SIOMAY !!



Bismillahirrohmanirrohim

Salah satu makanan yang bikin saya kangen adalah siomay. Tak heran ketika senggang, saya sempatkan bikin siomay. Apalagi beberapa hari kemarin saya dapat kiriman kulit dimsum dari seorang sahabat. Biasanya kalau bikin siomay saya seringnya pakai kulit pangsit aja, sekarang agak "gaya" kan pakai kulit dimsum hihihi. Seperti biasanya walau bahan-bahan gak lengkap, saya sering nekad aja bikin dengan bahan seadanya. Harusnya kan kalau siomay tuh pakai pelengkap tahu, kol atau pare. Nah saya cuma punya pelengkap kentang dan telur aja,jadi ya cuma itu yang dipakai. Pengennya juga bikin bumbu kacang sendiri, tapi stok kacang tanah yang tinggal seuprit juga udah dipakai untuk bikin bakso bakar kemarin hahaha. Akhirnya saya pakai bumbu pecel aja, males banget kalau harus keluar belanja lagi. Demi siomay idaman deh, walaupun gak lengkap tapi lumayan lah buat tombo pengen.






Resep siomay ini saya adaptasi dari resep NCC dan lagi-lagi menyesuaikan bahan yang saya punya. Alhamdulillah hasilnya enak juga. Sssttt...hasil dari foto-foto kilat ini ternyata ada yang aneh. Apa hayooo?? Tuh liat deh, di piring saji siomay, telur dan kentangnya gak dipotong-potong hahaha. Asli deh gak kepikiran untuk potong-potong, apalagi pas lagi foto juga udah ditungguin anak-anak. Beberapa jepret jadilah sudah dan langsung disantap. Begitu dilihat hasilnya...wadooow...aneh banget ternyata huhuhuhu. Mau remidi foto, udah gak ada lagi lah siomaynya. Harap maklum ya...emak-emak yang fotoin ya gini ini deh jadinya >_<

SIOMAY

Bahan :
500 gr daging ikan tengiri, haluskan
2 sdm bawang merah halus
1 sdm bawang putih halus
2 sdt lada bubuk
3 sdm gula pasir
3 sdt garam halus
1 sdm minyak wijen
3 butir telur
300 gr labu siam, parut halus
350 gr tepung sagu tani
2 buah wortel, parut

Pelengkap :
Bumbu kacang (saya pakai bumbu pecel)
Kecap manis
Saus tomat atau saus sambal
Jeruk limau 
Bawang goreng

Cara Membuat :
1. Campurkan ikan dengan bawang merah halus, bawang putih halus, lada bubuk, gula pasir, garam halus dan minyak wijen. Aduk hingga rata.
2. Masukkan telur, aduk hingga rata.
3. Tambahkan labu siam parut, aduk rata kemudian masukkan tepung sagu. Aduk hingga rata. 
4. Ambil selembar kulit dimsum / pangsit, letakkan di cetakan talam atau cetakan cupcake yang sudah dioles minyak. Isi  dengan adonan ikan hingga penuh kemudian tutup dengan kulitnya dan taburi wortel parut di atasnya.
5. Kukus selama kurang lebih 30 menit hingga matang.
6. Angkat dan sajikan dengan pelengkap.

Versi siomay bandung yang lengkap, memakai kentang rebus yang dibelah 2 kemudian dikerat-kerat permukaannya dan diberi adonan ikan. Demikian juga dengan telur rebus, tahu dan pare, masing-masing diberi adonan ikan di atasnya. Kebayang kan gimana enaknya. Harap maklum ya kalau buatan saya ini mah seadanya aja hihihi.

Resep bumbu kacangnya next time aja saya posting ya. Lha ini saya cuma pakai bumbu pecel sih. Ntar in shaa Allah bikin siomay lagi yang "baik dan benar" hehehe.




Happy Cooking...Semoga bermanfaat ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar