BOTERKOEK



Bismillahirrohmanirrohim

Akhirnya saya mempunyai kesempatan untuk mencoba resep yang sempat nge-hits beberapa waktu lalu. Yuup...ini adalah boterkoek atau Dutch buttercake atau ada pula yang menyebutnya Lekker Holland. Sesuai dengan namanya. cake ini berasal dari Holland atau Belanda. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan boterkoek terdiri dari susu, butter, terigu dan gula. Untuk menghasilkan boterkoek dengan rasa yang enak, tentu saja diperlukan bahan-bahan berkualitas. Menurut saya yang berperan penting adalah butter. Seperti kita ketahui, Belanda dikenal sebagai negara penghasil dairy product dengan kualitas istimewa. 

Biasanya boterkoek dihidangkan sebagai teman minum teh. Bentuknya berupa cake tipis dengan gurat-gurat di permukaan atasnya yang berwarna keemasan. Boterkoek yang saya buat ini berbeda ya dengan versi aslinya, tidak ada motif guratan di permukaannya dan saya beri topping hehehe. Kalau gak saya kasih topping ntar anak-anak saya gak tertarik untuk memakannya tuh. Jadi mohon dimaklumi yaa. Untuk toppingnya saya memakai almond slice dan kismis. Bisa juga memakai keju parut, kenari atau bahkan chocochips. Silahkan disesuaikan dengan selera keluarga ya.




Boterkoek ini saya buat dengan menggunakan loyang ukuran 24x24 cm. Kayanya masih ketebelan ya, konon lebih asyik kalau dibuat lebih tipis, menggunakan loyang 28x28 atau 30x30. Teksturnya seperti cake kering, tapi tidak renyah seperti cookies. Walaupun hanya menggunakan 1 butir telur dalam resepnya, boterkoek ini tidak seret sama sekali. Maklum aja pemakaian butter-nya kan juga lumayan banyak tuh. Pembuatan boterkoek ini sebenarnya tidak harus menggunakan mixer, ada juga yang memakai pisau pastry atau bahkan cukup diaduk-aduk aja. Simpel banget ya. Untuk resepnya kali ini saya memakai punya Teh Tiya. Hatur nuhun ya teteh sayang. Next time in shaa Allah saya posting dengan resep lain ya.

BOTERKOEK

Bahan :
200 gr butter (saya pakai 150 gr butter, 50 gr margarin)
150 gr gula pasir halus
1 butir telur
1 sdt vanilla essense
250 gr tepung terigu

Olesan :
1 butir kuning telur kocok lepas

Topping (optional) :
Almond slice, kismis

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 170'C. Siapkan loyang (saya pakai 24x24 cm), alasi margarin dan taburi sedikit terigu. Sisihkan.
2. Kocok butter, gula pasir dan telur hingga pucat atau tercampur rata. Masukkan vanilla essense. Kocok rata.
3. Masukkan terigu yang sudah diayak, kocok dengan speed rendah hingga tercampur rata.
4. Tuang di loyang sambil diratakan ke seluruh sisi-sisinya kemudian oles permukaannya dengan kuning telur. Buat guratan menggunakan garpu (saya kemarin lupa >_<) dan taburi topping.
5. Panggang  selama kurang lebih 30 menit atau hingga permukaannya berwarna keemasan.
6. Angkat dan dinginkan baru dipotong-potong.




Sssttt...aslinya dinikmati bersama teh hangat lho ya, jangan seperti saya ini hihihi. Sukaa deh dengan boterkoek ini. Jadi pengen bikin lagi dengan divariasikan berbagai rasa ^^

Happy Baking...semoga bermanfaat.

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

komentar
Sunday, 31 January 2016 at 08:46:00 GMT+7 delete

Salah fokus ke garpunya, cantik sekali hehehe :D

Reply
avatar
Anonymous
Thursday, 29 December 2016 at 13:50:00 GMT+7 delete

Mbak nina mau tanya saya udah buat mbak pas selesai di panggang saya tes pk tusuk gigi ga lengket tp tengahnya lembek mbak atasnya da coklat. Saya panggang lg api bawah tetap lembek tengahnya tp atas bawah crunchy. Knp ya mbak?

Reply
avatar