SEBLAK BASAH PASTA



Bismillahirrohmanirrohim

Seperti biasa saat belanja bulanan saya selalu memasukkan pasta dalam list belanjaan saya. Bagi saya pasta itu sahabat setia banget dan sangat membantu di saat saya diburu waktu. Kali ini saya membeli bowties pasta. Seperti namanya, pasta ini lucu banget karena bentuknya seperti dasi kupu-kupu atau kalau anak saya bilang ini adalah pasta pita hehehe. Suami saya sudah request sajian pasta bolognese atau pasta saus barbeque favoritnya. Sementara yang ada di pikiran saya saat itu adalah bikin seblak pasta.

Udah pada tau kan yang namanya seblak basah. Seblak basah adalah salah satu makanan khas Sunda yang terbuat dari kerupuk sagu atau kerupuk kanji. Kerupuk tersebut direndam di air panas hingga teksturnya lunak dan selanjutnya ditumis dengan bumbu. Yang khas dari seblak adalah aroma kencurnya dan rasanya yang super pedes. Iya laah...mana enak makan seblak kalau gak pedes. Untuk pelengkapnya seblak bisa memakai bakso, telur, sosis atau bahkan daging asap seperti yang pernah saya buat disini dan disini. Dalam perkembangannya seblak basah dimodifikasi tidak hanya sebatas menggunakan kerupuk kanji, tapi juga menggunakan pasta. Udah pernah dengar kan tentang seblak macaroni. Unik bangeet pastinya pasta dipadukan dengan bumbu-bumbu seblak. Gak sebatas macaroni dan bowties pasta aja yang bisa diolah menjadi seblak. Bisa juga donk pakai fusilli atau bahkan kita bisa bikin spaghetti dan fettuccini bumbu seblak hihihi. Asyiik tuh.

Seblak dengan bahan dasar pasta yang saya buat kali ini menggunakan pelengkap yang ada aja, yaitu bakso dan telur. Untuk pedasnya silahkan disesuaikan dengan selera aja ya. Saya tadi memakai sekitar selusin cabe rawit hihihi. Sssttt...bagi saya seblak ini bisa jadi obat pusing lho. Sering banget kalau ngerasa puyeng saya malah nguprek di dapur bikin seblak hahaha. Eh ya karena memakai pasta, saya merebusnya sebentar saja. Menurut saya kalau cuma disiram dengan air mendidih masih terasa kurang matang.




SEBLAK BASAH PASTA

Bahan :
100 gr pasta (saya pakai bowties pasta)
7 butir bakso, iris tipis
2 butir telur, kocok lepas
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1 batang daun bawang
50 ml air atau secukupnya
2 sdm minyak untuk menumis
bawang goreng untuk taburan

Bumbu Halus :
4 siung bawang putih
2 siung bawang merah
12 cabe rawit atau sesuai selera
3 ruas kencur

Cara Membuat :
1. Siram pasta dengan air mendidih dan diamkan hingga teksturnya lunak (saya rebus sebentar). Tiriskan dan sisihkan.
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan irisan bakso. Aduk hingga rata.
3. Masukkan pasta, aduk-aduk kemudian masukkan kocokan telur. Aduk cepat hingga telur berserabut.
4. Bumbui dengan garam dan gula pasir kemudian tuang air secukupnya. Masak hingga semua bahan matang dan test rasa hingga sesuai selera.
5. Menjelang diangkat, masukkan daun bawang. Aduk hingga rata.
6. Matikan api, sajikan hangat dengan taburan bawang goreng.

Eeh...tadi lupa gak masukin bawang goreng huhuhu, tuh di foto gak ada kan. Setelah habis 1/2 piring baru inget kalau ada yang kurang, langsung deh saya kasih taburan bawang goreng yang banyak ^^

Selamat mencoba ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar