UDANG BAKAR ASAM MANIS



Bismillahirrohmanirrohim

Yess...liat udang yang segar-segar dan lumayan besar di tukang sayur langganan. Pastinya saya langsung ingat anak-anak yang memang hobby banget makan udang. Memang kalau yang namanya udang diapain aja pasti enak ya. Kalau untuk yang sudah "berumur" kaya saya ini mau gak mau harus dibatasi lah makan udangnya, high cholesterol euy. Dibatasi bukan berarti gak boleh makan udang kan, tapi secukupnya aja, ngicipin punya anak-anak heheheh.

Kali ini saya mengolah udang menjadi udang bakar asam manis. Biasanya kalau bikin udang asam manis, saya mah cemplang cemplung aja pakai saus-sausan. Pakai saus tomat, saus sambal, saus tiram, kecap inggris dan kecap ikan. Kalau yang ini bumbunya gak pakai saus-sausan dan lebih "tradisional". Terinspirasi dari IG ceu Ayu yang fotonya kece-kece itu, jadilah saya bikin udang bakar asam manis ini. Dimodifikasi dikit menyesuaikan selera keluarga. Bikinnya tentu saja gampaaang...cobain yuuk ^^






UDANG BAKAR ASAM MANIS

Bahan :
500 gr udang, buang bagian kepalanya, bisa dikupas dan dikerat punggungnya bila suka
1 jeruk nipis, ambil airnya
2 helai daun salam
1 batang serai, memarkan
1 sdm gula merah, sisir halus
1 sdm air asam jawa
Garam, merica bubuk secukupnya
1/2 sdt gula pasir
1 sdm kecap manis
1 sdm olive oil atau bisa juga pakai margarin

Bumbu Halus :
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1-2 cabe merah
2 butir kemiri sangrai

Cara Membuat :
1. Lumuri udang dengan air jeruk nipis. Cuci bersih kembali, sisihkan.
2. Panaskan olive oil, tumis bumbu halus, daun salam dan serai hingga harum dan matang. Masukkan air asam jawa, gula merah, gula pasir, kecap, garam dan merica bubuk. Aduk rata.
3. Masukkan udang, aduk-aduk dan masak sebentar saja hingga udang berubah warna. Test rasa hingga sesuai selera ya. Matikan api.
4. Tusukkan udang ke tusuk sate kemudian panggang di atas panggangan yang telah dipanaskan. Oleskan sisa bumbu di kedua sisinya.
5. Angkat dan sajikan.




Apabila kulit udang dikupas, jangan dibuang yaa. Kalau saya seringnya bikin kaldu udang. Udah pada tau kan caranya. Kepala dan kulit udang dicuci bersih kemudian masukkan ke dalam air mendidih, masak dengan api kecil hingga keluar kaldunya. Saring kuah kaldu, buang kulit dan kepala, kaldu bisa dipakai saat kita mengolah aneka masakan. Biasanya saya selalu punya stok kaldu di freezer, mulai dari kaldu ayam, udang dan sapi. Ntar sewaktu-waktu dibutuhkan tinggal keluarin aja kan. Kaldu udang enak banget lho kalau ditambahkan ke dalam cap cay...yummy.

Happy cooking...selamat mencoba yaa ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »