PUDING BUAH NAGA - MANGGA



Bismillahirrohmanirrohim

Masih tentang buah naga, maklum lagi musim dan harganya juga murmer nih. Kalau saya mah gak ada bosennya makan buah naga, jadi di rumah memang selalu sedia. Setelah kemarin bikin sorbet buah naga, kali ini saya bikin puding buah naga - mangga. Lho kok ada mangganya juga ya hehehe. Tadinya mau bikin puding buah naga lapis puding vanilla aja, tapi masih ada sedikit mangga podang di rumah, jadi akhirnya saya bikin puding sekalian. Karena memang cuma ada sedikit mangga, jadi saya juga cuma ambil sedikit adonan puding kemudian ditambahkan mangga. Sebenarnya lebih cantik kalau puding lapisnya dibuat sama tebalnya. Kontras banget kan ya warna buah naga dan mangga. Seger banget deh liatnya. Eh ya biarpun katanya nih udah mulai masuk musim penghujan, tapi di tempat saya tuh belum tiap hari didatangi hujan. Kalau siang juga masih panas dan gerah, jadi cocok aja kan kalau menikmati puding dingin.

Resep pudingnya bisa pakai resep andalan masing-masing. Saya sih kalau bikin puding suka menyesuaikan aja dengan bahan yang ada di rumah. Kalau ada whipcream bubuk ya dipakai, bisa juga pakai WCC atau white cooking chocolate atau coklat masak putih. Atau kalau punya susu kental manis, ya bisa juga dipakai. Benar-benar sesuai stok aja hihihi. Kali ini saya cuma punya susu cair, jadi saya bikin puding buah ini pakai resep yang benar-benar simple, yaitu cuma pakai agar-agar bubuk, gula pasir, susu dan buahnya. Tadinya mau pakai jelly bubuk, biar ada "kenyal-kenyal" gitu, tapi lupaa euy >_<




Saya hanya membuat 1/2 dari resep yang saya tulis berikut. Itupun juga menyesuaikan mangga yang saya punya. Penggunaan cairan saya kurangi karena buah naga dan mangga sendiri juga mengandung kadar air yang banyak. Monggo disesuaikan selera aja ya.

PUDING BUAH NAGA - MANGGA

Bahan Lapisan Buah Naga :
1 bungkus (7 gr) agar-agar bubuk plain
600 ml susu cair
100 ml air
100 gr gula pasir atau sesuai selera
500 gr daging buah naga

Bahan Lapisan Mangga :
1 bungkus (7 gr) agar-agar bubuk, plain
600 ml susu cair
100 ml air
100 gr gula pasir
400 daging buah mangga 

Cara Membuat :
1. Blender buah naga dengan air kemudian masukkan ke dalam panci yang berisi campuran agar-agar bubuk, gula pasir dan susu. Aduk hingga rata.
2. Masak dengan api sedang sambil diaduk hingga mendidih kemudian tuang ke dalam cetakan. Biarkan hingga agak set dan berkulit.
3. Blender mangga dengan air kemudian campurkan ke dalam panci berisi agar-agar bubuk, gula dan susu. Masak dengan api sedang hingga mendidih.
4. Tuang di atas puding buah naga. Biarkan set kemudian dinginkan di kulkas.
5. Sajikan dingin dengan topping buah.




Simpel banget kan resepnya dan anti gagal deh. Iya laah...yang namanya bikin puding sih siapa aja pasti bisa.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »