut. Itupun juga menyesuaikan mangga yang saya punya. Penggunaan cairan saya kurangi karena buah naga dan mangga sendiri juga mengandung kadar air yang banyak. Monggo disesuaikan selera aja ya.

PUDING BUAH NAGA - MANGGA

Bahan Lapisan Buah Naga :
1 bungkus (7 gr) agar-agar bubuk plain
600 ml susu cair
100 ml air
100 gr gula pasir atau sesuai selera
500 gr daging buah naga

Bahan Lapisan Mangga :
1 bungkus (7 gr) agar-agar bubuk, plain
600 ml susu cair
100 ml air
100 gr gula pasir
400 daging buah mangga 

Cara Membuat :
1. Blender buah naga dengan air kemudian masukkan ke dalam panci yang berisi campuran agar-agar bubuk, gula pasir dan susu. Aduk hingga rata.
2. Masak dengan api sedang sambil diaduk hingga mendidih kemudian tuang ke dalam cetakan. Biarkan hingga agak set dan berkulit.
3. Blender mangga dengan air kemudian campurkan ke dalam panci berisi agar-agar bubuk, gula dan susu. Masak dengan api sedang hingga mendidih.
4. Tuang di atas puding buah naga. Biarkan set kemudian dinginkan di kulkas.
5. Sajikan dingin dengan topping buah.




Simpel banget kan resepnya dan anti gagal deh. Iya laah...yang namanya bikin puding sih siapa aja pasti bisa.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

SORBET BUAH NAGA



Bismillahirrohmanirrohim

Udah mulai masuk musim penghujan, tapi tetep aja nekad bikin sorbet hihihi. Eits...biarpun udah mulai hujan tapi kan kalau siang panas tuh ya, jadi tetep enak banget kalau maem sorbet siang-siang. Sorbet adalah buah-buahan yang dihaluskan dan dibekukan. Untuk membuat sorbet bisa memakai bahan-bahan tambahan, misalnya susu atau juice. Sorbet bisa juga dibuat dengan memakai air putih biasa, buah-buahan dan gula. Biasanya saya membuat sorbet dengan cara mencampurkan semua bahan jadi satu dan diblender seperti halnya membuat smoothies. Seperti halnya kalau saya membuat smoothies, saya lebih suka membuatnya tanpa gula atau bisa juga memakai madu. Kalau untuk anak-anak, tetap saya tambahkan gula di sorbet mereka.

Sebagai penggemar buah naga, kayanya wajib donk buat saya untuk bikin sorbet buah naga. Apalagi sekarang lagi musim buah naga nih, harganya cuma Rp 11.000 - Rp 12.000 per kg-nya. Bener-bener dipuas-puasin maem buah naga. Apalagi saya hobby banget bikin smoothies buah naga. Selain untuk smoothies, sorbet dan tentu saja buah potong, saya juga suka dengan puding buah naga. Apalagi warnanya cantiik ya. Sorbet buah naga yang saya buat ini cuma memakai air biasa, bisa juga kalau mau pakai air juice, misalnya juice nanas atau apel. Ada juga yang bikin pakai yoghurt atau susu. 




SORBET BUAH NAGA

Bahan :
350 gr daging buah naga, potong-potong
175 ml air
100 gr gula pasir atau bisa juga pakai madu 
1 sdm air lemon (optional)

Cara Membuat :
1. Blender semua bahan hingga halus dan lembut.
2. Pindahkan ke wadah (lebih oke pakai wadah dari alumunium), bekukan di freezer. Setelah beku, keruk-keruk dengan sendok dan blender kembali. Bekukan  di freezer. Ulangi proses ini hingga 2-3x untuk mendapatkan tekstur yang lembut.
3. Siap disajikan.

Kalau anak-anak saya sih bilangnya ini bukan sorbet. Bagi mereka ya ini tetep aja es krim hehehe. Proyek selanjutnya adalah sorbet mangga podang. Kebetulan lagi musim mangga juga kan niiih. In shaa Allah bikin aah...kalau gak males sih >_<

Selamat mencoba, semoga bermanfaat ^^

SATE AYAM PEDAS



Bismillahirrohmanirrohim

Saya bikin sate ayam pedas ini untuk isian lunch box kakak Naira beberapa hari yang lalu. Siang-siang makan sate? Gak apa-apa kali yaa. Karena pengen yang praktis-praktis aja saya bikin sate ayam pedas ini. Gak perlu nguleg-nguleg untuk bikin bumbu kacang, karena memang sebenarnya saya lagi gak punya kacang tanah di rumah hihihi. Sate ayam pedas ini jadi salah satu favorit anak-anak, jadi seperti biasa saya bikinnya gak terlalu pedas. Kalau dibuat super pedas, pasti lebih mantap.

Untuk membuat sate ayam, menurut saya lebih enak memakai bagian paha karena lebih gurih dibandingkan dengan bagian dada. Yang unik dari sate ayam pedas ini adalah memakai minyak ayam untuk bumbunya. Biasanya saya memakai minyak ayam untuk membuat mie ayam dan kali ini ditambahkan untuk bumbu sate. Monggo untuk yang pengen nyobain bikin juga.






SATE AYAM PEDAS

Bahan :
400 gr fillet ayam, saya mix bagian paha dan dada
50 gr kulit ayam
10 sdm saus tomat
5 sdm kecap manis
5 cabe rawit, iris halus 
1 sdm minyak goreng

Bumbu Halus :
5 siung bawang putih, goreng
3 cabe merah, goreng
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir

Cara Membuat :
1. Panaskan 1 sdm minyak goreng, masukkan kulit ayam dan masak hingga kulit ayam mengeluarkan minyak. Angkat.
2. Aduk rata saus tomat, kecap manis, cabe rawit dan bumbu halus. Aduk hingga rata.
3. Masukkan 2 sdm minyak ayam, aduk rata kemudian bagi bumbu menjadi 2 bagian yaitu untuk merendam potongan ayam dan untuk saus.
4. Masukkan potongan ayam ke salah 1 bagian bumbu, aduk hingga rata dan diamkan selama 30-45 menit di kulkas.
5. Tusukkan potongan ayam ke tusuk sate kemudian bakar sambil diolesi sisa bumbu hingga matang. Angkat dan sisihkan.
6. Panaskan sisa bumbu yang digunakan untuk saus, tambahkan sedikit air panas dan aduk-aduk hingga mengental. Angkat.
7. Sajikan sate beserta saus bumbu.

Gampang kaan bikinnya. Iya laah kalau susah dan ribet, saya pun malas bikinnya hihihi. 

Happy cooking, semoga bermanfaat yaa ^^

5 THOUSAND DOLLARS STARTER DOUGH BREAD



Bismillahirrohmanirrohim

Saatnya nge-ruti setelah sekian lama gak bikin roti sendiri. Kali ini pilihan saya jatuh pada roti dengan judul yang bombastis hehehe. Beneran deh pertama kali tau resep ini asli penasaran. Gimana gak penasaran kok roti ini mahal amat ya harganya. Tapi ternyata ini cuma nama aja kok karena rotinya jelas gak semahal itu.

Resep ini pertama kali saya lihat di blog nya Mbak Hesti dan  ternyata beliau terinspirasi dari blog Vivian Pang. Beberapa waktu yang lalu (hmmm...kayanya tahun lalu deh), saya pernah juga nyobain resep ini dan puas dengan hasilnya. Sayangnya waktu itu gak sempat difoto karena langsung ludes. 

Resep memakai kombinasi antara tepung terigu protein tinggi dan tepung terigu protein rendah. Roti ini menggunakan adonan biang sehingga mirip dengan water roux method. Seperti halnya adonan roti yang memakai adonan biang, maka teksturnya lembut sekali. Proses fermentasinya terdiri dari 3 tahap yaitu fermentasi adonan biang, kemudian fermentasi setelah dicampur dengan adonan inti dan yang terakhir adalah fermentasi setelah adonan dibentuk. Seperti biasa, saya mah gak telaten kalau disuruh bentuk-bentuk adonan roti, jadi harap maklum kalau roti buatan saya ya bentuknya gini-gini aja hihihi.




Waktu pertama kali bikin dulu, saya memakai tambahan wijen hitam dalam adonannya seperti yang dilakukan Vivian. Hasilnya roti akan berwarna abu-abu. Kali ini saya lagi gak punya wijen hitam, jadi saya pakai wijen putih aja. Menurut saya, diskip juga gak apa-apa kok. Untuk alternatif lain bisa memakai habatussauda seperti Mbak Hesti.

5 THOUSAND DOLLARS STARTER DOUGH BREAD

Bahan Adonan Biang :
105 gr tepung terigu protein tinggi
45 gr tepung terigu protein rendah
12 gr gula pasir
3 gr ragi instant (1/2 sdt + 1/4 sdt)
120 ml air

Bahan Adonan Roti :
105 gr tepung terigu protein tinggi
45 gr tepung terigu protein rendah
12 gr susu bubuk
20 gr wijen hitam (saya pakai wijen putih)
48 gr gula pasir
---> blender wijen dan gula pasir
1 butir telur (berat 57 gr tanpa kulit)
1/4 sdt garam halus
36 gr butter / margarin

Olesan :
1-2 kuning telur

Cara Membuat :
1. Adonan Biang : campur semua bahan, aduk dan uleni hingga rata. Tutup dengan cling wrap atau serbet bersih dan diamkan selama 2 jam pada suhu ruang.
2. Setelah adonan biang difermentasikan selama 2 jam, masukkan semua bahan adonan roti kecuali garam dan butter. Uleni hingga kalis.
3. Tambahkan garam dan butter, uleni kembali hingga elastis. Tutup dengan cling wrap atau serbet lembab dan fermentasikan kembali selama 1 jam atau hingga mengembang 2x lipat.
4. Bagi adonan dan timbang (saya timbang @55 gr), beri isian sesuai selera dan bentuk. Susun di loyang tulban yang sudah dioles margarin.
5. Fermentasikan kembali selama 1 jam atau hingga mengembang 2x lipat. Setelah selesai proses fermentasi, olesi permukaan atas dengan kuning telur.
6. Panggang dengan suhu 200'C selama kurang lebih 25 menit.
7. Angkat dan panas-panas olesi dengan butter. Sajikan



 Ready to bake

Untuk isiannya saya memakai macam-macam selai yang ada di rumah. Sisa adonan saya letakkan di paper cup dan diberi isian keju yang melimpah hehehe. Bener aja, yang versi paper cup itu yang jadi rebutan dan tentu saja habis duluan.






Bisa dilihat kan tekstur rotinya, beneran lembut. Saya coba sisihkan 1 potong untuk dinikmati keeseokan harinya dan teksturnya tetap lembut, asal disimpan di tempat tertutup ya. 

Happy Baking...Semoga Bermanfaat ^^

SOTO BANJAR



Bismillahirrohmanirrohim

Bikin soto lagi yuuk. Soto merupakan salah satu kuliner Indonesia yang cukup populer. Di berbagai daerah di Indonesia memiliki ragam soto yang berbeda-beda, misalnya Soto Lamongan, Soto Betawi, Soto Madura, Soto Padang, Soto Pekalongan atau tauto, Soto Medan, Coto Makasar, Soto KudusSoto Tangkar, Soto Bandung, Soto Banjar dan lain sebagainya. Kuah soto pun bermacam-macam, ada yang memakai santan, susu atau bahkan kuah bening. Favorit saya adalah Soto Pekalongan atau tauto donk pastinya hehehe. Saya sendiri memang lebih suka soto yang tidak memakai santan, jadi seringnya saya bikin soto beningan aja atau ditambahkan kemiri di bumbu halusnya biar kuahnya terasa lebih kental. Tapi bukan berarti saya gak suka soto yang bersantan lho yaa...maklum pemakan segala, jadi soto apa aja pun hayuuk aja >_<

Kali ini saya membuat soto banjar. Gara-garanya sih karna inget pas lagi kelaparan berdua suami sewaktu ngurus berkas-berkas haji di Surabaya beberapa bulan yang lalu dan soto banjar di dekat travel biro yang jadi penyelamat perut hahaha. Soto banjarnya enak banget, entah beneran enak atau karena kami yang sedang lapar ya. Tapi kayanya beneran enak karena rame banget. 

Soto Banjar memiliki kuah bening dan biasanya menggunakan ayam kampung. Kaldu ayam kampung yang gurih dipadukan dengan aneka rempah-rempah dan bumbu yang sederhana membuat soto banjar ini terasa segar dan sedap. Berbeda dengan soto pada umumnya yang berkuah kuning, soto banjar kuahnya bening pucat. Mirip-mirip dengan soto bandung ya, bening dan pucat. Aneka rempah yang digunakan dalam soto banjar antara lain adalah kayu manis, cengkih, pala dan juga kapulaga. Bahkan ada pula beberapa resep yang memakai bunga pekak sebagai rempah-rempahnya. Soto banjar biasanya disajikan dengan ketupat, perkedel, sambal rawit dan juga emping. 




SOTO BANJAR

Bahan :
1 ekor ayam kampung, potong-potong
2 helai daun salam
2 helai daun jeruk
2 batang serai, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
4 cm kayu manis
2 butir kapulaga putih
5 cengkeh
2 liter air
1 sdm garam
2 sdt gula pasir
3 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1 sdt merica butiran
1/2 buah pala
1 cm jahe

Pelengkap :
Ketupat atau lontong
Soun atau bihun
Perkedel Kentang
Telur rebus
Daun bawang dan seledri, iris halus
Bawang goreng
Jeruk nipis
Sambal rawit
Emping atau kerupuk

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak dalam panci, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daun salam, daun jeruk, lengkuas dan serai. Aduk-aduk hingga bumbu matang.
2. Masukkan potongan ayam, aduk-aduk hingga sedikit berubah warna.
3. Tuang air panas ke dalam tumisan, masukkan cengkeh, kapulaga dan kayu manis. Bumbui dengan garam dan gula pasir kemudian masak dengan api kecil hingga ayam empuk dan matang. Test rasa hingga sesuai selera ya.
4. Matikan api, ambil potongan ayam dan suwir-suwir.
5. Sajikan soto dengan pelengkapnya.




Yeesss...anak-anak suka karena memang soto ini seger banget. Dinikmati dengan sambal rawit yang pedas, Alhamdulillah nikmat banget.

Happy Cooking...Selamat Mencoba ^^

ES PUTER KELAPA MUDA



Bismillahirrohmanirrohim

Akhirnya kesampaian juga saya bikin es puter ala-ala. Bikinnya udah lama sih, jauh sebelum Papa opname bulan lalu. Saat itu kondisi beliau memang sudah naik turun, tapi masih keliatan seger. Pengennya sih bawain Papa es puter ini, tapi ternyata udah ludes duluan sama anak-anak. Yang ada di foto ini bener-bener es puter terakhir deh dan dipaksa untuk difotoin. Lagi gak mood foto ditambah fotoinnya ditungguin anak-anak, lengkap lah sudah yaa hehehe. Mohon maaf kalau seadanya aja hasil fotonya, tapi percaya deh kalau es puter ini enaak banget.

Resep es puter ini saya dapatkan dari ratu dapur kesayangan Anita Joyo. Barakallah mbakyu cantik, semoga berkah ilmunya ya. Rasanya udah mirip dengan es puter yang dijual abang-abang itu lho. Untuk teksturnya memang masih kalah halus, apalagi saya cuma ngemixer 2 kali aja. Katanya sih kalau dimixer 3 kali, teksturnya bisa halus. Kalau di rumah saya, dimixer 2 kali itu tuh es nya udah tinggal 1/2 bagian, jadi males lah kalau ada acara ngemixer lagi. Bisa-bisa pas yang ke-3, es nya tinggal 1/4 bagian aja hihihihi. 






ES PUTER KELAPA MUDA

Bahan :
1500 ml santan kental
250-300 gr gula pasir
1 sdt garam
2 helai daun pandan, simpulkan
2 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air
1 buah kelapa muda, keruk dagingnya dan potong-potong
1-2 tetes pewarna makanan 
1 sdm sirup cocopandan

Cara Membuat :
1. Masak santan, gula, daun pandan dan garam di atas api sedang sambil diaduk perlahan hingga mendidih dan gula larut.
2. Masukkan larutan maizena, aduk rata hingga mengental. Test rasa yaa.
3. Masukkan pewarna makanan dan sirup cocopandan. Aduk hingga rata.
4. Angkat dan dinginkan. Tuang ke wadah alumunium kemudian bekukan di freezer hingga padat.
5. Keluarkan es, keruk-keruk kemudian mixer hingga rata dan bekukan kembali. Ulangi proses ini hingga 2-3x dan pada proses terakhir masukkan daging kelapa muda. Aduk rata.
6. Bekukan kembali ke dalam freezer dan siap disajikan.

Beneran enaaak...gurih santannya terasa banget dan manisnya pas. Yang bikin happy adalah, anak-anak bisa puas makan es puter dengan bahan-bahan yang kita tau sendiri kualitasnya. Recomended untuk dicoba ^^

Selamat mencoba, semoga bermanfaat yaa

PUDING TAPE KETAN HIJAU



Bismillahirrohmanirrohim

Nemu foto lama ini di file laptop!! Dilihat dari tanggalnya ternyata ini adalah foto bulan Maret yang lalu hahaha. Sama sekali bukan foto yang bagus, bahkan berantakan banget deh karena fotonya OE ya. Tapi karena yang difoto adalah salah satu favorit saya, jadi ya tetep nekad aja dipublish. Padahal ya..postingan tentang puding tape ketan hijau juga udah ada di blog ini, tapi tetep aja diposting lagi euy. Gak apa-apa yaa. Harap maklum, mood untuk pegang kamera masih ada di titik nol huhuhu.

Saya termasuk generasi jadul, jadi tidak heran kalau salah satu favorit saya ya puding tape ketan ini karena waktu saya kecil dulu, Mama sering banget bikin. Selain puding tape ketan, saya juga hobby dengan puding gula merah yang juga termasuk puding jadul. Pokoknya kalau ada kedua puding itu, pasti saya gak ngelirik puding coklat atau aneka fruit puding deh hehehe. Namanya juga generasi jadul yaaa.

Bikin puding tape ketan ini tentunya udah pada tau kan resepnya. Super gampang tinggal cemplang cemplung aja, takaran gula juga disesuaikan dengan selera atau tingkat kemanisan tape ketan yang digunakan. Selain tape ketan hijau, enak juga lho kalau memakai tape ketan hitam.







PUDING TAPE KETAN HIJAU

Bahan :
1 bungkus (7 gr) agar-agar plain atau hijau
5-6 sdm gula pasir atau sesuai selera
800 ml santan
sejumput garam
300 gr tape ketan hijau
2 helai daun pandan, simpulkan

Cara Membuat :
1. Campur agar-agar bubuk, gula pasir dan garam. Tambahkan santan dan daun pandan.
2. Masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk.
3. Menjelang mendidih, masukkan tape ketan hijau. Aduk rata dan matikan api.
4. Tuang ke cetakan yang sudah dibasahi air, biarkan set dan dinginkan dalam kulkas.
5. Sajikan dingin dengan topping tape ketan hijau.

Semoga bermanfaat ya ^^

AYAM PANGGANG MENTEGA



Bismillahirrohmanirrohim

Mencoba kembali lagi ke rutinitas awal. Ada sesuatu yang hilang, tapi life must go on. Semoga ke depannya semakin ikhlas dan kuat ya ^^ In shaa Allah.

Seperti biasa masak yang simpel-simpel aja dan ini juga karena request suami dan anak-anak yang hobby banget makan ayam goreng mentega. Kali ini saya bikin ayam panggang mentega. Bahannya sih mirip dengan ayam goreng mentega, cuma beda di caranya aja dan tanpa memakai minyak goreng sama sekali. Rasanya mirip-mirip lah, bahannya kan ya gak beda hehehe. Menurut saya bumbunya malah lebih meresap yang versi panggang. Waktu pembuatan memang lebih lama yang versi panggang, tapi it's oke lah ya, kan bisa disambi bikin menu yang lain. Seperti biasa saya suka bingung menjodohkan menu dan akhirnya ayam panggang mentega ini dijodohkan dengan sup. Gak cocok yaa hihihi. Supnya digadoin aja deh.







AYAM PANGGANG MENTEGA

Bahan :
1 ekor ayam, potong-potong
3 siung bawang putih parut
1,5 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
50-100 ml air

1 buah bawang bombay, iris
4 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
6 sdm margarin atau butter
5 sdm kecap manis
3 sdm saus tiram
2 sdm kecap inggris
garam dan merica bubuk secukupnya

Cara Membuat :
1. Campurkan potongan ayam dengan bawang putih parut, garam, merica bubuk dan air. Simpan di lemari es selama kurang lebih 30 menit.
2. Panaskan margarin atau butter hingga leleh, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu. Masukkan kecap manis, saus tiram dan kecap inggris. Aduk hingga rata.
3. Masukkan potongan ayam, masak hingga setengah matang dan ayam terbalut bumbu. Koreksi rasa dengan menambahkan garam atau merica bubuk bila perlu. Matikan api.
4. Siapkan loyang atau pinggan tahan panas, panggang ayam beserta bumbunya dengan suhu 160'C selama kurang lebih 45 menit. Sesekali balik-balikkan ayam dan oles dengan bumbu selama proses pemanggangan.
5. Angkat dan sajikan hangat.

Happy cooking...semoga bermanfaat ^^

SO PROUD BEING YOUR DAUGHTER



Hampir 15 tahun menjadi survivor stroke bukanlah waktu yang singkat. Di rentang waktu selama itu, sudah banyak yang kami alami bersama. Alhamdulillah semuanya berkesan dan sangat berarti. Namun ternyata hanya sampai disini kesempatan untuk merawat beliau, ternyata Allah lebih sayang beliau. Berat memang sebuah perpisahan, tapi in shaa Allah sekarang ini tempat beliau lebih baik daripada terus disini. 

Sampai sekarang ini masih teringat jelas, saat beliau mendampingi wisuda, saat jalan bersama, saat kami tertawa mengenang cerita-cerita lama, saat mendampingi beliau di rumah sakit bahkan di saat-saat terakhir beliau. Jelas sekali semuanya. Semua sudut rumah mengingatkan akan beliau bahkan rutinitas sehari-hari selalu ada kaitannya dengan beliau. Masih terasa seperti mimpi ketika melihat deretan karangan bunga duka cita, ada nama beliau disitu. Sekarang beliau sudah tenang, tidak merasakan sakit lagi dan semoga tempat terbaik yang Allah berikan untuk beliau. Aamiin ya Allah.

Alhamdulillah...masih diberi kesempatan merawat beliau, menyempatkan membagi waktu diantara 24 jam sehari-hari untuk beliau. Perpisahan ini memang berat, tapi tidak bisa dihindari dan tidak menunggu kesiapan kita. Karena sampai kapanpun kita tidak akan pernah merasa siap. Harus terus belajar untuk ikhlas melepaskan dan bisa memahami hakikat memiliki dari sebuah kehilangan.

So proud being your daugher Pa. Mungkin aku belum bisa jadi anak yang kau banggakan di dunia, tapi in shaa Allah aku terus belajar untuk menjadi kebanggaanmu di akhirat nanti. Hadiah doa untukmu in shaa Allah tidak akan pernah putus karena hanya itulah yang kau butuhkan sekarang ini.

Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Allahummaghfirlah warhamhu wa'afihi wa'fuanhu. Semua yang ada di dunia ini adalah milikMu semata ya Allah dan akan kembali juga padaMu. Kembalikanlah kami padaMu dalam keadaan beriman.
Luv u always Pa