ES PUTER KELAPA MUDA



Bismillahirrohmanirrohim

Akhirnya kesampaian juga saya bikin es puter ala-ala. Bikinnya udah lama sih, jauh sebelum Papa opname bulan lalu. Saat itu kondisi beliau memang sudah naik turun, tapi masih keliatan seger. Pengennya sih bawain Papa es puter ini, tapi ternyata udah ludes duluan sama anak-anak. Yang ada di foto ini bener-bener es puter terakhir deh dan dipaksa untuk difotoin. Lagi gak mood foto ditambah fotoinnya ditungguin anak-anak, lengkap lah sudah yaa hehehe. Mohon maaf kalau seadanya aja hasil fotonya, tapi percaya deh kalau es puter ini enaak banget.

Resep es puter ini saya dapatkan dari ratu dapur kesayangan Anita Joyo. Barakallah mbakyu cantik, semoga berkah ilmunya ya. Rasanya udah mirip dengan es puter yang dijual abang-abang itu lho. Untuk teksturnya memang masih kalah halus, apalagi saya cuma ngemixer 2 kali aja. Katanya sih kalau dimixer 3 kali, teksturnya bisa halus. Kalau di rumah saya, dimixer 2 kali itu tuh es nya udah tinggal 1/2 bagian, jadi males lah kalau ada acara ngemixer lagi. Bisa-bisa pas yang ke-3, es nya tinggal 1/4 bagian aja hihihihi. 






ES PUTER KELAPA MUDA

Bahan :
1500 ml santan kental
250-300 gr gula pasir
1 sdt garam
2 helai daun pandan, simpulkan
2 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air
1 buah kelapa muda, keruk dagingnya dan potong-potong
1-2 tetes pewarna makanan 
1 sdm sirup cocopandan

Cara Membuat :
1. Masak santan, gula, daun pandan dan garam di atas api sedang sambil diaduk perlahan hingga mendidih dan gula larut.
2. Masukkan larutan maizena, aduk rata hingga mengental. Test rasa yaa.
3. Masukkan pewarna makanan dan sirup cocopandan. Aduk hingga rata.
4. Angkat dan dinginkan. Tuang ke wadah alumunium kemudian bekukan di freezer hingga padat.
5. Keluarkan es, keruk-keruk kemudian mixer hingga rata dan bekukan kembali. Ulangi proses ini hingga 2-3x dan pada proses terakhir masukkan daging kelapa muda. Aduk rata.
6. Bekukan kembali ke dalam freezer dan siap disajikan.

Beneran enaaak...gurih santannya terasa banget dan manisnya pas. Yang bikin happy adalah, anak-anak bisa puas makan es puter dengan bahan-bahan yang kita tau sendiri kualitasnya. Recomended untuk dicoba ^^

Selamat mencoba, semoga bermanfaat yaa

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »