BEEF ALA TERIYAKI



Bismillahirrohmanirrohim

Simpel menu lagi yuuuk, bikin yang gampang aja untuk sajian sahur atau berbuka puasa. Eh ya saya belum sempat bikin cookies nih, padahal udah punya list mau bikin apa aja. Nulis list doank ya, tapi entah kapan bikinnya hahaha. In shaa Allah minggu depan lah mulai nge-cookies, bikin dikit-dikit aja untuk keluarga karena Dapur Nays masih off entah sampai kapan.

Beef ala teriyaki ini gampang banget bikinnya. Selain menggunakan daging sapi, enak juga kalau menggunakan ayam. Biasanya kalau untuk menu berbuka, daging sapinya saya marinate setelah sholat Ashar, jadi ketika dimasak sekitar jam 5 an, bumbunya sudah meresap. Kalau untuk menu sahur, saya marinate sebelum tidur hehehe. Untuk membuat beef ala teriyaki ini gunakan daging has dalam sehingga mudah empuk. Harusnya sih ya kalau beef teriyaki ala resto waralaba terkenal itu memakai salad sebagai pelengkapnya, tapi kali ini saya gak bikin. Kenapa gak bikin? Karena sayurnya udah dicemplungin semua untuk cap cay hihihi. Gak nyambung ya, beef ala teriyaki kok sama cap cay. Gak apa deh ya disambung-sambungin ajaaa >.<




BEEF ALA TERIYAKI

Bahan :
250 gr daging has dalam, diiris tipis melawan serat
2 sdm kecap manis
1 sdt saus tiram
1 bawang bombay, iris tipis memanjang
3 siung bawang putih, memarkan dan cincang
4 sdm saus teriyaki
1 sdt garam
1/2 sdt lada hitam butiran, tumbuk kasar
200 ml air
2 sdm minyak untuk menumis
wijen sangrai untuk taburan

Cara Membuat :
1. Pukul-pukul perlahan daging dengan memakai pemukul daging kemudian campurkan dengan kecap manis dan saus tiram. Aduk rata dan diamkan di dalam kulkas selama 1 jam.
2. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu.
3. Masukkan daging, aduk rata hingga berubah warna.
4. Masukkan saus teriyaki, garam dan lada hitam. Aduk hingga rata.
5. Tuang air dan masak hingga daging empuk.
6. Angkat dan sajikan dengan taburan wijen sangrai.




Gampang kan bikinnya. Alhamdulillah keluarga selalu suka dengan menu simpel ini.

Happy Cooking....semoga bermanfaat yaa

NASI TIM AYAM JAMUR



Bismillahirrohmanirrohim

Halo....masih lancar kan puasanya? In shaa Allah lancar ya dan semoga diberi kesehatan hingga nanti. Aamiin. Ada yang suka menikmati nasi tim ayam tapi males bikinnya? Nah...kalau itu mah saya banget hehehe. Pengennya tinggal makan aja karena yang terpikir kalau bikin nasi tim itu kan pasti ribet, ada banyak tahapannya. Mulai dari membuat kuah, membuat tumisan ayamnya, mengaron nasi dan mengukus nasinya. Tapi...ternyata membuat nasi tim tidak seribet yang dibayangkan kok. Memang butuh waktu lama untuk membuatnya, tapi kan bisa disambi memasak yang lain tuh. Yang paling lama memang membuat kuah kaldu karena untuk mendapatkan kuah kaldu yang bening, harus dimasak dengan api kecil dan waktunya memang cukup lama. Saat membuat kuah kaldu, kita bisa membuat tumisan ayam atau bikin takjil kaan hihihi. Saat kuah kaldu sudah siap, kita bisa mulai mengaron nasi dan membuat kuah untuk nasi tim. Setelah itu tinggal menata di mangkok dan dikukus. Bisa ditinggal bikin yang lainnya juga kan, tau-tau matang aja  euy. 

Karena prosesnya yang lumayan lama, memang enaknya kalau bikin nasi tim ayam ini sekalian banyak. Tapi silahkan disesuaikan aja dengan kebutuhan. Takaran kuah kaldu pada saat mengaron nasi disesuaikan dengan beras yang kita pakai ya. Menurut saya takaran yang saya pakai ini sudah pas dan hasilnya cukup lembut tapi tidak terlalu lembek. Nanti saat memasak, kita masukkan sedikit demi sedikit saja kuah kaldunya dan ditambahkan sesuai kebutuhan.




NASI TIM AYAM JAMUR

Bahan Kaldu :
3 liter air
tulang ayam
2 batang daun seledri, simpulkan

Cara Membuat Kaldu :
1. Didihkan 500 ml air bersama tulang-tulang ayam dengan api kecil. Masak selama kurang lebih 10 menit dan buang semua airnya. 
2. Tambahkan sisa air ke dalam panci yang berisi tulang, didihkan dengan api sedang.
3. Setelah mendidih, kecilkan api dan masak hingga 1 jam. Masukkan daun seledri.

Bahan Nasi :
600 gr beras
1300 ml kaldu atau disesuaikan kondisi dan takaran beras
3 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
1 cm jahe, cincang halus
1 sdm kecap ikan
2 sdt minyak wijen
1 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat Nasi :
1. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Angkat.
2. Masak beras bersama air kaldu, tambahkan tumisan bawang putih dan jahe, garam, kecap ikan dan minyak wijen.
3. Aduk-aduk hingga ke dasar panci hingga air menyusut dan nasi matang.
4. Siap digunakan.

Bahan Tumisan Ayam Jamur :
300 gr fillet ayam, potong dadu
150 gr jamur kancing, iris tipis
5 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
3 sdm kecap manis
2 sdm kecap ikan
2 sdm saus tiram
garam dan merica bubuk secukupnya
1 sdm minyak wijen
200 ml air
2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat Tumisan Ayam Jamur :
1. Panaskan minyak, tumis bawang putih  hingga harum. Masukkan fillet ayam, aduk hingga berubah warna.
2. Masukkan jamur, kecap manis, kecap ikan dan saus tiram. Aduk hingga rata.
3. Masukkan air, bumbui dengan garam dan merica bubuk, aduk hingga rata. Tutup wajan dan biarkan meresap.
4. Test rasa hingga sesuai selera dan masukkan minyak wijen. Aduk rata dan matikan api.
5. Siap digunakan.

Bahan Kuah Nasi Tim :
3 siung bawang putih
700 ml kaldu
2 batang daun bawang, iris-iris
garam dan merica bubuk secukupnya.
1 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum. Tiriskan.
2. Didihkan kaldu, masukkan tumisan bawang putih dan bumbui garam dan merica bubuk hingga sesuai selera.
3. Menjelang diangkat, masukkan irisan daun bawang. Siap digunakan.

Assembly :
1. Siapkan kukusan hingga airnya mendidih dan siapkan mangkok.
2. Tata tumisan ayam jamur beserta kuahnya di dasar mangkok kemudian letakkan nasi di atasnya sambil dipadatkan.
3. Kukus selama kurang lebih 30 menit hingga matang.
4. Siapkan piring saji, balikkan nasi tim dan sajikan dengan kuahnya.







Alhamdulillah...rasanya sesuai yaa dengan keribetan selama di dapur hihihi. Dicobain yuuk buat nasi tim ayam jamur sendiri di rumah. In shaa Allah lebih nikmat kok.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

TUMIS AYAM JAMUR LADA HITAM




Bismillahirrohmanirrohim

Quick post dulu ya...
Yang praktis dan cepat untuk sahur dan berbuka puasa salah satunya adalah menu tumisan. Pasti pada bisa donk ya kalau soal urusan tumis menumis hehehe. Saya mah kalau udah kepepet waktu, ya tinggal lihat stok bahan di kulkas dan tumis deh. Tinggal dicocok-cocokin aja antara bahan dan bumbunya ya. Seperti kali ini, saya lagi gak ada stok sayur karena udah dimasak, yang ada tinggal fillet ayam, jamur dan bakso. Dicampur aduk aja deh ketiga bahan tersebut jadi tumisan dan saya memakai lada hitam untuk bumbunya. Sreng...sreng sebentar di dapur, tumisan siap disantap untuk menu sahur atau pelengkap lauk saat berbuka puasa. 

Untuk variasi lainnya, bisa memakai udang, cumi, paprika atau bahkan dicampur sayuran. Jadi tinggal liat stok isi kulkas aja yaa hehehe.






TUMIS AYAM JAMUR LADA HITAM

Bahan :
250 gr fillet ayam, potong dadu
10 jamur champignon, iris
10 butir bakso sapi, iris tipis
1 butir bawang bombay, iris memanjang
3 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
2 buah cabe merah, buang bijinya dan iris tipis
2 sdm saus tiram
1 sdm kecap manis
1 sdt kecap ikan
1 sdt lada hitam
1 sdt garam
1/4 sdt gula pasir
1 batang daun bawang, iris 
2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu.
2. Masukkan fillet ayam, masak hingga berubah warna kemudian masukkan irisan cabe, jamur dan bakso. Aduk hingga rata.
3. Masukkan saus tiram, kecap manis, kecap ikan, lada hitam, garam dan gula pasir. Aduk hingga rata dan test rasa.
4. Menjelang diangkat masukkan daun bawang. Aduk rata.
5. Angkat dan siap disajikan.

Happy cooking ^^

APPLE TURNOVERS



Bismillahirrohmanirrohim

Ini salah satu takjil berbuka puasa untuk keluarga saya hari ini. Iyuup...apple turnovers alias pastry isi apel. Suami saya sangat suka dengan cemilan yang memakai apel, salah satunya adalah apple turnovers ini, apple pie dan tentu saja kripik apel hihihi. Kalau kripik apel mah saya belum pernah bikin. Kebetulan saya masih punya stok korsvet hadiah dari NCC beberapa waktu yang lalu. Harus segera diberdayakan donk, sebelum gak bisa kepakai. Akhirnya niat banget meluangkan waktu untuk gilas dan lipat membuat puff pastry. Selain untuk membuat apple turnovers, saya juga pingin bikin zuppa soup. Jadi sekalian lah bikin puff pastrynya.

Selain menggunakan puff pastry, ada pula yang membuat apple turnovers ini menggunakan shortcrust pastry atau kulit pie. Bentuknya juga beragam, misalnya memanjang, dibentuk seperti kipas atau segitiga seperti yang saya buat ini. Sungguh...godaan banget deh baking apple turnovers ini di siang hari. Aromanya kemana-mana euuuy. Perpaduan harum apel, kayumanis dan gula palem...bikin suami dan anak-anak penasaran, sebenarnya bunda bikin apa sih. Karena disambi masak buat buka puasa, jadilah apple turnovers buatan ini eksotis (baca : rada gosong) hihihi. Gak apa-apa deeh, yang penting enak ^^

Untuk resep puff pastry saya masih tetap menggunakan resep dari Bu Sisca. Kalau lagi males lipat dan gilas, monggo bisa beli puff pastry siap pakai di supermarket ya. 







APPLE TURNOVERS

Bahan Puff Pastry :
500 gr tepung terigu protein tinggi
1 butir telur
1/2 sdt garam
200 gr air es
50 gr margarin
200 gr korsvet

Bahan Isian :
6 buah aple, kupas dan potong dadu kecil (saya pakai apel manalagi)
75-100 gr gula pasir
2 sdm gula palem
1 sdt munjung kayu manis bubuk
1/4 sdt garam
1 sdm air lemon / air jeruk nipis
2 sdm maizena
3 sdm margarin / butter

Olesan :
1 kuning telur

Cara Membuat Puff Pastry :
1. Campur tepung terigu, garam, telur dan air es, aduk rata. Tambahkan margarin dan uleni hingga 1/2 kalis.
2. Bulatkan adonan, bungkus dengan plastik wrap kemudian istirahatkan selama 15-20 menit.
3. Keluarkan adonan, gilas hingga setebal kurleb 1 cm dan membentuk segi empat.
4. Pipihkan korsvet, kemudian letakkan di tengah adonan. Lipat adonan ke arah tengah hingga korsvet tertutup sempurna (jangan sampai bocor ya). 
5. Bungkus plastik wrap dan simpan di dalam pendingin selama kurang lebih 10 menit.
6. Keluarkan adonan, giling menjadi bentuk persegi panjang. Lipat sisi kanan dan kirinya ke tengah adonan, kemudian lipat lagi menjadi ke salah satu sisi (lipatan ganda). Simpan kembali ke dalam pendingin selama 10 menit.
7. Keluarkan adonan, giling kembali dan ulangi lipatan seperti di atas dan simpan kembali ke dalam pendingin selama 10 menit. Ulangi langkah ini sebanyak 3 kali.
8. Keluarkan adonan, pipihkan adonan dan lipat menjadi lipatan 2, simpan di kulkas selama 20 menit.
9. Keluarkan adonan kemudian gilas tipis dan siap dibentuk sesuai selera.

Cara Membuat Isian Apel :
1. Campur potongan apel dengan gula pasir, gula palem, kayu manis bubuk, garam dan air jeruk nipis / lemon. Aduk hingga rata kemudian simpan di dalam kulkas selama kurang lebih 1 jam hingga keluar juice-nya.
2. Keluarkan dari kulkas, taburi maizena. Aduk hingga rata.
3. Masak dengan api sedang hingga apel lunak kemudian masukkan margarin. Aduk rata hingga leleh dan matikan api.
4. Dinginkan dan siap digunakan.

Assembly :
1. Panaskan oven 200'C, siapkan loyang, olesi margarin dan alasi kertas roti. Sisihkan.
2. Potong puff pastry dengan ukuran 10 x10 cm. Saya membuat 8 lembar.
3. Ambil selembar puff pastry, beri isian di tengahnya, lipat bentuk segitiga. Tekan tepinya menggunakan garpu hingga merekat kemudian olesi kuning telur.
4. Panggang selama kurang lebih 20 menit hingga berwarna keemasan.
5. Angkat dan siap disajikan.

Alhamdulillah....nikmat sekali. Gurihnya puff pastry nan renyah dipadukan manisnya filling apel. Lunas sudah salah 1 janji ke pak suami hihihi. Next project masih menunggu ^^
Oh yaa...mohon maaf ya untuk komen yang belum saya balas, hiiiks banyak banget. In shaa Allah secepatnya akan saya reply satu per satu. 

Selamat menunaikan ibadah puasa, In shaa Allah berkah segala ibadahnya. Aamiin Ya Rabb

MEMBUAT KROKET KENTANG ANTI PECAH / MELETUS



Bismillahirrohmanirrohim

Kroket kentang ini sebenarnya sudah lama bikinnya, sejak sebelum puasa euy. Harap maklum ya kalau baru diposting sekarang. Ada beberapa teman yang menanyakan kepada saya, mengapa kalau membuat kroket kentang sering pecah atau meletus. Percayalaaah saya dulu juga sering mengalami itu hihihi. Dulu sih saya asal aja bikinnya, kentang juga gak pakai pilih-pilih, trus setelah dikukus dan dihaluskan langsung dibentuk. Hasilnya....kroket susah dibentuk karena lengket dan ketika digoreng, pecah dengan suksesnya. Kalau kroket sudah lengket dan susah dibentuk, saya tambahkan terigu lagi dan lagi huhuhu. Makanya dulu saya lebih seneng bikin bitterbalen dibanding bikin kroket, karena selain lebih praktis, bitterbalen lebih aman anti pecah / meletus. 

Nah...sejak membaca tips membuat kroket kentang dari teh Ricke, barulah kroket buatan saya aman, anti meletus atau pecah. Jadilah saya sering bikin kroket, karena memang ini salah satu gorengan favorit. Gorengan lagiii ya...kayanya semua gorengan tuh favorit deh buat saya >.<

Kunci dari pembuatan kroket adalah pemilihan kentang yang tua, karena kentang yang masih muda cenderung lembek setelah dikukus. Untuk hasil yang lebih oke memang disarankan memakai kentang test impor atau kentang untuk fried fries, tapi kalau saya mah seringnya pakai kentang lokal biasa. Untuk mengurangi kadar air dalam kentang, setelah kentang dikukus, maka kentang digoreng dulu sebentar untuk mengurangi kadar air dalam kentang. Apabila kadar air dalam kentang tidak dikurangi maka teksturnya akan lembek sehingga sulit untuk dibentuk. Kentang yang kadar airnya terlalu banyak juga akan menyebabkan kroket ini pecah atau meletus ketika digoreng. Nah...ketauan banget kan dimana salah saya dulu waktu membuat kroket hehehe. Untuk membuat kroket yang cantik, diperlukan minyak yang banyak dalam proses penggorengan (deep frying). Agar remahan-remahan panir tidak mengotori kroket yang akan digoreng, maka kita harus sering-sering menyaring minyaknya ya. Atau kalau saya seringnya memakai 2 buah wajan. Setelah wajan pertama digunakan untuk menggoreng kroket, pindahkan minyak ke wajan kedua, buang kotoran panir yang di wajan pertama. Begitu seterusnya bergantian antara 2 wajan tersebut.

Untuk isian kroket bisa disesuaikan dengan selera aja. Saya pernah membuat kroket mozarella yang cuma diisi keju. Kroket biasanya diisi dengan ragout, ada juga yang memakai oncom, tuna dan lain-lain. Saya paling suka kroket yang diisi dengan tumisan wortel dan ayam. Silahkan disesuaikan dengan selera keluarga.





KROKET KENTANG 

Bahan :
500 gr kentang
3 sdm susu bubuk
1 kuning telur
1,5 sdt garam 
1/2 sdt merica bubuk 
minyak goreng

Bahan Pelapis :
telur, kocok lepas (saya pakai stok putih telur)
tepung panir

Cara Membuat :
1. Kupas kentang, cuci bersih dan potong-potong. Kukus kentang hingga matangn kemudian goreng sebentar untuk mengurangi kadar air dalam kentang. Angkat dan tiriskan kemudian haluskan saat masih panas.
2. Setelah dingin, masukkan susu bubuk, kuning telur, garam dan merica bubuk. Aduk hingga rata.
3. Ambil adonan, pipihkan dan beri isian. Bentuk bulat lonjong.
4. Gulingkan kroket ke tepung panir, celupkan ke kocokan telur dan gulingkan kembali ke tepung panir. Lakukan hingga habis.
5. Simpan dalam lemari es kurang lebih 1 jam agar panir menempel.
6. Panaskan minyak goreng, goreng kroket hingga coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.

Untuk isian ayam dan wortelnya, seperti bikin tumisan aja ya. Cukup memakai bawang putih dengan bumbu garam, merica bubuk, gula pasir dan saus tiram bila suka. Pasti pada bisa donk ya. Kalau ingin memakai isian ragout, resepnya bisa dilihat disini ya.




Selamat mencoba....semoga bermanfaat ya ^^

KWETIAU SIRAM



Bismillahirrohmanirrohim

Kwetiau adalah sejenis mie yang berwarna putih dan terbut dari beras. Kwetiau sangat populer di kalangan etnis Tionghoa khususnya etnis Hokkian dan Tio Ciu. Biasanya kwetiau diolah menjadi kwetiau goreng ataupun yang berkuah dengan menggunakan bakso ikan, sosis babi, telur bebek, daging sapi dan tentu saja ayam. Seiring dengan berkembangnya waktu, kini banyak dijumpai olahan kwetiau yang halal dan dapat dinikmati oleh masyarakat luas.

Pertama kali tau kwetiau, saat saya masih jadi anak kost di Tembalang - Semarang. Inget aja kalau dulu suka banget beli kwetiau di salah satu warung kaki 5 yang terletak di bawah jembatan tol hihihi. Biasanya beli bareng temen-temen kost dan saling ngicipin menu satu sama lain. Bikin kangeeen sama jaman saat muda dulu yaa cieee. Nah...kali ini saya mengolah kwetiauw untuk menu sahur dan berbuka. Lhoo...kok sahur dan buka pakai kwetiauw? Pertama bikin kwetiau untuk pak suami saat sahur dan waktu itu kakak Naira sahur pakai nasi tim. Ketika berbuka dia minta buatin juga kwetiau seperti punya ayahnya, jadi bikin kwetiau lagi laah hihihi. Bikinnya gampang dan cepat, ini juga dibikin mendadak sesaat sebelum adzan maghrib. Jadi harap maklum kalau fotonya burem-burem gimanaaa gitu ya. Fotoinnya juga kilat aja lah, keburu maghrib. Sebenarnya ini adalah kwetiauw siram, tapi kok kuahnya gak keliatan ya. Setelah selesai foto baru nyadar kalau nuang kuahnya kurang banyak, jadi gak keliatan hahahah.

Bahannya saya sesuaikan aja dengan yang ada di kulkas. Kebetulan cuma punya ayam, bakso dan udang. Cemplungin semua ke dalam kuah kwetiau. Kalau mau lebih komplet bisa ditambahkan cumi atau bahkan membuat kwetiau siram daging sapi. Yummyyy


KWETIAU SIRAM

Bahan :
100 gr kwetiau kering
3 siung bawang putih, memarkan
1/2 bawang bombay, iris memanjang
100 gr fillet ayam, potong dadu kecil
50 gr udang
5 bakso sapi, iris tipis
1 ikat sawi, potong-potong
3 sdm saus tiram
2 sdm kecap manis
1 sdm kecap ikan
1-2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
1 sdt minyak wijen
300 ml air kaldu (boleh pakai air biasa)
1 sdm tepung sagu larutkan dengan sedikit air (boleh pakai terigu atau maizena)
1 batang daun bawang, iris
2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
1. Seduh kwetiau dengan air mendidih selama kurang lebih 10 menit hingga lunak, tiriskan kemudian siram dengan air dingin. Sisihkan.
2. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan layu. Masukkan ayam dan udang, aduk hingga berubah warna.
3. Masukkan bakso, sawi, saus tiram, kecap ikan, kecap manis. Aduk hingga rata.
4. Tuang air kaldu, kemudian bumbui garam, merica bubuk dan gula pasir. Masak hingga mendidih.
5. Masukkan larutan tepung sagu sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diinginkan. Test rasa hingga sesuai selera.
6. Menjelang diangkat, masukkan minyak wijen dan irisan daun bawang. Aduk rata dan matikan api.
7. Siramkan kuah dan isiannya di atas kwetiau yang sudah ditata di piring saji. Sajikan hangat.





Bisa jadi salah satu menu praktis untuk sahur dan berbuka. Selamat menunaikan ibadah di bulan Ramadhan ya, in shaa Allah berkah segala ibadahnya.

Happy cooking, semoga bermanfaat ^^

EGGLESS CHOCOLATE MINI BUNDT CAKE



Bismillahirrohmanirrohim

Ramadhan Kareem....Marhaban ya Ramadhan. Alhamdulillah kita dipertemukan lagi dengan bulan suci yang penuh maghfiroh. Semoga kita senantiasa diberi kesehatan dan dapat beribadah dengan sebaik-baiknya ya...Aamiin ya Rabb.

In shaa Allah nanti saya akan posting beberapa menu praktis untuk sahur dan berbuka puasa, semoga dapat menjadi inspirasi ya. Tapii...sebenarnya saya masak praktis gak cuma saat sahur dan berbuka puasa aja sih, kayanya emang seringnya gitu kok heheheh. Kali ini saya posting cake dulu ya. Eggless cake ini juga cukup mudah proses pembuatannya, tinggal aduk-aduk aja, udah jadi kok, tanpa lama dan ribet. Bahan-bahannya juga cukup mudah. Resepnya saya contek dari blog Mbak Hesty, konon beliau mendapatkan resepnya dari blogger Malaysia. Terima kasih ya mbak Hesty.

Aslinya eggless cake ini memakai siraman ganache di atasnya sebagai variasi, Mbak Hesty juga memakai taburan pistachio sebagai topping. Karena saya lagi males bikin ganache, jadi saya pakai saus coklat aja dan memakai taburan almond. Enak juga kok. Sayangnya cake saya rada-rada overbaked nih, tuuh keliatan retak-retak yaa. Waktu memanggang cake ini saya tinggal mandi dan ternyata suhu oven saya naik...haduuuh. Untung aja gak sampai gosong dan rasanya tetep enak, hanya penampilannya aja yang jadi gak cantik. 







EGGLESS CHOCOLATE MINI BUNDT CAKE

Bahan :
1 1/4 cup tepung terigu protein sedang
1 sdt baking powder
1/2 cup coklat bubuk
2 sdm susu bubuk full cream
1 1/4 cup air es
1 cup gula palem
2 sdm kopi instant 3 in 1 (saya pakai good day)
1/2 sdt garam
1/2 sdt pasta moka atau pasta coklat
1/2 cup minyak sayur atau mentega cair

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 160-170' C. Siapkan loyang, oles margarin dan taburi sedikit terigu. Sisihkan.
2. Campur dan ayak tepung terigu, baking powder, coklat bubuk dan susu bubuk. Tambahkan gula palem, kopi instan dan garam. Aduk rata.
3. Masukkan berturut-turut air es, minyak dan pasta. Aduk menggunakan whisk asal rata saja, jangan overmix ya.
4. Tuang ke dalam loyang kemudian panggang selama kurang lebih 25-30 menit. Tergantung pada ukuran loyang dipakai dan oven masing-masing ya.
5. Angkat, keluarkan dari loyang dan dinginkan baru diberi topping sesuai selera.

Walaupun tanpa telur, cake ini lembut, moist dan anti sertet. Recomended untuk dicoba deh. Kalau tidak suka dengan kopi, bisa diskip ya. Walau memakai kopi, tapi aroma kopinya tidak terlalu kuat kok, mungkin juga karena pemakaian colat bubuk yang cukup banyak, jadi yang menonjol adalah aroma coklatnya. Enaak

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya.
Happy Baking ^^


GURAME GORENG + SAMBAL TERASI....SIMPEL DAN ENAAK !!



Bismilllahirrohmanirrohim

Postingan gak penting banget, tapi gak apa-apa yaaa. Sebagai orang yang males ribet di dapur, mengolah menu-menu simpel tapi tetap enak it's a must. Itu sih saya banget deh ya. Pengen sih sebenarnya bisa sering bebikinan menu-menu yang enak dan gak cuma itu-itu aja, tapi saya sadar waktu saya di dapur terbatas sekali. Jadi sementara ini yang penting saya tetap bisa menyempatkan diri untuk memasak, itu udah bersyukur banget deh walaupun dengan menu-menu sederhana yang simpel.

Suami saya adalah penggemar ikan no 1. Kegemarannya ini ternyata menurun ke kakak Naira. Tidak heran kalau saya sering membuat olahan ikan. Mulai dari ikan bakar, ikan goreng, gulai ikan sampai ikan kuah asam, semua suka. Naaah...ikan goreng tentunya sering saya buat donk, karena ya itu tadi simpel banget. Cukup menyajikannya dengan sambel terasi atau sayur asam, waah...bisa lahap deh maemnya. Kalau goreng ikan, pasti udah pada bisa donk ya hihihi. Tapi gak apa deh ya, saya tuliskan disini lagi. Mumpung lagi keisengan fotoin gurame goreng >.<




GURAME GORENG

Bahan :
1 ekor ikan gurame ukuran sedang
1 sdt air jeruk nipis
1 sdm garam halus
1/2 sdt ketumbar
2 siung bawang putih
1 ruas kunyit
1 sdm air asam jawa
minyak goreng secukupnya

Pelengkap :
Lalapan
Sambal Terasi

Cara Membuat :
1. Cuci bersih ikan gurame, kerat-kerat kemudian kucuri dengan air jeruk nipis. Biarkan 10 menit kemudian cuci bersih kembali.
2. Haluskan bawang putih, ketumbar, garam dan kunyit, tambahkan air asam jawa kemudian oleskan ke seluruh permukaan ikan. Diamkan selama kurang lebih 15 menit hingga bumbu meresap.
3. Panaskan minyak yang cukup banyak, masukkan ikan dan goreng hingga salah 1 sisi matang dan kecoklatan baru kemudian dibalik. Goreng hingga kedua sisinya matang dan kecoklatan.
4. Angkat dan tiriskan.

Untuk sambalnya selain memakai sambal terasi, enak juga pakai sambal kecap atau bahkan sambal kacang. Kali ini saya bikin sambal terasi aja.


SAMBAL TERASI

Bahan :
7 cabe merah / cabe keriting
5 cabe rawit
3 siung bawang putih
2 butir bawang merah
1 buah tomat ukuran sedang
1 sdt terasi bakar
1 sdt gula merah
1/2 sdt garam
1 sdt wijen yang disangrai hingga berubah warna
minyak secukupnya

Cara Membuat :
1. Goreng cabe merah, cabe rawit, bawang merah dan bawang putih. Angkat dan tiriskan.
2. Haluskan semua bahan kemudian tuang sedikit minyak. Aduk rata
---> bila suka bisa diberi perasan air jeruk limau





Bagi saya, menu sederhana ini bisa jadi salah satu menu boros nasi lho hahaha. Setelah menikmati ikan goreng, lalapan plus sambal, tinggal gadoin sayur asem. Ya Allah...nikmat banget. Alhamdulillah

Happy Cooking ^^

MATCHA SILKY PUDDING



Bismillahirrohmanirrohim

Haloo...masih ingat gak dengan resep Silky Chocolate Pudding yang pernah saya posting beberapa waktu yang lalu? Alhamdulillah ternyata banyak yang tertarik mencoba membuatnya ya dan responnya juga positif alias banyak yang suka. Silky pudding memang berbeda teksturnya dengan puding yang berbahan dasar agar-agar bubuk atau jelly. Silky pudding ini memang TIDAK SET dan TIDAK PADAT ya. Jadi kalau ada beberapa yang menanyakan kok silky pudding yang dibuat tidak padat, yaa..memang seperti itulah tekstur dari silky pudding hehehe. 

Kali ini dari resep yang sama saya membuat versi matcha alias green tea. Untuk penggemar matcha, kayanya wajib banget deh nyobain juga. Selain simple, ternyata matcha silky pudding tuh enaak banget. Sayangnya saya cuma bisa kasih matcha sedikit aja karena memang di rumah cuma saya yang jadi fans beratnya si matcha. Suami dan anak-anak doyan juga sih, tapi kalau terlalu kuat aroma matchanya mereka gak suka. Jadi kali ini saya cuma pakai 1 sdt matcha sehingga aroma dan warnanya juga pucat. Tetap enak sih, lembuuut banget...ya iya lah namanya juga silky pudding. Sebagai variasi, saya tambahkan juga vla vanilla di atasnya. 







MATCHA SILKY PUDDING

Bahan :
700 ml susu cair
10 ml air panas
1-2 sdt matcha powder / bubuk green tea
30 gr maizena
1/2 sdt vanilla
100 gr gula pasir
170 gr white cooking chocolate (coklat masak putih), cincang

Cara Membuat :
1. Larutkan matcha powder dengan air panas, aduk rata hingga berbentuk pasta. Dinginkan.
2. Campur susu cair, gula pasir dan maizena. Aduk rata hingga maizena benar-benar larut kemudian masukkan pasta matcha, aduk rata kembali.
3. Masak dengan api sedang hingga mengental dan meletup-letup. Kecilkan api.
4. Masukkan vanilla dan white cooking chocolate, aduk hingga rata. Matikan api.
5. Tuang ke dalam gelas atau cup saji. Biarkan uap panasnya hilang dan simpan di dalam lemari es.


VLA VANILLA

Bahan :
300 ml susu cair
1 sdm maizena
60 gr gula pasir
1/8 sdt garam
1/2 sdt vanilla

Cara Membuat :
1. Campur susu, maizena, gula pasir dan garam. Aduk hingga rata.
2. Masak sambil diaduk hingga meletup-letup. Matikan api.
3. Biarkan uap panasnya hilang, masukkan vanilla. Aduk hingga rata.
4. Dinginkan dan sajikan dengan pudding.





Maafkan kalau foto-fotonya gak ada yang bener nih ya hiiks. Lagi gak mood jepret dan dipaksain itu ternyata memang hasilnya gak ada yang bagus. Jangan dilihat fotonya deh ya, tapi cobain aja resepnya hihihi.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

CHICKEN STEAK



Bismillahirrohmanirrohim

Chicken steak adalah salah satu menu favorit anak-anak saya. Setiap saya membuat chicken steak, mereka selalu lahap maemnya, tak heran kalau chicken steak termasuk sering saya buat. Herannya walau sering menikmati chicken steak ala-ala buatan Bundanya, kok ya mereka gak bosen-bosen ya hihihi. Kenapa saya sebut chicken steak ala-ala alias versi KW, ya karena chicken steak ini dibuat suka-suka saya aja. Mungkin berbeda dengan chicken steak yang dijual di resto-resto itu. Buatan saya lebih simpel dan penampilannya kurang menarik yaa. Tapi gak apa deh, yang penting anak-anak doyan ^^

Untuk pelengkap chicken steak, saya paling suka membuat saus jamur lada hitam seperti yang pernah saya buat untuk pelengkap steak tempe. Silahkan bisa dilihat disini ya. Kali ini saya membuat saus lada hitam saja karena tidak ada stok jamur di rumah. Pelengkap lainnya, biasanya saya membuat french fries alias kentang goreng dan mix vegetable yang terdiri dari buncis, wortel dan jagung manis. Kali ini cukup wortel dan buncis saja yang dipotong memanjang. Silahkan disesuaikan dengan selera aja ya.

CHICKEN STEAK 

Bahan :
300 gr fillet dada ayam, iris tipis melebar
1 sdt air jeruk nipis
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
minyak goreng secukupnya

Tepung Bumbu Pelapis :
300 gr tepung terigu
1 sdm tepung sagu
1/2 sdt soda kue
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala bubuk

Bahan Pencelup :
1 putih telur
250 ml air
1/2 - 1 sdt garam

Cara Membuat :
1. Iris tipis melebar fillet dada ayam, pukul-pukul perlahan agar lebih lunak kemudian lumuri air jeruk nipis dan beri garam serta merica bubuk. Diamkan dalam lemari es hingga bumbu meresap (biasanya saya diamkan hingga 2 jam, boleh juga antara 30 menit - 1 jam).
2. Campur semua bahan tepung bumbu pelapis. Sisihkan.
3. Kocok lepas putih telur, tambahkan garam dan air. Aduk rata.
4. Ambil potongan fillet ayam, gulingkan pada bumbu pelapis, celupkan ke bahan pencelup dan gulingkan kembali pada bumbu pelapis hingga rata. Padatkan hingga tepung melekat dengan baik dan cubit-cubit  dengan ujung jari untuk menimbulkan efek kriwil saat digoreng. Boleh disimpan lagi sebentar di dalam lemari es agar tepung menempel atau langsung digoreng juga oke.
5. Panaskan minyak, goreng fillet ayam hingga kecoklatan dan kering.
6. Angkat dan tiriskan.

SAUS LADA HITAM

Bahan :
1/2 butir bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
300 ml air kaldu
1 sdm kecap manis
2 sdm saus tomat
1 sdm kecap inggris
2 sdm saus tiram
1 sdt garam
1/4 sdt lada hitam butiran, haluskan
1 sdt gula pasir
1 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air
2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu dan harum.
2. Masukkan kecap manis, saus tomat, saus tiram dan kecap inggris. Aduk hingga rata. 
3. Tuang air kaldu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. 
4. Bumbui dengan garam, gula pasir dan lada hitam. Masak hingga mendidih.
5. Tuang larutan maizena sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diinginkan. Koreksi rasa hingga sesuai selera.
6. Matikan api, siap digunakan.








Naaah...biar cuma chicken steak versi KW, tapi selalu ada kepuasan tersendiri kalau keluarga menyukai apa yang sudah kita buat. Jadi...cobain bikin yuuuk. 

Happy Cooking ^^

PISANG GORENG PASIR ISI KEJU



Bismillahirrohmanirrohim

Gorengan lagiii. Kali ini edisi bikin pisgor. Kebetulan kemarin dapat kiriman pisang kepok yang manis dan cocok banget kalau diolah jadi pisang goreng. Sesuai request pak suami, saya bikin pisang goreng pasir alias pisang goreng yang dibalut tepung panir. Sebagai variasi saya tambahkan keju cheddar slice didalamnya. Selain memakai keju slice, bisa juga ditambahkan cooking chocolate yang diiris tipis. Tanpa isian juga tetap enak kok, karena kulitnya yang crispy dipadukan dengan pisang yang manis di dalamnya. Selain memakai isian, pisang goreng pasir ini enak juga disajikan dengan siraman saus coklat atau saus karamel. Aduduuuh...bayanginnya aja udah ngiler hahaha.

Resep pisang goreng pasir mah suka-suka aja ya, biasanya saya tinggal cemplang cemplung aja tanpa takaran. Untuk bahan pencelupnya saya cuma pakai tepung terigu, gula pasir dan air. Ada juga yang pakai margarin leleh, telur dan campuran tepung terigu plus tepung beras. Kalau saya emang suka yang simpel aja dengan 3 bahan tadi. Pisang yang digunakan lebih enak yang 1/2 matang, bisa memakai pisang kepok atau pisang raja. Kalau punya pisang yang sudah terlanjur matang, bisa dihaluskan pisangnya dan dibuat nugget pisang, seperti yang dulu pernah saya posting disini.







PISANG GORENG PASIR

Bahan :
10 buah pisang kepok
150 gr tepung terigu serbaguna
3 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
250 ml air
keju slice atau keju cheddar diiris tipis secukupnya
minyak goreng

Bahan Pelapis :
tepung panir secukupnya

Cara Membuat :
1. Pisang dibelah hingga tidak terputus hingga membentuk kipas kemudian selipkan keju slice di sela-selanya.
2. Campurkan tepung terigu, gula pasir, garam dan air. Aduk rata hingga halus. Takaran air menyesuaikan aja ya.
3. Celupkan pisang ke bahan pencelup kemudian gulingkan ke bahan pelapis. Lakukan hingga habis.
4. Simpan di dalam lemari es selama kurang lebih 15 menit agar tepung panir menempel. Kalau saya biar cepet nempel suka memasukkan ke dalam freezer.
5. Panaskan minyak, goreng pisang hingga coklat keemasan.
6. Angkat dan tiriskan.

Nikmaat banget untuk cemilan sore ditemani teh hangat. Alhamdulillah ^^


YANG LAGI NGE-HITS....BOLU JERMAN VERSI PANDAN



Bismillah

Yang lagi ngehits...yang lagi kekinian...bolu jerman !! Saya jarang sekali buka-buka FB, bahkan FB di hape juga sering off, jadi saya juga jarang banget buka-buka grup FB. Gak heran kalau sekarang ini saya jadi "gak gaul" tentang yang lagi ngetrend di grup hehehe. Pas buka FB dan grup...whuiiih...ternyata lagi pada demam bolu jerman ya. Baru ini saya dengar tau kalau ada bolu namanya bolu jerman. Saya mah ketinggalan jaman banget deh ya huhuhu.

Aslinya di Jerman sono, gak ada yang namanya bolu jerman. Entah kenapa kok bolu ini dinamakan bolu Jerman. Sebenarnya ini adalah cake biasa yang proses pembuatannya menggunakan all in one method, yaitu semua bahan dikocok bersama kecuali butter / margarin cair. Resep bolu jerman ini mirip dengan resep cake pandan yang dulu pernah saya posting, hanya beda takarannya saja. Silahkan bisa dilihat disini ya.

Berdasarkan testimoni teman-teman yang sudah membuat bolu jerman ini, rata-rata bilang kalau enak banget, teksturnya halus dan lembut mirip chiffon cake. Penasaran donk kaya gimana, jadi saya juga harus ikutan bikin hihihi. Saya buat yang versi pandan karena memang hobby banget dengan aroma-aroma pandan.  Mohon maaf saya tidak tahu siapa yang pertama kali mempopulerkan resep ini di grup, karena ya itu tadi...jarang buka FB huhuhu. Buat pemilik resep aslinya...hatur nuhun buat resepnya ya...semoga tambah barokah sudah sharing resep ini. Aamiin.




BOLU JERMAN PANDAN

Bahan :
6 kuning telur
3 putih telur
100 gr gula pasir
1/2 sdt emulsifier
60 gr tepung terigu
30 gr maizena
30 gr susu bubuk full cream
2 sdm susu cair (aslinya pakai air)
100 gr butter / margarin, lelehkan
1 sdt pasta pandan

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 170' C, siapkan loyang (saya pakai loyang tulban 22 cm), oles margarin dan taburi dengan tepung terigu. Sisihkan.
2. Kocok bersama-sama kuning telur, putih telur, gula pasir, emulsifier, susu cair, tepung terigu, maizena dan susu bubuk. Kocok hingga mengembang dan kental. Matikan mixer.
3. Masukkan butter leleh dan pasta pandan sedikit demi sedikit sambil diaduk balik hingga tercampur rata. 
4. Tuang ke dalam loyang kemudian ketuk-ketuk loyang atau hentakkan perlahan untuk mengurangi udara yang ada dalam adonan.
5. Panggang selama kurang lebih 30-40 menit hingga matang. Keluarkan dari loyang dan dinginkan.




Teksturnya memang lembut banget tapi menurut saya belum "ringan" seperti chiffon cake. Atau punya saya yang salah ya hihihi. Untuk yang menghindari pemakaian emulsifier, bisa dicoba dengan menambahkan kuning telur ya, karena kuning telur adalah emulsifier alami. Next time in shaa Allah pengen bikin lagi.

Udah gak penasaran lagi karena udah ngerasain bikin yang lagi nge-hits hahaha. Alhamdulillah nikmat banget untuk teman nge-teh di sore hari. Selain versi pandan, bisa dicoba juga bikin yang vanilla, mocca, coklat, green tea, jeruk atau bahkan versi red velvet-nya. Asyik kan, dari 1 resep bisa divariasikan menjadi berbagai macam rasa. 

Semoga bermanfaat...Happy Baking ^^

RISOLES AYAM



Bismillahirrohmanirrohim

Gorengan...gorengan !! Bagi saya, gorengan adalah jajanan yang gak ada bosennya. Kalau diturutin, bisa-bisa setiap hari makan gorengan, karena ya itu saya hobby banget dengan aneka gorengan, bukan makan penggorengan lho yaa hihihi. Mulai dari bakwan, pisgor, lumpia, tahu isi, tahu bakso, mendoan atau risoles saya suka. Risoles ini saya buat beberapa waktu yang lalu. Kebetulan di freezer masih ada 3 risoles frozen, lumayan lah buat cemilan sore menemani sepiring bakwan (teteuup gorengan).

Risoles bisa diisi dengan aneka variasi isian. Mulai dari yang ala-ala bule, yaitu risol mayo yang berisi keju-smoked beef-mayonaise, risol rhogurt, risol sayur, risol pisang coklat, risol ayam jamur, risol bihun dan lain-lainnya. Kalau saya sih suka-suka aja, menyesuaikan yang ada di kulkas. Seperti yang saya buat ini, judulnya sih risol ayam tapi ternyata isiannya campur-campur, yaitu ayam cincang, wortel, kentang dan telur. Kok jadi campur aduk gitu yak? Karena memang ayamnya cuma punya sedikit hihihi, jadi ditambahkan macam-macam biar isiannya jadi banyak. Percaya deh...tetap enaak. Untuk kulit risoles juga ada beberapa resep. Yang istimewa tentunya yang memakai susu dan telur, rasanya gurih dan lembut. Versi ekonomisnya adalah yang tidak memakai susu, bahkan ada yang tidak memakai telur. Kali ini saya buat yang memakai campuran susu cair dan air.




RISOLES AYAM

Bahan Kulit :
200 gr tepung terigu
1 sdt garam
1/4 sdt gula pasir
2 butir telur
300 ml susu cair
200 ml air
2 sdm margarin leleh

Bahan Tambahan :
3 butir telur (saya pakai stok putih telur)
tepung panir
minyak goreng

Cara Membuat Kulit :
1. Campur tepung terigu, garam dan gula pasir. Buat lubang di tengahnya dan masukkan telur, aduk hingga rata.
2. Masukkan susu cair dan air sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan whisker hingga halus dan tidak bergerindil kemudian masukkan margarin leleh. Aduk hingga rata.
3. Diamkan selama kurang lebih 30 menit atau boleh kalau mau langsung dibuat dadar.
4. Panaskan wajan dadar atau wajan kwalik, buat dadar. Lakukan hingga habis dan kulit siap digunakan.

Bahan Isian :
200 gr ayam cincang
1 buah kentang, potong dadu kecil
2 butir telur kocok lepas dan buat orak arik
1 buah wortel, potong dadu kecil
3 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
1 sdm saus tiram
1 sdt kecap ikan
garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya
2 batang daun bawang, cincang
2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat Isian :
1. Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum.
2. Masukkan ayam cincang, aduk hingga berubah warna kemudian masukkan kentang dan wortel. Aduk rata dan masak hingga setengah lunak.
3. Masukkan telur kocok, saus tiram, kecap ikan, garam, gula pasir dan merica bubuk. Aduk rata dan test rasa.
4. Menjelang diangkat, masukkan irisan daun bawang.
5. Siap digunakan.

Penyelesaian :
1. Letakkan isian di salah satu sisi kulit, lipat kemudian gulung sambil dipadatkan.
2. Celupkan ke dalam kocokan telur dan gulingkan ke dalam tepung panir. Lakukan hingga habis.
3. Simpan di dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit agar tepung panir menempel.
4. Panaskan minyak, goreng risoles hingga keemasan. Angkat dan tiriskan.




Risolesnya gendut-gendut yaa... Emang kalau bikin sendiri, bisa ngasih isian yang banyak jadi risolesnya bisa gendut-gendut gini. Dinikmati dengan cabe rawit atau saus sambal favorit...Alhamdulillah nikmaat.

Selamat bikin risoles sendiri yaa ^^

PUDING OREO



Bismillahirrohmanirrohim

Lagi kumat males bebikinan dan kalau udah gini berarti saatnya saya bikin puding untuk keluarga hehehe. Puding yang mudah dan simpel memang selalu jadi penyelamat di saat malas uprek di dapur. Jadi walaupun saya lagi males, tetap punya "sesuatu" yang bisa dinikmati bersama keluarga. Kali ini saya bikin puding oreo. Sebenarnya ini puding biasa saja, hanya ditambahkan remahan oreo pada pudingnya. Menurut saya puding oreo saya ini malah jadi kaya puding ketan hitam hahaha. Yang penting enaak ah.

Beberapa waktu yang lalu mbak Fifi juga bikin puding oreo ini dan memakai whipcream bubuk pada larutan pudingnya. Pingin nyoba juga ah gimana hasilnya dan ternyata memang enak lho. Kalaupun gak ada whipcream bubuk bisa diskip aja gak apa-apa kok. Alhamdulillah...anak-anak suka banget puding oreo ini. Awalnya mereka ngerasa aneh juga sih liatnya, puding kok berbintik-bintik hitam gitu ya Bund. Setelah tau oreo...ya segera diserbuuu. 






PUDING OREO

Bahan :
1 bungkus (7 gr) agar-agar bubuk plain
100-120 gr gula pasir
850 ml susu
sejumput garam
50 gr whipcream bubuk
8 keping oreo, buang krimnya dan hancurkan
1 sdt pasta vanilla

Pelengkap :
vla vanilla
oreo mini

Cara Membuat :
1. Dalam panci, campurkan agar-agar bubuk, gula pasir, garam dan whipcream bubuk.
2. Tuang susu dan masak dengan api sedang sambil diaduk hingga mendidih. Matikan api dan biarkan uap panasnya hilang.
3. Masukkan remahan oreo dan pasta vanilla, aduk rata.
4. Tuang ke dalam cetakan atau gelas saji, biarkan set dan simpan di dalam kulkas.
5. Sajikan dingin dengan pelengkap.

Resep pudingnya sih bisa memakai resep puding apa aja ya, ntar tinggal ditambahkan remahan oreo. Mau pakai resep puding vanilla yang memakai white cooking chocolate bisa atau mau pakai resep puding sutra juga oke. Eh ya...kemarin baru beli jar mini tempat silky puding, jadi kepikiran lagi untuk bikin silky puding entah itu yang versi green tea atau oreo. Ceritanya mau melanjutkan kemalasan di dapur dan menarsiskan jar puding baru hahaha.




Selamat mencoba...semoga bermanfaat yaa ^^

LONTONG SAYUR LABU SIAM



Bismillahirrohmanirrohim

Welcome June ^^
Nemu foto lama ini di file laptop, ternyata belum sempat diposting di blog. Jadi...entahlah lontong sayur ini kapan bikinnya, karena yang pasti udah lama banget. Udah pada tau donk dengan lontong sayur karena lontong sayur ini salah satu menu tradisional yang sangat populer. Biasanya mudah ditemukan saat pagi hari karena memang cocok untuk menu sarapan. Di daerah tempat saya tinggal juga banyak penjual lontong sayur. Biasanya tiap hari sayurnya berbeda-beda, kadang sayur nangka, sayur labu siam, sayur pepaya atau bahkan sayur rebung. Untuk pelengkapnya memakai ayam suwir, tahu dan telur bumbu opor. Jangan lupa bubuk kedelai dan krupuknya ya. Rasanya sudah pasti sedaaap, tapi jangan tiap hari ya makan lonsay hihihi.

Yang jadi favorit saya adalah lontong sayur yang memakai labu siam. Dulu resepnya sudah pernah saya posting sih, waktu itu memakai udang, telur puyuh dan tempe. Full kolesterol deh pokoknya hahaha. Kali ini saya gak pakai pelengkap apa-apa, benar-benar cuma sayur labu. Lagi ngiriiit nih ceritanya. Saya tuliskan lagi yaa resepnya.

SAYUR LABU SIAM 

Bahan :
2 buah labu siam, potong korek api
1 blok tahu, potong dadu dan goreng sebentar hingga berkulit
2 helai daun salam
2 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
5 cabe merah, iris tipis (boleh juga pakai cabe rawit utuh)
1000 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
10 buah cabe merah besar 
7 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri, sangrai
3 sdt garam (atau sesuai selera)
1-2 sdt gula pasir

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga matang dan harum. Masukkan daun salam, irisan cabe merah dan serai. Aduk rata.
2. Tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk. Teruskan memasak hingga mendidih sambil diaduk sesekali agar santan tidak pecah .
3. Masukkan labu siam, bumbui dengan garam dan gula pasir. Masak hingga matang.
4. Angkat dan siap disajikan.

Untuk pelengkapnya yaitu ayam suwir, tahu dan telur bumbu opor pasti udah pada bisa donk bikinnya. Resep saya mah biasanya asal cemplang cemplung aja, kurang lebih seperti berikut yaa. Ssttt....opornya kurang kuning yaa...kehabisan kunyit >.<

OPOR AYAM

Bahan :
1 ekor ayam potong sesuai selera
(lebih enak pakai ayam kampung, pakai ayam negeri juga boleh)
2 blok tahu, potong sesuai selera, goreng sebentar hingga berkulit
5 telur rebus
3 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
1 ruas lengkuas memarkan
1 batang serai, ambil bagian putihnya memarkan
700 ml santan encer
300 ml santan kental
garam dan gula secukupnya
minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
8 siung bawang putih
5 butir bawang merah
5 butir kemiri sangrai
1 sdt ketumbar sangrai
1 ruas jahe
3 cm kunyit
1 1/2 sdt garam

Cara Membuat:
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan daun salam, daun jeruk, lengkuas dan serai. Aduk rata.
2. Masukkan  potongan ayam, aduk hingga rata.
3. Tuang santan encer, masak sambil sesekali diaduk hingga mendidih dan santan menyusut.
4. Masukkan tahu dan telur rebus, kemudian tuang santan kental, bumbui dengan garam dan gula hingga rasanya pas. Masak sebentar hingga santan mendidih kembali.
5. Matikan api dan siap disajikan.

Penyelesaian Lontong Sayur Labu Siam
1. Potong-potong lontong dan suwir ayam, tata di piring saji. Tambahkan tahu dan telur.
2. Siram dengan sayur labu dan taburi bubuk kedelai.




Selamat mencoba yaa...semoga bermanfaat ^^