APPLE BREAD PUDDING



Bismillahirrohmanirrohim

Yang namanya makanan favorit itu pasti sering bikin dan sering diposting...ahahaha. Itu mah saya aja kali ya. Sering bikin dan sering difotoin karena favorit banget. Salah satunya adalah bread pudding ini, terutama bread pudding yang pakai apel alias apple bread pudding. Kalau gak salah ini adalah postingan apple bread pudding yang ke-3 di blog ini. Hadeeeh...kaya gak ada postingan lainnya aja ya, sampai si pudding ini harus muncul berkali-kali hihihi. Harap maklum yaa.

Kalau udah jadi favorit, biasanya mah saya tetap nekad aja bikin walau bahannya kurang. Seperti halnya apple bread pudding ini. Biasanya kalau bebikinan pakai apel, yang jadi bahan pendamping wajib bagi saya adalah kayu manis dan gula palem. Suka banget dengan aroma dari perpaduan apel, kayu manis dan gula palem. Tapi kali ini saya terpaksa skip gula palem karena memang lagi gak punya. Tetap nekad bikin dan ternyata hasilnya enak juga tuh. Entahlah ini pendapat obyektif atau subyektif...( haduuh bahasanya >_<). Maklum bisa jadi untuk hal-hal favorit bagi saya cuma ada kata enak dan enak sekali hihihi. Mulai deh...ngelantur kemana-mana.






Kebetulan saya juga tidak punya krim kental atau whipcream bubuk, jadi saya pakai full susu cair. Roti tawarnya juga cuma ada 6 lembar karena yang 4 lembar sudah dimakan pak suami dan anak-anak hehehe. 

APPLE BREAD PUDDING

Bahan :
6 lembar roti tawar, potong kotak
500 ml susu cair
90 gr gula pasir
3 butir telur
2 kuning telur
2 sdm butter / margarin leleh
kayu manis bubuk secukupnya untuk taburan

Bahan Filling / Topping Apel :
3 buah apel, kupas dan iris tipis
1 sdt air lemon atau air jeruk nipis
70 gr gula pasir
1 sdt kayu manis bubuk
1 sdm maizena

Cara Membuat Filling dan Topping Apel :
1. Campurkan apel dan air lemon. Aduk hingga rata kemudian masukkan gula pasir dan kayu manis bubuk. Aduk rata kembali.
2. Simpan ke dalam lemari es kurang lebih selama 15 menit hingga keluar juice-nya atau berair kemudian taburi dengan maizena. Aduk rata.
3. Panaskan apel beserta juice-nya di atas api kecil hingga mengental dan apel agak lunak. 
4. Angkat dan siap digunakan.

Cara Membuat Bread Pudding :
1. Panaskan oven 160'C, siapkan pinggan tahan panas, oles tipis dengan butter atau margarin. Siapkan pula loyang lebar untuk proses steam bake.
2. Dalam bowl, campurkan susu, gula, telur dan butter leleh. Aduk rata menggunakan whisker.
3. Tata potongan roti di dasar pinggan, siram dengan sebagian campuran susu. Biarkan sejenak hingga meresap kemudian tata sebagian apel di atasnya.
4. Tata kembali sisa roti di atas apel dan siram kembali dengan sisa campuran susu. Biarkan meresap.
5. Beri topping apel di atasnya dan taburi kayu manis bubuk.
6. Panggang dengan cara steam bake atau au bain marie, yaitu pinggan diletakkan di atas loyang yang berisi air panas. Panggang hingga set kurang lebih selama 40 menit. 
7. Angkat dan siap disajikan hangat atau dingin.






Happy Baking...semoga bermanfaat ya ^^

OATMEAL PANCAKE



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaikum warahmatullah. Quick Post ^^
Bikin pancake lagi untuk sarapan, gara-gara liat sisa oatmeal di lemari dapur. Saya lumayan sering juga bikin pancake untuk sarapan, karena bikinnya cepat dan praktis. Untuk pelengkapnya juga tinggal menyesuaikan bahan yang ada aja. Yang paling sering saya pakai buah-buahan dengan saus coklat atau saus strawberry homemade. Kali ini saya lagi gak punya aneka saus-sausan, jadi cukup pakai madu aja dan fresh strawberry. Strawberry-nya tinggal dikit, jadi saya malas kalau harus bikin saus (teteeup...malas). Kebetulan strawberry ini cukup manis, jadi asyik aja kalau dimakan langsung.






OATMEAL PANCAKE

Bahan :
90 gr oatmeal, blender hingga halus
75 gr tepung terigu serbaguna
2 sdm gula pasir
1 sdt baking powder
300 ml susu cair
1 butir telur ukuran besar
1 sdm butter, lelehkan
1 sdm olive oil

Cara Membuat :
1. Dalam wadah, campurkan oatmeal, tepung terigu, gula pasir dan baking powder. Aduk hingga rata dan buat lubang di tengahnya.
2. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk memakai whisker hingga rata.
3. Masukkan telur, butter dan olive oil. Aduk hingga rata dan halus.
4. Panaskan wajan datar anti lengket, jangan dioles apapun ya. Tuang adonan dan masak hingga kedua sisinya berwarna kecoklatan. Lakukan hingga habis.
5. Sajikan hangat dengan pelengkap.






Praktis, simpel dan mudah divariasikan. Selamat mencoba yaa...semoga bermanfaat ^^

Curcol dikit....miss you my Naira & Azmah..

KIT KAT BROWNIES



Bismillahirrohmanirrohim

Kangen homemade brownies euy!! Eh kalau saat ini gak cuma kangen sama brownies aja sih, tapi kangen sama semuanya yang ada di rumah ^^
Kit kat brownies ini tentu aja udah tinggal fotonya aja karena memang bikinnya udah lama hehehe. Sebenarnya cuma brownies biasa aja, cuma saya tambahkan kit kat di adonan dan toppingnya. Kebetulan "nemu" kit kat di parcel lebaran, jadi selain dicemilin ya dijadikan campuran brownies ini. Rasanya gimana? Mungkin karena kit kat nya gak heboh banyaknya, jadi ya seperti numpang lewat gitu aja di brownies ini. Tetap dominan rasa nyoklat browniesnya. Jadi kalau pengen bikin kit kat brownies, pastikan kit kat-nya jangan numpang lewat seperti yang saya buat ini ya hihihi.






KIT KAT BROWNIES

Bahan :
115 gr butter
200 gr dark cooking chocolate, potong-potong
3 butir telur ukuran besar
225 gr gula pasir halus
130 gr tepung terigu protein sedang
20 gr coklat bubuk
150 gr kit kat, potong-potong

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 190'C, siapkan loyang 18x18 cm, oles margarin dan alas kertas roti hingga sisi-sisinya. Oles margarin kembali dan sisihkan.
2. Campur dan ayak tepung terigu dan coklat bubuk. Sisihkan.
3. Lelehkan butter dan dark cooking chocolate. Aduk rata hingga licin dan angkat dari api.
3. Masukkan gula pasir, aduk rata menggunakan hand whisker atau bisa juga pakai mixer kecepatan rendah.
4. Masukkan telur, aduk hingga rata.
5. Masukkan campuran tepung dan sebagian kit kat, aduk rata dengan whisker sebentar saja hanya sampai tepung tercampur. Do not overmix yaa.
6. Tuang ke dalam loyang dan ratakan. Taburi dengan sisa kit kat. 
7. Panggang dengan suhu 190'C selama 20 menit di rak atas.
8. Turunkan suhu di 150'C dan pindahkan loyang di rak tengah / bawah. Panggang kembali selama 20-25 menit hingga brownies matang. Setelah matang, tekstur brownies tampak belum set, tapi sudah cukup kokoh. Nanti setelah dingin, brownies akan set teksturnya.
9. Angkat dan dinginkan baru dipotong-potong.

Resep kit kat brownies yang saya buat ini menghasilkan brownies yang teksturnya "chewy". Kalau suka dengan brownies yang teksturnya kering, bisa ditambahkan lagi lama pemanggangannya ya. Awas gosoong lho ya hihihi. Saya paling suka dengan brownies yang sudah diinapkan. Selain lebih set, menurut saya rasanya jadi tidak terlalu manis. 

Karena kit kat disini hanya sebagai pelengkap, jadi bisa menggunakan resep brownies mana aja yang jadi andalan ya. Saya sendiri suka asal cemplung cemplung pakai measuring cup kalau bikin brownies, praktis kan. 



Alhamdulillah...brownies + a cup of coffee = what a perfect day ^^

Happy Baking ya...semoga bermanfaat.

SUP IGA



Bismillahirrohmanirrohim

Haloo...apa kabar? In shaa Allah semoga sehat-sehat aja ya. Dalam bulan ini saya akan sangat-sangat slow response. Postingan saya di bulan ini juga sebenarnya adalah hasil dapur saya bulan lalu. Jadi mohon maaf ya kalau postingannya kok gak nambah-nambah, atau komen, WA dan inbox yang lamaa banget balasnya. In shaa Allah as soon as possible segera saya reply. Mohon pengertiannya ya. 

Sup iga ini adalah salah satu menu yang saya buat bulan lalu untuk keluarga saya. Entahlah yang namanya olahan iga kok ya belum ada bosennya. Mulai dari asem-asem iga, rawon iga, iga bakar...pasti deh laris manis. Waktu mudik lebaran kemarin, saya mampir di salah satu rumah makan yang beken dengan olahan iga dan sup buntut di Pekalongan, yaitu rumah makan Bu Leman. Aduduuuh....semua menunya endes pisan. Iga-nya juga empuk banget jadi anak-anak gampang maemnya. Rasanya sebanding banget lah dengan harganya hihihi. Nah karena teringat dengan sup iga Bu Leman, jadi saya bikin juga lah sup iga di rumah. Sup iga ini sebenarnya sama aja dengan sup buntut atau bahkan sup daging sapi. Bikinnya juga gampang, asal sabar nungguin iga empuk. Kalau mau praktis sebenarnya bisa dipresto, tapi menurut saya lain rasanya apabila dibandingkan dengan yang dimasak lama di atas kompor. Untuk sayuran pelengkapnya, biasanya juga lebih simpel apabila dibandingkan dengan sup biasa. Saya hanya menggunakan wortel dan kentang. Monggo kalau ingin menambahkan kubis, kol atau bahkan makaroni.




Untuk pelengkap sup iga ini, saya hanya membuat sambal kecap. Biar lebih segar, kucuri kuah sup dengan air jeruk nipis. Subhanallah...enak bangeeet.

SUP IGA

Bahan :
1 kg iga sapi, potong-potong
2 liter air atau tambahkan bila perlu
2 kentang, potong-potong
2 buah wortel, potong-potong
1/2 bawang bombay, cincang halus
5 siung bawang putih, cincang halus
1 butir pala, parut
1/2 sdt merica butiran, haluskan
2 batang seledri, diikat
2 helai daun bawang, potong-potong
garam dan gula pasir secukupnya
1 sdm minyak untuk menumis

Pelengkap :
bawang goreng
sambal kecap
air jeruk nipis
irisan seledri

Cara Membuat :
1. Rebus iga sapi dengan hingga setengah empuk.
2. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum kemudian masukkan ke dalam rebusan iga. 
3. Masukkan wortel dan kentang, bumbui dengan merica, pala, garam dan merica bubuk. Masak dengan api kecil hingga iga empuk. Apabila air menyusut dan iga belum empuk, bisa ditambahkan air sedikit demi sedikit dan sesuaikan lagi bumbunya ya.
4. Masukkan seledri, masak kembali hingga benar-benar empuk.
5. Menjelang diangkat, masukkan potongan daun bawang. Matikan api.
6. Sajikan hangat dengan pelengkap.






Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi buah dan sayur untuk "balance" ya. Jadi sesekali boleh laah makan makanan seperti ini, asal gak tiap hari lho ya. Olahraga tentunya juga penting. Btw...ada yang nanya olahraga saya apa siih? Karena saya udah gantung raket, jadi sekarang olahraganya cukup jalan kaki keliling kebun plus gowes sepeda statis sambil browsing atau BBM an di depan TV hahaha. Seriuuus...itu udah bikin berkeringat dan badan segar.

Happy Cooking...