BAKSO BAKAR



Bismillahirrohmanirrohim

Di rumah lagi punya banyak stok bakso nih...Alhamdulillah ya. Bosen juga kan kalau lagi-lagi diolah jadi mie bakso atau mie ayam. Selain itu biasanya dijadikan pelengkap kalau lagi masak sup, cap cay atau nasi goreng. Nah...kali ini saya bikin bakso bakar aja. Biarpun bakso bakar ala-ala alias KW 7, tapi Alhamdulillah enak kok. Bakso bakar ini tadi saya masukkan juga ke dalam lunch box kakak Naira. Menu lainnya adalah ca kangkung dan ayam goreng mentega. Gak nyambung lagi kaan hihihi, tapi tetep habis aja kok disantapnya.

Bakso bakar adalah salah satu kuliner yang menjadi ikon dari kota Malang. Memang dulu bakso bakar pertama kali booming ya di kota Malang. Saat ini di berbagai penjuru kota Malang, kita bisa dengan mudah menemukan penjual bakso bakar. Bakso yang dilumuri bumbu dan ditambah aroma bakarannya memang benar-benar bikin ketagihan lho.




Nah untuk menikmati bakso bakar, gak usah nunggu ke Malang ya tapi bikin sendiri aja yuuk di rumah. Ntar kalau singgah di Malang baru deh cobain versi aslinya hehehe. Monggo untuk yang mau nyobain resepnya.

BAKSO BAKAR

Bahan :
30 butir bakso, ukuran sedang
3 siung bawang putih, goreng
40 gr kacang tanah sangarai atau goreng
2 cabe merah
2 sdm saus tiram
2 sdm saus tomat / saus sambal
4-5 sdm kecap manis
1/4 sdt merica bubuk

Cara Membuat :
1. Kerat bakso, jangan sampai terputus kemudian rebus. Angkat dan tiriskan.
2. Haluskan bawang putih, kacang tanah dan cabe. Campurkan dengan saus tiram, saus tomat / saus sambal, kecap manis dan merica bubuk. Aduk hingga rata.
3. Masukkan bakso, aduk hingga rata kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit.
4. Tusukkan bakso pada tusuk sate kemudian bakar sambil dioles-oles dengan sisa bumbu.
5. Angkat dan hidangkan hangat dengan saus sambal atau bumbu kacang.




Tingkat pedas silahkan disesuaikan dengan selera ya. Emang paling asyik kalau menikmati bakso bakar yang pedas hebohnya. Tapi karena tadi niatnya bikin buat anak-anak, jadi ya gak pedes. Besok deh mau bikin bakso bakar yang super pedas. Anyone??

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

komentar
Thursday, 8 October 2015 at 21:42:00 GMT+7 delete

salah banget ih mampir ke blog mbak Nina malem-malem, lapeeeer bawaannya huhhuuuu :(

Reply
avatar
Thursday, 8 October 2015 at 22:16:00 GMT+7 delete

Wahahaha....ampuuun *sungkem trus sodorin bakso* :D

Reply
avatar
Friday, 9 October 2015 at 14:39:00 GMT+7 delete

Bakso bakar yang enak di Malang pindah seberangnya terminal Arjosari mbak :D

Reply
avatar
Friday, 9 October 2015 at 18:41:00 GMT+7 delete

Waaah tambah deket donk dari rumah adikku. Matur nuwun infonya ya mama Aim 😊😊

Reply
avatar