CUMI MASAK HITAM



Bismillahirrohmanirrohim

Hallo...Happy Weekend ya. Weekend kali ini saya gak ada acara spesial dan seperti biasanya tiap weekend selalu nginap di rumah Mama yang jaraknya hanya 1 km dari rumah saya hihihi. Ngeblog pas malam minggu gak apa-apa kan ya, mumpung anak-anak udah tidur juga dan koneksi lagi lancar jaya. Sayangnya saya cuma posting menu sederhana yang kayanya udah familiar banget dan siapa aja bisa bikinnya hehehe...yuup cumi masak hitam.

Sebenarnya saya jarang mengolah cumi yang dimasak dengan tintanya seperti ini karena anak-anak kurang suka. Kalau di keluarga besar saya yang berasal dari Pekalongan, yang namanya cumi masak hitam ini jadi favorit. Padahal banyak lho khasiat yang bisa diperoleh dari tinta cumi-cumi. Moga-moga next time anak saya mau makannya juga ya. Tinta cumi yang berwarna hitam ini mengandung melanin atau pigmen hitam yang dipercaya sebagai salah satu sumber protein. Konon tinta cumi ini mengandung protein yang sama baiknya dengan bagian daging cumi itu sendiri. Selain itu tinta cumi diketahui dapat mengaktifkan sel darah putih yang dapat melawan tumor dan kanker.

Cumi masak hitam sendiri bisa dibuat versi kering dan kuah. Kali ini saya membuat cumi masak hitam yang berkuah. Rasa gurih pada kuahnya berasal dari tinta cuminya. Bikinnya juga gampang banget dan cepat. Yang perlu diingat dalam mengolah cumi adalah jangan memasak cumi terlalu lama karena akan membuat cumi menjadi alot. 

CUMI MASAK HITAM

Bahan :
500 gr cumi segar
1 buah jeruk nipis, ambil airnya
1/2 sdt garam
5 siung bawang putih, iris tipis
3 butir bawang merah, iris tipis
5 cabe merah, iris tipis
2 ruas lengkuas, memarkan
2 helai daun salam
3 helai daun jeruk
1 batang serai, memarkan
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
100 ml air 
2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
1. Cuci bersih cumi, buang bagian tulang yang seperti plastik, potong-potong.
2. Lumuri cumi dengan garam dan air jeruk nipis. Diamkan sebentar.
3 Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, lengkuas, daun salam, daun jeruk, serai dan cabe merah. Aduk hingga harum.
3. Masukkan cumi, bumbui dengan garam, merica bubuk dan gula pasir.
4. Tuang air, masak hingga kuah mendidih dan test rasa hingga sesuai selera.
5. Angkat dan siap disajikan,




Alhamdulillah bisa jadi menu makan siang yang syedaap. Dinikmati dengan nasi hangat dan kerupuk udah berasa jadi menu istimewa hehehe.

Happy cooking...semoga bermanfaat ya. 

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »