SUS KEJU



Bismillahirrohmanirrohim

Bikin sus lagiiii. Entah kapan saya bosan dengan sus dan karena saya suka takut beli sus di luar, jadinya saya lumayan sering bikin sus sendiri. Eeehh...emang kenapa kok saya suka takut beli sus di luar? Hmmm...jujur saya takut kalau vla sus-nya mengandung rhum ataupun essense rhum. Kalau bikin sendiri saya tentunya menggunakan bahan-bahan yang sudah pasti halal. It's just my humble opinion ya ^^

Kali ini saya bikin sus keju. Sebenarnya sama aja dengan sus yang biasa saya bikin tapi di adonan dan vla-nya saya tambahkan keju. Untuk hasil yang ngeju memang lebih baik menggunakan keju edam atau parmesan, tapi karena saya cuma punya cheddar ya wis lah pakai itu aja. Untuk memudahkan dalam mencetak sus yang menggunakan spuit, pastikan keju diparut halus ya. Kalau kejunya cuma diparut kasar, nanti masih nyangkut-nyangkut di spuitnya walaupun sudah dikocok menggunakan mixer. Resep sus ini saya tetap memakai resep yang biasa saya pakai. Kayanya udah sering banget saya posting ya hehehe. Beberapa tips yang mungkin membantu dalam proses pembuatan sus, silahkan bisa dilihat lagi disini ya.







SUS KEJU

Bahan :
125 gr margarin
200 ml air
1/4 sdt garam
150 gr tepung terigu (saya mix tepung protein tinggi dan protein sedang)
3 butir telur ukuran besar
50 gr keju parut (bisa pakai cheddar, edam atau parmesan)
keju cheddar secukupnya untuk taburan

Cara Membuat :
1. Masak margarin, air dan garam sambil diaduk hingga mendidih. Masukkan tepung terigu, aduk rata hingga kalis, angkat dan biarkan hangat.
2. Setelah hangat, masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga tercampur rata kemudian masukkan keju parut. Kocok rata.
3. Masukkan adonan ke plastik segitiga yang sudah diberi spuit kemudian semprotkan di atas loyang yang sudah dioles margarin.
4. Panggang suhu 190-200'C selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang.
5. Angkat dan dinginkan di atas cooling rack

VLA KEJU

Bahan :
500 ml susu cair
75 gr gula pasir 
50 gr maizena, larutkan dengan sedikit air atau susu
2 kuning telur, kocok lepas
1 sdt vanilla essense
75 gr keju parut
1 sdm butter

Cara Membuat :
1. Campurkan larutan maizena dan kuning telur, aduk rata dan sisihkan.
2. Masak susu dan gula hingga mendidih dan gula larut.
3. Tuang larutan maizena dan telur sambil diaduk cepat hingga mengental. Biarkan mendidih sekali lagi dan matikan api.
4. Masukkan keu parut dan butter, aduk rata hingga butter leleh.
5. Masukkan vanilla, aduk rata dan dinginkan hingga siap digunakan.




Ssssttt...saya mah paling suka makan sus yang baru dikeluarkan dari oven, masih hangat dan kriuk-kriuk. Tanpa vla juga gak masalah buat saya atau bisa juga saya kasih olesan selai coklat atau selai kacang. Masya Allah...nikmatnya ^^

Happy Baking...semoga bermanfaat ya

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
Anonymous
Wednesday, 2 December 2015 at 11:27:00 GMT+7 delete

Mb.. aku kalau buat vla koq sering encer ga bisa padat, kenapa ya mb..makasih

Reply
avatar