R.A.W.O.N



Bismillahirrohmanirrohim

Rawon atau kalau orang bule bilang Indonesian Black Soup adalah salah satu menu yang paling favorit buat anak-anak saya. Entah kapan mereka bosan makan rawon karena sering banget saya nanya mau dimasakin apa ya jawabnya rawon hihihi. Gak heran kalau saya suka nyetok bumbu rawon. Biasanya saya buat dalam jumlah banyak dan disimpan dalam lemari es. Ketika akan masak rawon saya tinggal keluarin bumbunya aja dan cemplang-cemplung aja. Gampang dan praktis. Seperti halnya lodeh, rawon ini lebih enak kalau sudah diinapkan terlebih dahulu karena bumbunya akan semakin meresap. Saya biasa bikin rawon malam dan ketika dinikmati keesokan harinya udah tambah enak aja. Mau bikin rawon yang lebih cepat sih tinggal masukin aja bumbu dan dagingnya ke dalam presto, paling 10 menit udah empuk dan tinggal didihkan lagi di atas kompor. Tapi saya kurang suka sih masak rawon ataupun soto dengan memakai presto gini, kurang meresap lah bumbunya. Kalau pas kepepet sih gak apa-apa kali ya hihihi.

Di Jawa Timur biasanya rawon disajikan dengan pelengkap daging empal, seperti yang dulu pernah saya posting disini. Kalau yang lagi ngetrend ya olahan rawon dengan memakai iga yang bisa dilihat disini. Kalau sekarang saya bikin rawon biasa aja, gak pakai pelengkap empal hehehe. Disajikan dengan telur asin mah udah enak banget menurut saya. Eh ya kalau lagi main ke Jawa Timur jangan lupa cobain rawonnya ya, banyak banget rawon yang terkenal enak disini antara lain rawon nguling, rawon setan trus ada lagi tuuuh di daerah Mojoagung tapi saya lupa namanya hiiiks. 




Resep rawonnya sih sama aja dengan yang pernah saya posting dulu, saya copasin lagi ya.

RAWON

Bahan :
500 gr daging (saya pakai tetelan + daging has) 
1 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
5 helai daun jeruk, buang tulang daunnya
1 ruas lengkuas, memarkan
1 batang daun bawang, potong-potong
1 sdt gula pasir
3 sdt garam 
1/2 st merica bubuk
2 sdm minyak untuk menumis
2 liter air (tambahkan bila perlu)

Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
5 buah kluwek, ambil isinya (kalau isinya kering, seduh dengan sedikit air)
1 sdt ketumbar
4 buah kemiri, sangrai
1 cm kunyit

Pelengkap :
tauge pendek
telur asin
bawang goreng
sambel terasi

Cara Membuat :
1.Rebus daging dalam air mendidih hingga setengah empuk. Ambil dagingnya, potong-potong dan saring air kaldunya kemudian masukkan kembali daging ke dalam air kaldu. Masak kembali,
2.Panaskan minyak, tumis bumbu halus, serai, lengkuas dan daun jeruk hingga matang (kalau kurang matang, akan terasa langu). Masukkan ke dalam rebusan daging.
3. Bumbui dengan garam, gula pasir dan merica bubuk. Masak hingga daging empuk dan bumbu meresap, jangan lupa test rasa hingga sesuai selera. Apabila air menyusut dan daging belum empuk, bisa ditambahkan air panas secukupnya ya.
4. Sesaat sebelum diangkat, masukkan daun irisan daun bawang dan biarkan mendidih sekali lagi.
5. Angkat dan sajikan dengan pelengkap

Rawon ini benar-benar menu segala waktu lho, dinikmati pagi, siang ataupun malam tetap enaak. Saya paling suka tuh kalau sarapan menunya rawon.

Happy Cooking...semoga bermanfaat ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar