SUS VLA NAPOLEON KACANG DAN TIPS SUKSES MEMBUAT SUS



Bismillah

Postingan di akhir Maret. Semoga bulan depan tetap diberi kesehatan, bisa rajin bebikinan, tambah semangat belajar foto-foto dan tambah rajin ngeblog. Harap maklum kalau semangat untuk bebikinan suka timbul tenggelam gak jelas gini. Kayanya memang lagi butuh mood booster biar bisa semangat lagi. Pengennya sih bisa membagi waktu lebih baik lagi jadi bisa nyobain resep-resep baru. Mulai deh ngelantuuur.

Kali ini saya bikin sus buat cemilan keluarga di rumah. Kami sekeluarga penggemar sus dan kebetulan memang udah lama saya gak bikin sus. Pengennya sih bikin sus dengan vla matcha atau green tea, tapiii...bisa dipastikan yang hobby cuma saya aja. Akhirnya ganti haluan bikin sus dengan salah satu vla favorit keluarga yaitu vla napoleon.Vla Napoleon ini memakai resep dari mbak Riana Ambarsari. Iseng aja di adonan vla saya tambahkan selai kacang. Ternyata rasa vla-nya jadi lebih gurih dan terasa "nutty". Enak deeh. Kalau yang gak suka selai kacang, bisa diskip aja dan vla napoleon ini tetap enak kok. Suka banget dengan tekstur vla-nya yang lembut.







SUS VLA NAPOLEON KACANG

Bahan Kulit Sus :
125 gr margarin
1/4 sdt garam 
200 ml air
125 gr tepung terigu protein tinggi
25 gr tepung terigu protein sedang
4 butir telur ukuran sedang

Cara Membuat Kulit Sus :
1. Masak margarin, garam dan air hingga mendidih.
2. Masukkan campuran terigu yang sudah diayak, aduk dengan menggunakan sendok kayu hingga kalis. Matikan api dan biarkan hangat.
3. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata.
4. Masukkan adonan ke dalam piping bag yang telah diberi spuit dan spuitkan ke loyang yang sudah dialasi kertas roti dan dioles margarin.
5. Panggang dengan suhu 190'C selama kurang lebih 30 menit atau tergantung masing-masing oven. Jangan membuka oven apabila masih terdapat buih-buih di permukaan sus.
6. Setelah matang, angkat dan dinginkan di atas cooling rack

Bahan Vla Napoleon Kacang :
750 ml susu cair
100 gr gula pasir
50 gr maizena
5 kuning telur
100 ml whipped cream cair
50 gr selai kacang ---> larutkan dengan sedikit air panas dan aduk rata.
1 sdm unsalted butter 
1/2 sdt vanilla

Cara Membuat Vla Napoleon Kacang :
1. Larutkan maizena dengan sebagian susu. Aduk rata hingga halus dan sisihkan.
2. Tambahkan sedikit susu ke dalam kuning telur dan kocok lepas hingga tercampur rata. Sisihkan.
3. Masak sisa susu dengan gula pasir sambil diaduk, tambahkan larutan maizena. 
4. Ambil 1 sendok sayur adonan, masukkan ke dalam campuran kuning telur. Aduk rata dan masukkan kembali ke dalam adonan vla. Aduk cepat hingga meletup-letup.
5. Masukkan whipped cream cair dan masak kembali hingga meletup-letup. Matikan api.
6. Masukkan unsalted butter, aduk rata hingga butter leleh.
7. Masukkan vanilla, aduk rata dan vla siap digunakan.

Penyelesaian :
1. Masukkan vla ke dalam piping bag dan semprotkan ke dalam sus.
2. Beri dusting gula halus bila suka atau bisa juga memakai coretan coklat leleh.




Di postingan -postingan lama sebenarnya saya cukup sering menuliskan tips membuat sus. Kali ini saya coba rangkum menjadi satu ya. 

TIPS SUKSES MEMBUAT SUS

1. Sus bisa dibuat menggunakan tepung terigu protein tinggi bisa juga menggunakan tepung terigu protein sedang atau kombinasi dari keduanya. Penggunaan terigu protein tinggi membuat kulit sus kokoh sedangkan terigu protein sedang membuat kulit sus teksturnya lembut.
2. Pastikan margarin dan air benar-benar mendidih sebelum tepung terigu dimasukkan. Kecilkan api dan aduk agak lama hingga adonan benar-benar rata dan kalis.
3. Pastikan telur dimasukkan ke dalam adonan yang sudah hangat. Jangan panas-panas langsung ditambahkan telur ya, karena nanti telurnya akan matang. Kocok rata di setiap penambahan telur.
4. Telur ditambahkan satu persatu hingga adonan dirasa bisa dispuit. Apabila terlalu banyak / terlalu besar ukuran telur, maka adonan akan lembek dan sulit untuk dispuit. Adonan yang terlalu lembek bisa ditambahkan 1/2 takaran terigu.
5. Spuitkan adonan di atas loyang yang dioles tipis margarin atau bisa juga dialas kertas roti terlebih dahulu. Loyang yang dioles margarin terlalu tebal akan mengakibatkan sus bergeser selama proses pemanggangan
6. Beri jarak di setiap sus karena selama proses pemanggangan susu akan mengembang.
7. Oven harus dalam kondisi panas dengan suhu tinggi kurang lebih 190-200' C saat adonan dimasukkan. Panggang selama kurang lebih 30 menit atau tergantung oven masing-masing.
8. Jangan membuka oven apabila masih terdapat buih-buih di permukaan sus agar sus dapat mengembang sempurna, berongga dan tidak mengempis.
9. Setelah matang, segera pindahkan sus ke atas cooling rack agar uap panasnya keluar dan kulitnya tidak basah.
10. Vla atau ragout yang diisikan ke dalam sus dalam kondisi dingin.

Just sharing...semoga bermanfaat ya.
Happy Baking ^^


NUGGET ASAM MANIS



Bismillahirrohmanirrohim

Haloo...apa kabar? Kalau ada yang nanya kabar saya (emangnya ada?), sekarang ini lagi sibuk mondar mandir hihihi. Jadi mohon maaf ya kalau ada komen yang belum sempat saya balas ya. In shaa Allah secepatnya segera saya balas dan makasiiih banget udah berkenan mampir di catatan dapur abal-abal saya ini hehehe.

Postingan kali ini sebenarnya sederhana banget, bahkan bisa dibilang gak penting kali ya. Sebenarnya ini adalah cara lain dari keluarga saya untuk menikmati chicken nugget. Kami gak terlalu sering mengkonsumsi nugget sih, tapi bukan berarti gak pernah lho ya. Kalau lagi rajin, saya bikin nugget sendiri, resepnya bisa dilihat disini. Selain dicocol dengan saus sambel favorit atau mayonaise, nugget enak juga disajikan dengan saus asam manis. Gurihnya nugget dipadukan dengan saus asam manis yang seger, ternyata enaak banget. Goreng nugget setelah saus asam manis siap dan segera sajikan agar nugget tetap terasa renyahnya. 




NUGGET ASAM MANIS

Bahan :
300 gr chicken nugget
minyak goreng secukupnya

1/2 butir bawang bombay, iris memanjang
3 siung bawang putih, memarkan 
1 buah wortel, potong korek api
1/2 buah nanas kecil, potong-potong
2 sdm kacang polong beku
6 sdm saus tomat atau bisa juga pakai pasta tomat
1 sdm saus inggris
3-4 sdm gula pasir atau sesuai selera manis
2 sdt air jeruk nipis
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
300 ml air
1 sdm terigu, larutkan dengan sedikit air
1 batang daun bawang, iris-iris
2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
1. Panaskan 2 sdm minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan wortel dan kacang polong, aduk hingga rata.
2. Masukkan saus tomat, saus inggris dan air jeruk nipis. Aduk rata.
3. Tuang air sedikit demi sedikit kemudian bumbui dengan garam, gula pasir dan merica bubuk. Masak hingga meletup-letup.
4. Tuang larutan terigu sedikit demi sedikit, aduk hingga mengental.
5. Masukkan potongan nanas, aduk hingga rata dan test rasa hingga sesuai selera.
6. Menjelang diangkat, masukkan daun bawang. Matikan api dan siap digunakan.
7. Panaskan minyak, goreng nugget hingga keemasan. Angkat dan tiriskan.
8. Tata nugget di piring saji dan siram dengan saus asam manis dan segera sajikan.

Monggo dicoba...siapa tau sesuai dengan selera keluarga.
Happy cooking ^^

WINGKO LAGI





Bismillah...

Entah postingan yang keberapa tentang wingko, karena memang keluarga kami suka banget dengan wingko. Bikinnya juga cukup mudah, cepat dan bahan-bahannya cukup simpel. Resepnya masih tetap sama dengan resep yang saya posting dulu. Saya tuliskan lagi disini, daripada gak nulis apa-apa hihihi.




W I N G K O

Bahan :
200 gr tepung ketan
1 butir kelapa, kupas dan parut
200 gr gula pasir
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanillli
1 butir telur, kocok lepas
60 gr butter, lelehkan

Cara Membuat :
1. Campur tepung ketan, gula pasir, kelapa parut, vanilli dan garam. Aduk hingga rata.
2. Masukkan telur dan butter leleh. Aduk rata.
3. Panaskan wajan anti lengket, tuang adonan dan masak dengan api kecil hingga matang dan kedua sisinya kecoklatan. Bisa juga dituang ke dalam loyang 22x22 cm yang sudah dioles minyak dan dialas daun pisang kemudian dioven dengan suhu 170'C.
4. Angkat, dinginkan dan potong-potong.

Udah yaa...gitu aja. Selamat mencoba ^^

BAKED SPICY CHICKEN WINGS



Bismillahirrohmanirrohim

Chicken wings adalah salah satu menu yang sempat populer di salah satu resto waralaba. Pernah nyobain sekali dan memang rasanya enak bangeet. Gak tau juga sekarang menu ini masih ada gak di resto tersebut. Beberapa hari lalu saya coba bikin sendiri, tapi yang versi baked atau memakai oven. Rasanya lumayan juga lah menurut saya, lumayan untuk "tombo pengen" hihihi. Saya bikin 2 versi, yang pedas dan tidak pedas buat anak-anak. Untuk pelengkapnya saya bikin potato wedge yang resepnya pernah saya posting disini. Resep yang saya tulis berikut adalah resep yang pedas, kalau ingin membuat yang tidak pedas bisa diskip aja cabe bubuknya ya. Selain dipanggang, chicken wings ini bisa juga digoreng. Sama enaknya kok. 




BAKED SPICY CHICKEN WINGS

Bahan :
1 kg sayap ayam
6 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
2 sdm madu 
5 sdm saus tomat
1 sdm kecap inggris
3 sdm cabai bubuk
1 jeruk nipis, ambil airnya
1 sdt garam
1/2 sdt gula
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
250 ml air

Cara Membuat :
1. Campur bawang putih, madu, tomat, kecap inggris, cabai bubuk dan air jeruk nipis. Aduk hingga rata.
2. Masukkan sayap ayam, aduk rata hingga tercampur. Diamkan 20 menit.
3. Tuang ke wajan anti lengket, nyalakan api dan aduk-aduk hingga ayam berubah warna.
4. Bumbui garam, gula pasir dan merica bubuk. Aduk rata.
5. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk. Kecilkan api dan lanjutkan memasak hingga air meresap. Matikan api.
6. Panaskan oven 170'C, tata ayam beserta bumbunya di pinggan atau loyang yang dialasi alumunium foil. Panggang selama kurang lebih 30 menit. Sesekali balik sayap ayam sambil dioles-oles bumbu yang ada di dasar pinggan atau loyang.
7. Angkat, taburi cabai bubuk dan sajikan hangat. 




Alhamdulillah selalu jadi menu favorit walaupun ini versi abal-abal dari chicken wings resto terkenal itu hihihi. Hayuuk bisa dicoba, siap tau jadi salah satu menu favorit juga.

Happy Baking...semoga bermanfaat ^^

MARTABAK BROWNIES



Bismillahirrohmanirrohim

Beberapa hari yang lalu, saya bikin martabak manis untuk cemilan sore keluarga. Membuat martabak manis selalu jadi keasyikan tersendiri karena selain kami sekeluarga menyukainya, anak-anak juga bebas memilih dan menata isian atau topping kesukaan mereka. Biasanya saya bikin untuk 2 loyang, yang 1 loyang untuk dikreasikan anak-anak dan yang 1 loyang saya tata sendiri karena disiapkan untuk suami. Kalau anak-anak "turun" ke dapur, berantakan ya? Pasti !! Tapi...it's oke yang penting bisa seseruan.

Kali ini saya bikin martabak brownies atau martabak coklat. Resepnya sebenarnya sama dengan yang biasa saya buat, hanya kali ini saya tambahkan coklat bubuk dan untuk olesannya saya memakai sisa ganache ekonomis yang terbuat dari susu cair dan cooking chocolate. Hasilnya...nyoklat banget. Jadi gak salah ya kalau saya kasih judul martabak brownies. Untuk olesannya, bisa memakai selai coklat siap pakai dan toppingnya silahkan disesuaikan dengan selera keluarga. Kali ini saya memakai keju parut dan juga remahan wafer. 




MARTABAK BROWNIES
untuk 2 loyang martabak ukuran 22 cm

Bahan :
235 gr tepung terigu protein sedang
15 gr coklat bubuk
1 sdt baking powder
85-90 gr gula pasir
1/4 sdt garam
1 kuning telur
350 ml air
1/2 sdt pasta coklat (optional)
gula pasir secukupnya untuk taburan
butter / margarin secukupnya untuk olesan

Bahan Tambahan per Loyang :
1/4 sdt soda kue
1/4 sdt baking powder

Isian / Topping :
chocolate spread
keju parut
wafer 
atau sesuai selera

Cara Membuat :
1. Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk dan baking powder. Masukkan garam, gula pasir dan kuning telur. Aduk rata.
2. Tuang pasta coklat ke dalam air, aduk hingga rata kemudian tuang sedikit demi sedikit ke adonan sambil dimixer hingga halus teksturnya.
3. Tutup adonan dengan lap / serbet bersih, diamkan selama kurang lebih 60 menit.
4. Panaskan cetakan martabak dengan api kecil hingga benar-benar panas. Bagi 2 adonan, dan sebelum dituang ke cetakan masukkan soda kue serta baking powder. Tuang ke dalam cetakan.
5. Biarkan adonan berbuih atau berbusa kecil-kecil, taburi gula pasir dan tutup cetakan. Masak dengan api kecil hingga matang.
6. Angkat dari cetakan, oles seluruh permukaan dengan butter / margarin dan beri topping atau isian.
7. Potong-potong sesuai selera. Siap dihidangkan.






Alhamdulillah...keliatan seratnya kan. Suka banget dengan teksturnya yang lembut ini, gak kalah deh dengan yang dijual abang-abang itu. Kalau tidak punya loyang martabak manis, bisa memakai teflon ya atau dibuat versi mini dengan cetakan kue lumpur. Yang pasti proses pemasakannya harus dengan api keciiil, biar gak gosyoong heheheh.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

BLACK MAGIC CAKE with CHOCO DRIZZLE



Bismillah

Hayoo...siapa yang ngaku penggemar cake coklat? Kalau hobby makan cake coklat, harus cobain cake yang ini lho karena memang cake ini spesial buat choco lovers. Namanya memang rada-rada serem ya, tapi percaya deh kalau cake ini nyoklaat banget. Entah kenapa dinamakan dengan Black Magic Cake. Mungkin dari penampilannya yang memang hitam atau bisa juga karena cukup dengan diaduk-aduk udah bisa jadi cake yang enak...ala-ala magic gitu hihihi. Untuk membuat black magic cake yang benar-benar nyoklat dan enak, gunakan coklat bubuk dengan kualitas baik. Rasa coklatnya murni didapatkan dari coklat bubuk tersebut karena cake ini tidak memakai cooking chocolate dalam proses pembuatannya. Untuk menambah rasa nyoklatnya saya juga membuat choco drizzle yang terbuat dari ganache ekonomis. Jadi tambah nyoklat deh.

Black Magic Cake ini teksturnya lembab dan moist. Gak nyangka deh dari adonan yang benar-benar cair bisa jadi cake seperti ini. Saya suka karena masih terasa pahit-pahit coklatnya, walaupun gak benar-benar pahit lho ya. Enaaak deh pokoknya menurut saya, walau bisa jadi ini pendapat yang subyektif karna saya penggemar cake coklat hihihi. Di dalam resep menggunakan juga larutan kopi, tapi aroma dan rasa kopinya kalah dengan coklatnya. Bikinnya gampang banget kok dan bahan-bahannya juga simple.






BLACK MAGIC CAKE
source : Hershey's Kitchen

Bahan :
2 cup gula pasir halus
1-3/4 cup tepung terigu serbaguna
3/4 cup coklat bubuk
1 sdt soda kue
1 sdt baking powder
2 butir telur
1 cup buttermilk (dari 1 cup susu UHT plus 2 sdt air jeruk nipis)
1 cup larutan kopi ( dari 2 sdt kopi bubuk plus 1 cup air panas), dinginkan
1/2 cup minyak sayur
1/2 sdt vanilla

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 180'C, siapkan loyang, olesi margarin, alas kertas roti dan oles kembali. Sisihkan.
2. Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk, baking powder dan soda kue. Sisihkan.
3. Dalam suatu wadah, letakkan gula, vanilla dan campuran tepung. Aduk rata.
4. Tambahkan telur, buttermilk, larutan kopi dan minyak sayur. Kocok dengan mixer kecepatan rendah selama kurang lebih 2 menit. Adonan akan berbentuk CAIR ya.
5. Tuang ke dalam loyang dan panggang hingga matang selama kurang lebih 40 menit atau tergantung oven masing-masing.
6. Keluarkan dari loyang, biarkan 10 menit dalam loyang baru dikeluarkan.

CHOCO DRIZZLE

Bahan :
100 ml susu cair
200 gr dark cooking chocolate, cincang

Cara Membuat :
1. Double boil (tim) susu cair dan cooking chocolate hingga leleh.
2. Aduk-aduk hingga rata , matikan api dan siap digunakan.




Choco drizzle yang saya pakai ini enak banget ketika masih hangat karena masih meleleh-leleh gitu kan, enak buat dicolekin hehehe. Nanti ketika sudah dingin, teksturnya akan menjadi set. Boleh juga kalau ingin memakai saus karamel atau bahkan saus strawberry untuk mengimbangi rasa coklatnya. Dinikmati plain aja juga udah enak kok. Sebagai variasi bisa juga ditaburi chocochips di atas choco drizzlenya atau bisa juga memakai coklat cincang. Tambah nyoklat jadinya.

Alhamdulillah...suami suka, anak-anak pun juga suka. Bundanya...jelas hobby banget dengan cake seperti ini. Recomended untuk dicoba !!




Happy Baking...semoga bermanfaat ya ^^

TONGKOL ASAP MASAK SANTAN



Bismillahirrohmanirrohim

Kemarin waktu belanja di tukang sayur, ada ikan tongkol asap dan yang pertama kepikiran adalah dimasak santan ala-ala mangut asap gitu deh. Kalau hidangan mangut ala Jawa Tengah ada beberapa variasi, ada yang memakai kunyit sehingga kuahnya kuning, ada yang halusnya dibakar dulu dan ada juga yang cuma ditumis biasa. Kalau ini aku gak bilang mangut sih, tapi dimasak santan aja ya, walaupun sebenarnya mirip juga dengan mangut asap. Sebenarnya lagi pengen ikan peda, tapi gak apa deh kalau diganti tongkol asap ini. Paling enak kalau pakai belimbing wuluh, tapi ternyata gak ada juga, katanya sih belum musim jadi kali ini saya pakai tomat hijau saja.

Ikan asap masak santan gini sebenarnya paling enak dimasak super pedas, tapi saya masak gak terlalu heboh pedasnya karena kakak Naira juga ikut makan. Ikan asap yang dipakai selain tongkol, biasanya adalah lele asap atau patin asap. Kalau gak ada ikan asap bisa juga sih pakai ikan segar, misalnya lele. Tapi memang yang bikin khas dan sedap adalah aroma ikan asapnya. Sebagai pelengkap, saya tambahkan juga tempe dan tahu, kalau kurang suka bisa diskip aja ya. Bikinnya tentu saja mudah, karena kalau susah saya juga malees masaknya hihihi.






TONGKOL ASAP MASAK PEDAS

Bahan :
2 ekor tongkol asap
1 ruas lengkuas, memarkan
2 helai daun salam
3 helai daun jeruk
3 cabe merah, iris serong
3 cabe hijau, iris serong
10 cabe rawit
1 blok tahu, potong dadu besar dan goreng sebentar
1/2 blok tempe, potong dadu besar
1 liter santan
2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
3 tomat hijau, belah 4
daun kemangi secukupnya
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
3 siung bawang putih
7 butir bawang merah
5 cm kencur
2 cabe merah

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama lengkuas, daun salam dan daun jeruk. Tumis hingga matang dan harum kemudian masukkan cabe merah dan cabe hijau. Aduk hingga rata.
2. Masukkan tongkol asap, tahu dan tempe, aduk hingga rata kemudian tuang santan sedikit demi sedikit.
3. Bumbui dengan garam, gula pasir dan merica bubuk, kemudian masak dengan api kecil hingga mendidih.
4. Masukkan tomat dan cabe rawit. Test rasa hingga sesuai selera.
5. Menjelang diangkat, masukkan daun kemangi. Masak sebentar dan matikan api.
6. Siap disajikan

Alhamdulillah...nikmat ^^
Happy Cooking...selamat mencoba yaa.



PUDING YOGHURT STRAWBERRY



Bismillahirrohmanirrohim

Kembali baking blue, cooking blue dan tentu saja jepret blue. Entah kenapa...lagi malees banget bawaannya, mungkin juga karena lagi banyak kerjaan jadi ketika sampai rumah pengennya leyeh-leyeh aja, istirahat. Biasanya kalau udah kaya gini, puding jadi andalan yang dibuat karena memang cepat, mudah dan semua suka. Kebetulan saya masih ada stok strawberry di kulkas, kondisinya masih bagus walaupun sudah tidak segar lagi. Daripada nanti tambah jelek kondisinya, maka saya olah menjadi puding yoghurt strawberry. 

Bikinnya tentu saja sangat simpel dan mudah, cocok banget untuk yang lagi jadi pemalas seperti saya ini. Kebetulan di kulkas juga masih ada yoghurt strawberry, jadi saya tambahkan saja ke dalam puding ini.  Dan harap maklum juga kalau semakin hari fotonya semakin gak jelas gini. Asli...kemalasan di dapur ternyata berbanding lurus dengan kemalasan pegang kamera hihhi. 




PUDING YOGHURT STRAWBERRY

Bahan :
1 bungkus (7 gr) agar-agar bubuk plain atau merah
1 sdm jelly bubuk
150 gr gula pasir
500 ml susu cair
250 ml yoghurt strawberry
100 gr strawberry cincang kasar atau bisa juga diblender kasar

Cara Membuat :
1. Campurkan agar-agar bubuk, jelly bubuk dan gula pasir.
2. Tuang susu cair dan masak dengan api sedang sambil diaduk hingga mendidih. Matikan api.
3. Biarkan uap panasnya hilang kemudian masukkan yoghurt dan strawberry. Aduk hingga rata.
4. Tuang di cetakan puding atau di gelas saji. Biarkan set dan dinginkan di kulkas.
5. Sajikan dingin.




Segeeer banget, ada rasa asam dari strawberry cincangnya. Sebagai pelengkap, saya menyajikan dengan saus strawberry. Kalau ingin warnanya lebih cantik, bisa menambahkan pewarna makanan warna pink ya. Tapi kalau saya lebih suka tanpa pewarna aja, biarpun pucat...yang penting enaak.

Selamat mencoba ^^

KUE CUBIT



Bismillahirrohmanirrohim

Kalau ditanya apa salah satu jajanan yang lagi happenin' saat ini, pasti kue cubit jawabannya. Padahal kue cubit ini termasuk jajanan jadul juga ya dan sekarang ngetrend lagi. Konon di Bandung sana, para pembeli rela antri demi mendapatkan kue cubit green tea yang katanya yummy banget. Selain kue cubit green tea, sekarang ini terdapat banyak sekali variasi kue cubit, mulai dari coklat, pandan, bahkan memakai bahan tambahan seperti ovomaltine atau nutella. Woow banget kan yaa.

Kue cubit adalah kue yang bentuknya mungil yang awalnya populer di Jakarta. Kue cubit biasanya dijajakan oleh pedagang kaki lima di depan sekolah, pasar atau pusat keramaian lainnya. Dinamakan kue cubit karena untuk mengambil kue yang sudah matang dari cetakan, digunakan alat seperti pengait sehingga kuenya seakan dicubit pengait oleh si abang penjualnya hehehe. Saya sendiri tidak punya alat pengait tersebut, jadi cukup diambil menggunakan tusuk sate aja.
Sebenarnya saya ingin membuat kue cubit green tea yang lagi happenin' itu, tapi di rumah yang hobby green tea cuma saya aja. Males kan ya kalau bebikinan tapi anak-anak kurang suka. Jadi kali ini saya bikin kue cubit biasa dengan taburan meises. Dan...anak-anak suka...Alhamdulillah. Resepnya saya ambil dari Femina dengan sedikit modifikasi.






KUE CUBIT


Bahan :

3 butir telur
150 gr gula pasir
50 gr margarin, lelehkan
1/2 sdt vanilla bubuk
200 ml susu (atau air)
300 gr tepung terigu serbaguna
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt garam
Meises secukupnya

Cara Membuat :
1. Campur dan ayak tepung terigu, baking powder dan garam. Sisihkan.
2. Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang, kemudian masukkan vanilla bubuk. Kocok rata.
3. Masukkan campuran terigu, aduk perlahan hingga rata atau bisa juga dikocok menggunakan mixer kecepatan rendah.
4. Masukkan margarin leleh dan susu. Aduk hingga rata.
5. Tutup adonan dengan lap bersih dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.
6. Panaskan cetakan kue cubit, oles margarin tipis-tipis dan tuang adonan hingga 3/4 tinggi cetakan. Tutup cetakan.
7. Setelah 1/2 matang, taburi dengan meises dan lanjutkan memasak hingga matang.
8. Angkat kue cubit dan hidangkan hangat.




Sebenarnya kalau disuruh memilih, saya lebih suka makan pukis dibanding kue cubit ini. Tapi memang ada keasyikan sendiri waktu menikmati kue mungil ini saat hangat. Makan 1 gak akan berasa kan ya, jadinya nambah lagi...nambah lagi hihihi. 

Jadi...kalau malas ngantri beli kue cubit, kita bikin sendiri aja yuuk.
Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^

BAKED POTATO WEDGES



Bismillah

Halo...pasti udah banyak yang tau kan potato wedges atau bisa jadi udah banyak yang sering bikin potato wedges di rumah. Potato wedges adalah variasi lain dari french fries. Yang membedakan potato wedges mempunyai potongan yang lebih besar dan kulit kentangnya tidak dikupas. Potato wedges ada yang digoreng seperti french fries dan ada pula yang dipanggang. Biasanya potato wedges bisa ditemui dengan mudah di resto-resto Western.

Kebetulan minggu lalu saya bikin sirloin steak untuk suami saya dan ternyata saya tidak punya stok wortel ataupun buncis yang bisa dijadikan pelengkap steak tersebut. Karena adanya cuma kentang, jadilah kentangnya saya olah menjadi potato wedges ini. Bikinnya simpel aja kok, walau memerlukan waktu yang lebih lama dibanding kita membuat french fries. Selain untuk pelengkap steak, potato wedges ini enak banget untuk cemilan lho. Dicocol dengan saus sambal favorit atau mayonaise....hmmm...enak deh. Abaikan foto saya yang memakai cocolan thousand island dressing ya hihihi. Kebetulan lagi gak punya mayo, eh...tapi cocok-cocok aja kok pakai thousand island (maksaaa).




BAKED POTATO WEDGES

Bahan :
400 gr kentang (pilih yang kulitnya mulus ya)
5 siung bawang putih, parut halus
1,5 sdt garam
1/2 sdt lada hitam bubuk
1 sdt oregano
3 sdm olive oil

Cara Membuat :
1. Cuci kentang di bawah air mengalir, sikat hingga bersih dan potong-potong dengan ketebalan sesuai selera. Jangan dikupas ya !!
2. Aduk bawang putih, lada hitam, oregano dan olive oil.
3. Masukkan potongan kentang, aduk hingga rata dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.
4. Panaskan oven 170' C, alasi loyang atau pinggan tahan panas dengan alumunium foil. Tata kentang di atasnya dan tutup kembali dengan alumunium foil dan panggang selama 30 menit.
5. Setelah 30 menit, buka tutup alumunium foil kemudian masukkan lagi ke dalam oven dan panggang selama 15 menit. Lakukan test tusuk ya.
6. Balikkan kentang dan oven lagi selama 5 menit.
7. Matikan api dan angkat.

Notes :
- Waktu pemanggangan tergantung dari ketebalan kentang. Semakin tebal maka waktu pemanggangan semakin lama.
- Sebagai variasi bisa diberi taburan parmesan cheese sesaat setelah diangkat.




Asyik juga lho bikin potato wedges sendiri, selain lebih puas maemnya pastinya lebih irit donk ya hahaha. Maklum...balada emak-emak irit nih, pingin makan enak dan banyak tapi harus tetep ngirit. Kalau beli di resto kan biasanya mahal juga kan.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya

PESMOL GURAME



Bismillahirrohmanirrohim

Salah satu menu makan siang keluarga saya tadi adalah pesmol gurame. Sebenarnya lagi pengen banget bikin mangut ikan peda, tapi hunting ikan peda di pasar gak ketemu hihihi. Ya udah laah...kita ganti aja dengan pesmol gurame ya. Kebetulan udah lama juga gak masak ikan seperti ini karena seringnya ya digoreng atau dibakar aja. Alhamdulillah...itu bikin terasa lebih nikmat lho.

Selain menggunakan ikan gurame, pesmol bisa juga dibuat memakai ikan mas, mujaer atau nila. Pokoknya ikan yang dagingnya lumayan tebal ya, jadi tambah asyik makannya. Kalau saya memang lebih suka memakai ikan gurame seperti ini. Keluarga saya menyukai pesmol ataupun juga ikan acar kuning yang mempunyai kuah banyak dan tidak terlalu kental. Kalau lebih suka yang versi kental, bisa ditambahkan larutan terigu atau larutan maizena di kuahnya ya. Atau bisa juga dibuat versi "nyemek" yang kuahnya sedikit. Monggo disesuaikan aja dengan selera keluarga ya.






PESMOL GURAME

Bahan :
2 ekor ikan gurame (berat kurang lebih 600 gr)
1 jeruk nipis, ambi airnya
1 sdt garam
1 ruas lengkuas, memarkan
2 helai daun salam
2 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
2 sdt garam
2 sdt gula pasir
2 wortel, potong korek api
1 buah timun, buang isinya dan potong korek api
15 cabe rawit
2-3 sdt air jeruk nipis
700 ml air
4 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 cm kunyit, bakar
3 cm jahe
5 butir kemiri, sangarai

Cara Membuat :
1. Lumuri gurame dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan selama kurang lebih 30 menit kemudian goreng hingga matang dan kering. Sisihkan.
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga matang dan harum. Tambahkan lengkuas, daun salam dan serai. Aduk rata.
3. Masukkan air sedikit demi sedikit, kemudian masukkan timun, cabe rawit dan wortel. Bumbui dengan garam dan gula pasir. Masak hingga timun dan wortel setengah layu atau mendidih. Test rasa hingga sesuai selera.
4. Menjelang diangkat, masukkan ikan dan air jeruk nipis. Masak sebentar saja.
5. Matikan api dan siap disajikan.

Gampang kan bikinnya dan rasanya juga sedaap lho. 
Selamat mencob...semoga bermanfaat ya. Happy cooking ^^


LAPIS SURABAYA - NCC



Bismillahirrohmanirrohim

Seharusnya minggu lalu saya harus mengerjakan 3 pesanan lapis surabaya dari salah 1 customer Dapur Nays, tapi karena ada kepentingan keluarga yang sangat mendadak dan tidak bisa ditunda akhirnya saya harus me-reschedule pesanan tersebut. Mohon maaf ya...
Ketika tau ada pesanan tersebut, saya sudah berjanji kepada suami saya untuk membuatkan juga lapis surabaya kesukaan beliau. Jadi walau pesanan tersebut tidak jadi saya kerjakan, disempatkan juga membuat 1 lapis surabaya untuk dinikmati bersama keluarga. Bikinnya pagi-pagi banget karena harus memburu waktu mengerjakan beberapa urusan pekerjaan dan keluarga. Alhamdulillah walaupun keburu-buru, lapsurnya tetap tapi...kok teksturnya tidak seperti yang biasanya ya. Pori-pori lapsurnya kurang halus, entah dimana salahnya. Rasanya tetap enak dan lembut. Kalaupun gak enak dan gak lembut ya kebangetan ya....pakai 30 kuning telur euy hihihi. Resepnya saya tetap memakai resep andalan dari NCC yang sudah pernah saya posting duluuu banget. Saya tuliskan lagi ya..




LAPIS SURABAYA - NCC

Bahan Tiap Lapis Kuning :
10 butir kuning telur
100 gr gula pasir
100 gr butter
25 gr margarin
50 gr tepung terigu protein rendah atau bisa pakai protein sedang
1/2 sdt vanilla bubuk

Bahan Lapisan Coklat :
10 butir kuning telur
100 gr gula pasir
100 gr butter
25 gr margarin
50 gr tepung terigu protein rendah / sedang
10 gr coklat bubuk

Filling :
Selai nanas atau bisa juga pakai buttercream

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 180'C. Siapkan 3 loyang 20x20x4 cm atau 22x22x4 cm. Olesi dengan margarin, alas kertas roti dan alasi kembali dengan margarin. Sisihkan.
2. Kocok butter dan margarin hingga lembut. Sisihkan.
3. Kocok kuning telur dan gula pasir hingga mengembang dan kental, masukkan vanilla. Kocok hingga rata.
4. Masukkan butter dan margarin kocok, aduk rata menggunakan spatula.
5. Masukkan tepung terigu dengan cara diayak, aduk rata menggunakan spatula. Lakukan cara yang sama untuk membuat lapisan coklat.
6. Tuang ke dalam loyang dan oven selama kurang lebih 20-30 menit (tergantung masing-masing oven ya).
7. Setelah matang, keluarkan dari oven dan balikkan.

Penyelesaian :
1. Letakkan lapisan kuning, oles dengan selai atau buttercream, tumpuk dengan lapisan coklat. Oles kembali dengan selai atau buttercream dan terakhir tumpuk kembali dengan lapisan kuning.
2. Masukkan ke dalam kulkas selama kurang lebih 30 menit agar set baru kemudian ditrim (dirapikan) pinggir-pinggirnya.




Kalau "ngeri" membayangkan 30 kuning telur, bisa bikin 1/2 atau 1/3 resep aja ya hehehe. Saya sebenarnya lebih sering membuat lapsur dengan menggunakan loyang sekat, jadi bisa membuat 1/2 resep atau 1/3 resep. 

Happy Baking ^^ 

MIE AYAM



Bismillah

Kembali postingan tentang mie yaa. Bikin mie ayam ini udah bulan lalu sih, tidak berselang lama dengan waktu bikin cwie mie. Memang lagi hobby bikin mie yang berkuah, karena memang cocok banget dinikmati di musim hujan seperti ini. Postingan tentang mie ayam sebenarnya juga udah banyak ya di blog saya ini, tapi gak apa ya kalau saya repost lagi. 

Salah satu kunci kelezatan mie ayam selain kuah adalah penggunaan minyak ayam bawang. Minyak ayam bawang terbuat dari minyak yang dikeluarkan oleh bagian berlemak ayam kemudian ditambahkan dengan bawang putih dan tentu saja minyak goreng. Kalau kita beli mie ayam di abang-abang, bisa dilihat setiap menyajikan mie dalam mangkok, maka akan dituang juga minyak berwarna kekuningan, naah..itu lah minyak ayam bawang. Mirip dengan minyak bawang yang jadi kunci lezatnya nasi goreng dan mie goreng khas Kediri.






MIE AYAM 

Bahan :
300 gr mie basah atau mie kering yang direbus hingga matang
1 ikat sawi hijau, potong-potong
Bakso
Krupuk pangsit
Bawang goreng
Saus sambal
Acar (gak pakai)
Minyak ayam bawang

Bahan Tumisan Ayam :
250 gr fillet ayam, potong dadu kecil 
2 sdm minyak untuk menumis
3 siung bawang putih, geprak dan cincang halus
5 sdm kecap manis atau sesuai selera
2 sdm saus tiram
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdm tepung terigu yang dilarutkan dengan sedikit air (optional)

Cara Membuat Tumisan Ayam :
1. Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum dan layu, masukkan ayam, aduk hingga berubah warna.
2. Tuang kecap manis, saus tiram, garam, merica dan gula. Masak hingga ayam meletup-letup.
3. Kentalkan dengan larutan tepung sagu, aduk rata. Test rasa hingga sesuai selera.
4. Angkat dan sisihkan.

Bahan Kuah :
1,5 liter air kaldu (dari air yang direbus bersama tulang ayam dan dimasak dengan api kecil)
2 siung bawang putih, memarkan
2 cm jahe, geprek
2-3 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 sdm minyak goreng
2 batang daun bawang, iris halus

Cara Membuat Kuah Kaldu:
1. Dalam sebuah panci, panaskan minyak goreng kemudian tumis bawang putih dan jahe hingga harum.
2. Masukkan air kaldu, kemudian bumbui dengan garam dan merica bubuk.
3. Masak hingga mendidih kemudian angkat dan taburi dengan irisan daun bawang.

Bahan Minyak Ayam Bawang :
200 ml minyak sayur
3 siung bawang putih
1 cm kunyit
1 cm jahe
250 gr kulit ayam

Cara Membuat Minyak Ayam Bawang :
1. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang putih, jahe dan kunyit hingga harum. Masukkan kulit ayam dan masak dengan api kecil hingga keluar minyak dari kulit ayam
2. Tambahkan sisa minyak, masak hingga kulit kering.
3. Angkat, dinginkan dan saring kemudian bisa disimpan di wadah kedap udara.

Penyelesaian :
1. Dalam mangkuk saji, tuang minyak ayam dan beri mie diatasnya. Aduk rata dengan memakai sumpit atau garpu hingga minyak ayam tercampur dengan mie ayam.
2. Seduh sawi hijau dengan kuah panas hingga layu, kemudian letakkan di atas mie.
3. Tambahkan bakso, kerupuk pangsit, bawang goreng dan acar bila suka.
4. Hidangkan dengan kuah

Panjaaang resepnya, tapi bukan berarti ribet bikinnya. Percaya deh bikin mie ayam itu mudah dan kita bisa puas menikmati hasilnya bersama keluarga di rumah.

Selamat mencoba ^^



PASTEL TUTUP TUNA



Bismillahirrohmanirrohim

Udah lama banget pengen bikin pastel tutup alias pastup, tapi baru kesampaian sekarang. Terakhir bikin kayanya udah lamaa banget. Kebetulan saya masih punya 1 kaleng kecil tuna chunck dan yang terpikir adalah mengolahnya menjadi pastel tutup tuna. Menurut saya kalau pastel tutup memang lebih enak memakai isian ayam, tapi tuna juga lumayan kok. Untuk isiannya saya menyesuaikan yang ada aja, jadi cuma pakai tuna, wortel, kacang polong dan soun. Kalau mau lebih lengkap bisa juga menambahkan jamur, sosis, telur puyuh atau bahkan smoked beef. 

Isiannya kali ini saya buat lebih creamy dan untuk pure kentangnya saya tambahkan keju cheddar parut sehingga rasanya gurih sekali. Kalau kurang suka dengan pastel tutup yang creamy, isiannya bisa dibuat kering seperti tumisan. Enak juga kok, saya suka semua.




PASTEL TUTUP TUNA

Bahan :
500 gr kentang 
2 sdm butter / margarin
1 sdm tepung terigu
80 gr keju cheddar parut (bisa pakai parmesan)
1 kuning telur

Bahan Isian :
1 kaleng (185 gr) kecil tuna chunck 
2 buah wortel, potong dadu kecil
50 gr kacang polong
30 gr soun, rebus dan tiriskan
1/2 bawang bombay, cincang halus
3 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
250 ml air kaldu (bisa pakai susu cair)
1,5 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
1 sdm minyak untuk menumis

Bahan Olesan :
1 kuning telur

Cara Membuat :
1. Pure kentang : kupas, cuci bersih dan potong-potong kentang kemudian kukus hingga matang. Panas-panas, haluskan kentang. Biarkan hangat.
2. Campur kentang kukus dengan butter / margarin, tepung terigu, keju parut dan kuning telur. Aduk hingga rata. Sisihkan.
3. Isian : Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, masukkan tuna. Aduk rata.
4. Masukkan wortel dan kacang polong kemudian tuang air kaldu sedikit demi sedikit sambil diaduk.
5. Bumbui dengan garam, merica bubuk dan gula pasir. Masak hingga meletup-letup dan test rasa hingga sesuai selera.
6. Masukkan soun, aduk rata dan matikan api.
7. Siapkan pinggan tahan panas atau bisa memakai alufoil cup, olesi dengan margarin. Tuang isian hingga 3/4 penuh kemudian tuang pure kentang. Ratakan hingga menutup seluruh permukaan isi.
8. Oles pure kentang dengan kuning telur kemudian panggang suhu 170'C selama kurang lebih 30 menit.
9. Angkat dan sajikan hangat.





Happy Baking...selamat mencoba ya

CREAM CHEESE PANCAKE with STRAWBERRY SAUCE



Bismillahirrohmanirrohim

Gak terasa udah memasuki bulan ke-3 di tahun ini. Postingan Maret enaknya diawali dengan pancake aja yaa. Kebetulan tanggal 1 Maret kan hari Minggu, saat yang tepat untuk nge-pancake bareng keluarga. Menurut saya pancake ini enak-enak aja dinikmati saat sarapan atau bahkan cemilan di siang hari. Kalau untuk sarapan, biasanya memang dijodohkan dengan buah segar dan susu, sedangkan kalau siang hari paling enak dimakan dengan menambahkan es krim favorit. 

Kali ini saya gak sempat fotoin pancake dengan es krim favorit karenaaa...pancake-nya udah habis saat sarapan hehehe. Pancake yang saya buat ini adalah cream cheese pancake. Disebut cream cheese pancake karena saya menambahkan cream cheese dalam adonannya. Rasa kejunya memang tidak terlalu kuat, tapi cukup untuk menambah gurih pancakenya. Kebetulan saya masih punya sisa strawberry sauce di kulkas, jadi pas banget sebagai pelengkap cheese pancake. Cream cheese pancake ini enak juga disajikan dengan madu, saus coklat atau bahkan saus kacang creamy seperti yang pernah saya posting disini. Silahkan disesuaikan dengan selera keluarga ya.







CREAM CHEESE PANCAKE 

Bahan :
165 gr tepung terigu serbaguna
2 sdt baking powder
2 sdm gula pasir
250 ml susu cair
1 butir telur ukuran besar
4 sdm cream cheese (biarkan suhu ruang)
1 sdm butter leleh
1 sdm olive oil

Cara Membuat :
1. Dalam sebuah wadah, letakkan tepung terigu dan baking powder yang telah diayak. Tambahkan gula pasir, aduk rata dan buat lubang di tengahnya.
2. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan whisk, masukkan telur dan cream cheese. Aduk rata.
3. Masukkan butter leleh dan olive oil, aduk hingga tidak bergerindil.
4. Panaskan wajan anti lengket, tuang adonan pancake. Balikkan dan masak hingga matang dan kedua sisinya kecoklatan. Wajan anti lengket TIDAK PERLU dioles margarin yaa. Lakukan hingga habis.
5. Sajikan pancake dengan saus favorit.

Saus strawberry yang saya buat ini sebenarnya mirip dengan selai strawberry. Bedanya saus strawberry ini encer dan isinya adalah irisan strawberry, jadi tidak berupa strawberry yang dihaluskan. Saus strawberry ini biasanya saya gunakan untuk olesan roti tawar. Selain itu biasanya saya tuang di atas es krim vanilla atau es krim strawberry favorit saya. Rasanya segar sekali, terasa asam-asam strawberrynya. Bikinnya tentu saja super mudah dan cepat, jadi saya juga jarang bikin stok banyak seperti halnya selai strawberry. 

STRAWBERRY SAUCE

Bahan :
150 gr fresh strawberry, iris tipis
3-4 sdm gula pasir (tergantung selera manis)
100 ml air

Cara Membuat :
1. Tuang strawberry di atas pan, masak dengan api kecil hingga mengeluarkan air, kurang lebih selama 10 menit ya.
2. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk, kemudian masukkan gula.
3. Masak hingga mendidih, test rasa hingga sesuai selera.
4. Matikan api dan biarkan dingin baru disimpan di dalam wadah kedap udara.

Selamat mencoba....selamat menikmati hari Minggu bersama keluarga. 
Semoga bermanfaat ya ^^